Danau Limbungan, Objek Wisata Andalan Kota Riau

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, baik itu panorama alamnya, budaya dan adat istiadat, suku dan bahasa daerah, serta ciri khas masyarakatnya yang berbeda-beda di seluruh penjuru nusantara. Keindahan alam Indonesia juga dianggap tidak mampu ditandingi oleh negara manapun di dunia. Maka tidak heran, jika ada banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh dari negerinya ke Indonesia untuk menikmati dan melihat langsung keindahan alam yang ada di Indonesia.

Selain memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, Kota Riau juga memiliki objek wisata yang menakjubkan. Salah satunya adalah objek wisata Danau Limbungan yang menjadi primadona kota Pekanbaru.

Keistimewaan Danau Limbungan

Danau Limbungan adalah danau buatan yang terletak di Desa Limbungan, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Danau ini juga sering disebut dengan Danau Buatan Pekanbaru, dengan luas 150 ha dan kedalaman mencapai 2-3 meter.

Danau Limbungan dikelilingi oleh perbukitan dengan pepohonannya yang menjulang tinggi. Pada awalnya, danau ini hanyalah sebuah bendungan yang sengaja dibangun untuk tujuan pengairan. Namun karena pemandangannya yang indah, danau ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat pengairan saja, tetapi kini menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Panorama alamnya yang bersih membuat para wisatawan nyaman dan betah berada di danau ini.

pxhere.com

Karena dikelilingi oleh perbukitan, Danau Limbungan memiliki udara yang sejuk dan tentu saja memiliki keindahan yang luar biasa yang bisa dilihat dari berbagai sudut Danau Limbungan ini. Mulai dari bebatuan yang besar, rumput yang sangat tertata rapi dan terawat, serta pepohonan yang besar dan tinggi menjulang menjadikan keindahan alam di danau ini begitu menyatu sehingga yang melihatnya akan merasakan keteduhan, kesejukan, dan ketenangan. Inilah yang membuat wisata ini sangat diminati baik oleh wisatawan lokal maupun manca negara.

Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, Danau ini mengalami pemugaran oleh pemerintah setempat. Untuk melakukan pemugaran tersebut, tentu saja memakan biaya yang banyak sekali. Selain itu, pemerintah juga melakukan pengembangan tempat untuk menarik wisatawan domestik maupun luar negeri. Hal ini juga dilakukan untuk menambah devisa daerah jika objek wisata ini terkenal di provinsi yang mayoritas bersuku melayu tersebut.

Danau Limbungan juga pernah dijadikan sebagai tempat pertandingan sky air saat PON XVIII pada tahun 2012 silam. Pada kondisi permukaan air normal, danau ini diperkirakan mampu menampung air sejumlah 5, 25 juta m3. Di dalam sejarah, danau ini tidak pernah mengalami kekeringan meskipun saat musim kemarau tiba. Semenetara itu, saat musim penghujan tiba, dengan debit yang cukup besar, permukaan air danau tetap dapat dikontrol dengan baik karena ada dua sungai yang berfungsi sebagai tempat spillway yaitu Sungai Limbungan dan Sungai Penambang yang merupakan sungai siak.

pxhere.com

Akomodasi dan Fasilitas

Objek wisata Danau Limbungan menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung, diantaranya toilet umum, mushola, warung makan, panggung hiburan, dan sepeda air. Semua fasilitas ini disediakan agar para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa nyaman dan betah, serta ingin kembali lagi ke danau ini.

Selain itu, juga terdapat area motorcross yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menguji adrenalin yang tentunya dengan tarif dan perlengkapan sendiri. Objek wisata ini juga menyediakan penginapan untuk yang dari luarkota ingin bermalam di kawasan objek wisata Danau Limbungan dan bagi para wisatawan yang datang dari luar daerah. Keindahan Danau Limbungan juga cocok digunakan sebagai tempat piknik ataupun sekedar melepas penat jika Anda merasa bosan dengan suasana rumah ataupun tempat kerja. Dengan melihat panorama yang tersaji, pastinya kelelahan yang Anda rasakan akan hilang seketika.

Objek wisata Danau Limbungan ini cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Selain dapat menikmati keindahan danau yang dikelilingi oleh pepohonan, wisatawan juga dapat mengelilingi danau dengan menaiki perahu dan sepeda air yang disewakan, dan anak-anak pun bisa bermain di taman bermain yang telah disediakan.

pxhere.com

.Akses Menuju Danau Limbungan

Untuk dapat masuk ke dalam kawasan Danau Limbungan, wisatawan hanya perlu mengeluarkan sedikit uang, tentu saja tidak akan menguras kantong. Pasalnya, untuk mengubah bendungan menjadi danau dan mengelolanya juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Para wisatawan dapat menuju kawasan objek wisata Danau Limbungan dengan menggunakan mobil pribadi. Kawasan objek wisata Danau Limbungan hanya berjarak 15 kilometer dari Kota Pekanbaru dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk menempuhnya. Letaknya yang cukup dekat dari pusat kota, sehingga kawasan objek wisata Danau Limbungan mudah untuk ditempuh. Untuk mencapai ke kawasan objek wisata Danau Limbungan, wisatawan juga dapat menggunakan kendaraan umum ataupun menyewa kendaraan.

Nyatanya Indonesia itu indah sekali. Maka, nikmatilah keindahannya dengan tetap melindungi dan menjaga kelestariannya, agar anak cucu kita nanti tetap bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa yang ada di negara yang kita cintai ini.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Danau Limbungan, tunggu apa lagi? Segera datangi tempat wisata andalan Riau ini dan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah yang membuat Anda betah berlama-lama berada di tempat itu. Demikian ulasan tentang kawasan objek wisata Danau Limbungan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *