Bibit Cabe Rawit Kualitas Unggulan

 

 

Cabe rawit merupakan tanaman rempah-rempah yang banyak ditanam para petani. Hal ini karena memang kebutuhan masyarakat akan cabe setiap harinya selalu bertambah. Tak heran jika terekadang terjadi kenaikan harga cabe rawit. Salah satu factor dari naiknya harga cabe rawit bisa juga karena produksi dari cabe rawit yang berkurang dan tidak melimpah. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan pemilihan bibit dari tanaman cabe rawit itu sendiri.

Cara Memilih Bibit Cabe Rawit Yang Tepat

Dalam memilih bibit cabe rawit harus kita perhatikan dengan baik. Hal ini karena produk cabe rawit akan sangat dipengaruhi dengan pemilihan bibit yang baik tersebut. Nah berikut ini bisa anda simak beberapa cara mudah dalam memilih bibit untuk cabe rawit :

  1. Pilihlah bibit dari hasil tanaman cabe rawit atau dari induk tanaman cabe rawit yang berkualitas. Semakin unggul pertumbuhan dari induk tanaman cabe rawit maka akan semakin unggul pula bibit baru yang dihasilkan oleh tanaman cabe rawit tersebut.
  2. Pilihlah bibit dari tanaman cabe rawit yang sudah berumur tua. Hal ini karena tanaman cabe rawit yang berumur tua sudah jelas lebih baik daya tahannya dibandingkan tanaman cabe rawit yang baru seumur jagung.
  3. Perhatikan daya cambah dari tanaman cabe rawit yang ada. Pilihlah bibit yang sekiranya memiliki daya cambah yang bagus.
  4. Perhatikan pertumbuhan tanamannya. Tanaman cabe rawit yang bagus tidak akan tumbuh kerdil.

Ciri Tanaman Cabe Rawit Berkualitas

Selain mengetahui cara memilih bibit yang baik dari tanaman cabe rawit, hal lain yang menjadi sumber dan harus kita perhatikan dengan baik adalah mengenai ciri tanaman induknya. Tanaman induk yang baik akan menghasilkan bibit yang baik pula. Diantara ciri nya adalah seperti :

  1. Pertumbuhan batang, akar, serta buahnya kokoh dan kuat.
  2. Cabe yang dihasilkan lebat, dan memiliki ukuran besar.
  3. Daun yang tumbuh normal dan tidak keriting.

Dengan mengetahui ciri induk cabe rawit yang baik maka kita bisa mendapatkan bibit unggul dengan mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *