Bisa, Inilah 2 Pilihan Cara Melihat Pesan WA yang Ditarik

WhatsApp (WA) memang sudah menjadi salah satu aplikasi chatting terpopuler di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Aplikasi ini disukai karena relatif ringan, sederhana dengan fitur fungsional yang bisa diandalkan. Salah satu fitur yang menarik diantaranya adalah fitur tarik pesan yang sering digunakan saat salah kirim maupun saat salah ketik. Sayangnya, tak semua penerima ‘mengikhlaskan’ pesan misterius yang ditarik tersebut dan mencari cara melihat pesan WA yang ditarik.

Bisakah Chat WA yang Sudah Ditarik Dibaca oleh Penerima?

Ya, menerima notifikasi chat WA masuk kemudian melihat bahwa pesan sudah ditarik bisa saja membuat penerima penasaran atau bahkan sebal. Meskipun bisa saja menanyakan mengapa pesan tersebut ditarik, tak jarang rasa penasaran masih terus membuat penerima ‘kepikiran’ tentang apa isi sebenarnya dari pesan tersebut. Terkadang, penerima juga enggan menanyakan hal itu karena gengsi.

Nah, apabila Anda termasuk orang yang memiliki rasa penasaran tinggi atau katakanlah kecurigaan tertentu, bisa menerapkan langkah lanjutan untuk mengetahui isi chat WA yang sudah ditarik tersebut. Ya, penerima tetap bisa membaca chat yang telah ditarik. Umumnya saat mencari cara melihat pesan yang dtarik, Anda akan disodori alternatif menggunakan aplikasi tambahan.

Seringkali yang menjadi pertimbangan untuk menggunakan aplikasi tambahan ini adalah keamanan data dan keterbatasan spesifikasi perangkat. Tentunya Anda tidak ingin data akun WA Anda maupun kontak berisiko disalahgunakan karena dapat diakses oleh aplikasi lain bukan? Selain itu, menginstal aplikasi tambahan pada perangkat yang sudah penuh memorinya juga bukan suatu pilihan yang ideal.

Walau begitu, pada dasarnya pilihan ada di tangan Anda. Sebagai tambahan referensi, Anda bisa menyimak sedikit ulasan dari charis id untuk mencari tahu apa isi chat WA yang sudah ditarik baik menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri yang bisa dijelaskan sebagai berikut.

Alternatif Pilihan Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Ditarik

Jika Anda memilih opsi untuk menggunakan aplikasi lain, Anda perlu mengganti aplikasi WA resmi dengan aplikasi WA versi modifikasi. Nah, aplikasi hasil modifikasi yang akan digunakan kali ini bisa dikatakan sudah sangat populer dan cukup lama digunakan oleh banyak pengguna aktif. Aplikasi yang dimaksud adalah GBWhatsApp.

Anda mungkin pernah mendengar nama aplikasi ini sebelumnya karena memang GBWhatsApp adalah salah satu aplikasi hasil modifikasi dari WhatsApp resmi. Kepopuleran aplikasi ini tentu saja karena keandalan dan fitur spesialnya yang tidak ada di WA resmi. Nah, beberapa kelebihan dari aplikasi ini diantaranya

  • Bisa mengaktfikan 2 akun Whatsapp sekaligus (online bersamaan) dalam 1 aplikasi saja

  • Menawarkan kustomisasi yang lebih kaya dbanding versi resmi

  • Bisa mematikan koneksi internet khusus untuk Whatsapp tanpa mengganggu akses internet aplikasi lain yang terinstal di ponsel

  • Bisa mengirim chat tanpa menyimpan nomor penerima

  • Bisa membaca pesan yang ditarik

Tentu saja kelebihan terakhirlah yang relevan dengan pembahasan kita kali ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk bisa menggunakan kelebihan ini, Anda perlu melakukan sedikit pengaturan terlebih dahulu pada aplikasi GBWhatsApp tersebut. Langkahnya sebagai berikut;

  1. Pastikan Anda sudah menginstal GBWhatsApp dan login ke akun WA Anda

  2. Masuk ke menu Fouad Mods lalu pilih bagian Privasi

  3. Berikan ceklis (tanda centang) pada kotak yang ada di opsi Pesan Anti Hapus

  4. Selesai, pengirim chat memang tetap bisa menarik pesan mereka, tapi Anda juga tetap bisa membaca pesan yang sempat masuk ke GBWhatsApp tersebut

Anda yang memilih opsi menggunakan GBWhatsApp ini pada dasarnya hanya perlu mengganti aplikasi WhatsApp resmi dengan aplikasi hasil modifikasi. Akun WhatsApp yang digunakan tetap sama, yaitu nomor HP yang Anda daftarkan ke WhatsApp. Bisa dikatakan pula bahwa ini adalah opsi yang lebih mudah jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan. Namun Anda tidak bsia membaca chat ditarik tersebut jika ia dikirim sebelum Anda menginstal GBWhatsApp.

Lain lagi jika Anda enggan menggunakan aplikasi MOD karena alasan keamanan dan sebagainya. Anda tetap bisa melihat pesan WA yang sudah ditarik meskipun langkah-langkahnya lebih rumit. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan database cadangan chat aplikasi WhatsApp yang dibuat secara otomatis dan tersimpan dalam penyimpanan ponsel. Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan;

  1. Salin file database yang tersimpan dalam memori internal ponsel Anda. Caranya dengan menggunakan aplikasi manajer file yang terinstal di perangkat Anda.

  2. Silakan Anda cari folder Whatsapp dalam memori internal lalu buka folder Database lalu salin (copy) file yang menggunakan format MsgstoreYYYYMMDD.db.crypt (YYYY adalah angka tahun, MM angka bulan, DD angka tanggal pembuatan cadangan chat). Anda bisa memilih cadangan yang terbaru

  3. Setelah ter-copy, silakan Anda buat folder baru di penyimpanan internal lalu paste di dalam folder tersebut.

  4. Berikutnya, silakan Anda uninstall aplikasi Whatsapp.

  5. Rubah nama cadangan database tadi menjadi Mgstore.db.crypt

  6. Berikutnya, instal lagi aplikasi Whatsapp lalu klik Pulihkan dan tunggu hingga prosesnya selesai.

  7. Setelah proses selesai, Anda bisa membaca pesan yang sudah dihapus tersebut.

  8. Selesai

Itulah pilihan cara melihat pesan WA yang ditarik agar Anda tak lagi penasaran dengan isi pesan misterius tersebut. Masing-masing pilihan cara memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing yang tentunya bisa Anda terapkan sesuai kebutuhan. Selamat mencoba.