Ikan Peda Untuk Lauk Makan Anda

 

Ikan peda merupakan produk hasil pengawetan makanan yang biasa diolah dengan teknik fermentasi, teknik ini memanfaatkan garam sehingga ikan mampu awet dalam waktu yang lama. Peda ini umumnya terbuat dari ikan kembung perempuan, dan olahan ini umumnya dibagi menjadi dua macam yakni peda merah dan peda putih.

Untuk peda merah, biasanya ikan yang digunakan adalah ikan kembung dengan kadar lemak yang tinggi, sedangkan untuk peda putih terbuat dari ikan kembung dengan kadar lemak rendah dan disiangi. Proses pembuatan peda ini dilakukan secara bertahap, mulai dari proses penggaraman, dan diakhiri dengan proses fermentasi sehingga bau yang ditimbulkan khas.

Baha baku yang akan anda butuhkan untuk membuat olahan ikan ini adalah ikan kembung, pastikan untuk menggunakan ikan yang segar. Pasalnya ikan yang busuk akan mengasilkan produk yang bermutu rendah, selain itu kesehatan pengkonsumsinya pun sangat tidak aman sehingga sebisa mungkin gunakan ikan segar.

Selanjutnya bahan yang kedua adalah garam, dimana anda bisa menggunakan garam dengan kemurnian yang tinggi. Semakin tinggi kemuriannya, maka semakin baik hasil yang akan anda dapatkan. Setelah kedua bahan ini anda siapkan, anda juga perlu menyiapkan tempat untuk melanjutkan ke proses fermentasi. Suasana dari ruangan haruslah lembab, selain itu pastikan oksigen didalamnya terbatas, dan terkahir adalah garam.

Untuk proses pembuatan, cucilah ikan hingga bersih dan timbang ikan. Berikan garam sebanyak 25% dari berat ikan, dan campurkan keduanya hingga rata. Setelah itu masukkan campuran tadi kedalam bak, dan ketika menata ikan tersebut lapisi atasnya dengan taburan garam. Berikan taburan yang cukup tebal di tumpukan terakhir, dan setelah itu tutup dengan papan dan pastikan penutupnya rapat. Biarkan kondisi tersebut selama 3 hingga 6 hari, dan lanjutkan dengan membongkarnya.

Cuci ikan dengan air bersih, kemudian tiriskan di rak peniris untuk kemudian diangin-angin kan. Lakukan hal tersebut sampai nampak kasat dan padat, kemudian lakukan pelumuran garam kembali dan simpan sampai tercium aroma khas ikan peda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *