Penyebab AC pada Avanza Tidak Lancar dan Upaya Mengantisipasinya

Bagi Anda yang ingin memperbaiki AC mobil Avanza yang bermasalah, misalnya AC tidak mengeluarkan udara  dingin sebenarnya cukup sederhana. Namun banyak pengguna mobil Avanza yang kurang mengetahui cara memperbaiki. Nah., hadirnya artikel ini semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda yang memiliki mobil Avanza sebagai langkah antisipasi agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Sebelum membahas tentang proses memperbaiki AC pada mobil Avanza sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu penyebab kerusakannya. Kami sudah menuliskan penyebab kerusakan AC yang kerap dialami oleh pengguna.

Penyebab AC pada Mobil Avanza Tidak Bekerja Maksimal

  1. Freon Kurang Bahkan Habis

Sebenarnya volume Freon tidak akan berkurang, terkecuali jika ada kebocoran. Beberapa penyebab kebocoran pada Freon, antara lain:

  • Adanya keretakan komponen AC berbahan logam, seperti kondensor, pipa expansi, dan kompresor.
  • Adanya korosi pada komponen AC berbahan logam yang kerap dialami oleh kondensor dan kompresor.
  • Komponen AC mengalami pecah karena tabrakan, faktor usia, maupun tekanan berlebihan dalam penggunaan AC.
  • Penyambungan seal dan sambungan pada AC yang tidak pas, kurang teliti, dan rapat.
pxhere.com

Sesudah mengetahui penyebab kerusakan pada AC, maka cara mengantisipasinya agar Freon tidak mengalami masalah adalah:

  • Melakukan pengecekan sumber kebocoran dan menambal atau mengganti bagian-bagian AC yang menjadi sumber masalah (bocor).
  • Anda harus melakukan pengetesan terhadap performa AC yang dimaksudkan untuk mencegah adanya sumber masalah lain pada AC.
  • Anda bisa meminta garansi servis apabila Anda melakukan perbaikan AC di bengkel mobil.
  1. Kompresor AC pada Mobil Tidak Bekerja Secara Optimal

Tidak hanya masalah Freon semata yang menjadi penyebab keluhan pada AC mobil yang kurang atau tidak dingin. Masalah lain muncul dari kompresor AC yang tidak bekerja secara maksimal. Penyebab tidak maksimalnya AC pada mobil, sebagai berikut

  • Drive Belt atau Fan Belt yang putus sehingga putaran di mesin tidak bisa terhubung ke kompresor AC. Akibatnya adalah, kompresor AC mobil tidak berputar dan tidak bisa memberikan tenaga yang berguna mendorong Freon sehingga AC pada mobil tidak atau kurang tingin, bahkan mati.
  • Magnetic Clutch kehilangan magnetism sehingga tidak bisa memberikan kerja secara maksimal dan berimbas pada kompresor AC mobil bekerja seadanya. Penyebab masalah magnetic clutch, seperti seringnya mendapatkan suhu yang terlalu panas, kerap terbentur karena pemasangan yang tidak pas (terlalu longgar), dan disebabkan oleh usia magnet yang kelewat batas.
pxhere.com

Nah, solusi mengatasi kompresor AC mobil yang tidak dapat bekerja maksimal, antara lain dengan memperbaiki bagian (spare part) yang bermasalah, mengganti spare part yang menyebabkan masalah, maupun mengganti kompresor AC secara keseluruhan asal kerusakan tersebut cukup besar. Begitu juga dengan kerusakan pada kompresor AC mobil yang cukup besar, seperti korosi pada komproseor AC mobil. Korosi ini dikarenakan oleh menumpuknya lendir yang bersifat asam (korosif).

Mungkin Anda belum menyadari bila lendir tersebut adalah gel asam yang bermula dari kotoran, seperi remah makanan (snack), cairan aerosol pengharum ruangan, debu, sisa minuman yang masuk ke saluran AC mobil. Langkah antisipasi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pencegahan agar tidak ada barang apapun yang masuk ke saluran AC dan melakukan perbaikan.

Langkah-langkah pencegahan agar Anda tidak bermasalah lagi dengan AC pada mobil Avanza adalah dengan cara, sebagai berikut.

pxhere.com
  • Sebaiknya Anda ataupun mencegah penumpang lain tidak makan dan minum di dalam mobil. Kalaupun makan atau minum, sebaiknya benar-benar tidak tersisa dan tidak ada remah sisa makanan/minuman yang tercecer.
  • Meskipun diperlukan, kalau Anda tidak berhati-hati, makanan  atau minuman di dalam mobil bisa berakibat fatal terhadap kualitas kompresor AC mobil Anda. Jadi, sebaiknya kurangi atau hilangkan kebiasaan menyimpan makanan dan minuman yang terbuka di dalam mobil.
  • Selama menggunakan mobil harusnya Anda menghindari pemakaian pengharum ruangan yang sangat dekat dengan blower AC mobil.
  • Kebiasaan membuka kaca ketika AC mobil sedang aktif adalah kebiasaan buruk. Tentu Anda sadar jika jalanan merupakan pusat segala kotoran, baik debu maupun kotoran lain. Nah, jika kaca mobil dibuka, besar kemungkinan debu akan masuk dan menyebabkan kompresor AC mobil bermasalah.
  • Sebagai pengguna mobil yang baik tentu saja Anda rajin melakukan Service AC Mobil berkala, baik cuci AC maupun flushing AC.
  • Mencuci AC pada mobil pun bisa Anda gunakan untuk memperlancar kerja AC. Acapkali masalah AC pada mobil disebabkan oleh kotoran yang menyumpat blower AC sehingga menyerap hawa dingin yang berasal dari blower. Tidak hanya itu, kotoran menumpuk di dalam AC menyebabkan korosi hingga terganjalnya kipas fan AS yang membuat AC tersebut tidak berputar secara normal.
  • Mencuci evaporator pun menjadi solusi agar AC pada mobil bisa bekerja maksimal. Pasalnya, AC pada mobil Avanza acap kotor karena saluran nya terhambat dan berakibat hawa dingin tidak bisa keluar. Tidak hanya itu, evaporator yang kotor bisa berbahaya karena memicu bau yang tidak enak dan bisa mengancam kesehatan penumpang.

Sekian sudah penjelasan kami tentang penyebab dan cara mengatasi AC pada mobil Avanza yang kurang atau tidak dingin. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di lain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *