Tips Download Aplikasi yang Aman

Aplikasi yang ada pada playstore secara umum dibuat untuk membantu memudahkan pengguna android dalam berbagai hal. Melalui Google PlayStore, pengguna smartphone android bisa download aplikasi yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Namun perlu diingat sebaiknya hanya mengunduh aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Jika aplikasi hanya didownload dan jarang dipakai, maka hanya akan menguras ruang penyimpanan telephone Anda. Pastikan juga untuk mendownload hanya aplikasi yang benar-benar aman.

Ada begitu banyak aplikasi yang bisa didownload, tetapi tidak semuanya aman. Pengguna android pasti paham kalau di playstore bisa saja menemukan aplikasi berbahaya yang berisi virus atau malware. Aplikasi tersebut dapat membahayakan smartphone termasuk data yang ada di dalamnya.

Developer software antivirus banyak yang mengungkapkan bahwa ada berbagai jenis aplikasi palsu yang bisa saja didownload secara tidak sengaja oleh pengguna android. Mengingat aplikasi tersebut berpotensi bahaya, penting untuk Anda mengetahui jenis aplikasi palsu dan tips untuk download secara aman.

pixabay.com

Tips Download Aman di Google Playstore

  1. Ketik judul aplikasi dengan benar

Pada saat mencari aplikasi di playstore, ketik judul atau nama aplikasi dengan pengejaan yang benar. Judul aplikasi merupakan aset pemasaran bagi developer yang sah. Namun hal tersebut bisa saja disalahgunakan oleh developer palsu untuk membuat aplikasi yang terlihat sama.

Jika tidak hati-hati, Anda bisa saja salah memilih aplikasi yang palsu karena judulnya hampir mirip. Aplikasi palsu yang sebenarnya berisi malware biasanya meniru-niru nama aplikasi android yang banyak didownload pengguna android. Sebelum diunduh, cek dengan teliti bahwa aplikasi tersebut adalah yang asli.

Aplikasi palsu bisa tidak aman untuk android karena berisi virus. Seperti spyware yang menjadi ancaman pengguna android. Jenis virus ini dirancang untuk menumpulkan data atau informasi secara diam-diam. Virus dapat bekerja seperti aplikasi pada umumnya, tetapi secara tersembunyi melakukan pencurian data.

Spyware dapat dimasukan sebagai aplikasi yang sedang populer dan menarik untuk didownload. Setelah dipasang, virus dapat masuk ke perangkat dan mencuri informasi penting seperti kebiasaan atau aktivitas telephone, rekaman panggilan, kontak, dan lainnya.

Informasi sensitif yang dikumpulkan aplikasi palsu ini bisa dikirimkan ke penjahat cyber crime. Jadi pastikan Anda download hanya aplikasi yang asli dengan judul yang benar. Lihat juga nama developer aplikasinya. Jika sudah jelas adalah nama developer palsu, sebaiknya langsung batalkan niat Anda untuk download.

pixabay.com
  1. Baca ulasan dan statistik unduhan

Mungkin Anda pernah menemukan aplikasi populer yang tidak memiliki banyak unduhan. Aplikasi tersebut adalah aplikasi palsu yang secara sengaja memang diabaikan oleh pengguna android. Aplikasi yang asli dan aman umumnya memiliki statistik unduhan yang banyak.

Aplikasi populer yang banyak didownload juga biasanya memiliki rating tingi. Anda bisa membaca ulasan aplikasi sebelum mengunduhnya untuk memastikan aplikasi tersebut aman. Ulasan di bawah aplikasi tidak bisa dihapus oleh developer sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan yang akan download.

Pada bagian ulasan, seseorang bisa saja meninggalkan peringatan atau catatan terkait aplikasi.  Jika masih ragu, Anda bisa gunakan google atau internet untuk mencari informasi terkait aplikasi yang akan didownload. Masukan judul aplikasi dan tambahkan kata ulasan untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut aman.

Bahaya mengunduh aplikasi palsu adalah masuknya malware yang dapat menginfeksi ponsel. Selain spyware, dikenal pula virus Trojan yang sama-sama membahayakan. Trojan tersebut dapat bersembunyi dalam aplikasi dan menipu sehingga pengguna android menginstalnya.

Trojan dikenal sangat mengganggu karena bisa membajak aktivitas browser dan mengirim teks. Membahayakan lag karena virus ini bisa mengambil informasi perbankan yang ada dalam ponsel dan membajak android Anda.

pixabay.com
  1. Download dari playstore atau situs resmi aplikasi

Salah satu cara aman untuk download adalah melalui Google Playstore atau hanya dari website resmi aplikasi terkait. Walaupun tidak sepenuhnya aman, setidaknya  aplikasi android yang ada di Playstore sudah melewati review dari Google.

Apabila ada aplikasi yang rentan membahayakan, biasanya akan langsung dihapus dari playstore. Namun Anda harus tetap cermat dan teliti jika akan download lewat playstore. Selain playstore, tempat aman untuk download adalah melalui website resmi aplikasi.

Biasanya untuk aplikasi populer yang bukan produk Google, menyediakan website untuk pengguna android mendownload file Apk. Website tersebut bisa menjadi pilihan tempat yang aman untuk memperoleh aplikasi asli. Jika perlu, Anda bisa membaca izin aplikasi pada saat akan melakukan instal.

Dalam pemberitahuan izin aplikasi ini, penyerahan kontrol atau akses aplikasi ke menu-menu ponsel bisa diketahui. Banyak pengguna android yang biasanya akan langsung melewati proses ini dan memberikan izin tanpa membaca isinya. Membaca dengan teliti adalah kunci agar Anda tidak salah download.

Ada banyak bahaya seperti virus yang bisa menyerang ponsel android, jika Anda kurang teliti saat mendownload. Salah satu malware yang berbahaya untuk perangkat android adalah Pishing. Virus ini bisa berpura-pura menjadi suatu sumber yang terpercaya dan memanipulasi untuk mengklik link yang berbahaya.

Itulah beberapa tips download aplikasi yang aman untuk pengguna android. Mengunduh aplikasi aman dari sumber terpercaya dapat mencegah ponsel terkena malware. Virus-virus ini bisa mengumpulkan data sensitif untuk kemudian dikirim ke pihak ketiga dan tentunya akan merugikan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *