Manfaat Lagu Anak Anak Untuk Perkembangan Anak

Di waktu lengang atau mungkin sedang penat, musik menjadi salah satu sarana untuk menghibur diri. Alunan irama yang merdu, membuat musik dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan damai. Tidak hanya untuk orang dewasa, musik juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Lewat beragam jenis musik, anak-anak akan mempelajari dan mendapatkan beragam hal baru yang tentunya bisa menambah wawasannya. Untuk itu disini akan dibahas tentang beberapa manfaat lagu anak anak bagi perkembangan anak.

  1. Melatih anak tangkas bicara. Sering mendengarkan lagu-lagu yang berirama musik, akan merangsang anak-anak lebih mudah untuk menghafalkan banyak kosakata. Dari sini, si kecil akan terbawa suasana dan sering mengucapkan beberapa kata dalam syair lagu-lagu tersebut hingga fasih. Dia pun akan lebih tangkas saat Anda ajak untuk berbicara berdua.
  2. Mengenalkan hal baru. Syair sebuah lagu terkadang tak semua dituliskan dengan bahasa yang lugas. Beberapa lagu menggunakan padanan kata yang cukup asing bagi anak-anak. Jika dia sudah sering mendengarkannya, maka akan mendorong rasa penasaran yang ada dalam dirinya. Akhirnya, anak akan menanyakan kepada Anda tentang maksud dari kata-kata tersebut dan buah hati Anda pun menerima pengetahuan baru.

Cara mengasah kemampuan anak

Setiap anak, pasti punya potensi kepemimpinan. Setiap anak pasalnya memiliki sifat kepemimpinan yang baik namun potensi tersebut haruslah di asah dan diajarkan sejak dini.

  1. Membuat anak lebih pintar. Musik bukan sebatas sarana hiburan semata. Di balik iramanya yang merdu, setiap lagu memiliki pesan moral yang dapat diserap. Demikian pula dengan lagu anak-anak, yang menyimpan beragam makna dan menjadi sebuah edukasi baginya. Hasilnya, si kecil akan menjadi lebih pintar dan dapat langsung mempraktekkannya.
  2. Mempertajam daya ingat anak. Teori yang diajarkan secara monoton dan membosankan pada anak akan sulit untuk diingat dan membuat anak lebih mudah untuk melupakannya. Lain halnya dengan bait lagu yang dapat diterima anak dengan menyenangkan dan penuh antusias, sehingga mudah terekam dalam memorinya. Bila Anda ingin mengajarkan sesuatu pada anak-anak, sebaiknya jadikan sebuah lagu atau dengan iringan sebuah musik.
pexels,com

Manfaat membiasakan anak bernyanyi

Anak balita atau anak usia pra-sekolah biasanya sedang gemar bernyanyi. Walau pun kadang liriknya tidak sesuai, tetapi anak biasanya hapal akan nada lagunya. Ibu bisa mencoba dengarkan lagu ‘Aku adalah Anak Gembala’ kepada si kecil dan nyanyikan ulang bersama. Untuk menambah keseruan, ibu bisa mengajak si kecil bernyanyi sambil melakukan gerakan juga. Dengan bernyanyi bersama, si kecil jadi makin pintar, lho. Apa saja manfaatnya? Ini dia beberapa manfaat ketika si kecil mau diajak bernyanyi bersama.

  1. Melancarkan bicara dan pengucapan kata. Kegiatan bernyanyi bagi anak usia balita memiliki banyak manfaat. Apalagi bagi anak yang sedang belajar bicara dan sedang melancarkan bicaranya. Salah satu lagu yang bisa ibu ajarkan ke si kecil adalah lagu ‘Aku adalah Anak Gembala’. Lagu yang cukup mudah dalam pengucapan dan nada yang tidak terlalu cepat. Ibu bisa memperhatikan cara pengucapan tiap kata. Jika ada yang salah ucap ibu bisa ingatkan kembali bagaiman seharusnya pengucapan yang benar. Jika ada kata yang sulit diucap oleh si kecil, ibu bisa mencontohkannya dan si kecil bisa mengulangnya. Nada lagu ‘Aku adalah Anak Gembala’ adalah lagu cukup ceria dan bisa membuat si kecil makin semangat.
  2. Menambah kosakata baru. Lirik lagu ‘Aku adalah Anak Gembala’ juga bisa menambahkan kosakata baru si kecil. Seperti pada lirik “Setiap hari ku bawa ternak, ke padang rumput di kaki bukit. Rumputnya hijau,subur dan banyak, ternakku makan tak pernah sedikit”. Tentu tidak semua kata pada lirik sudah pernah didengar dan diketahui anak. Jika ada pertanyaan dari si kecil, ibu harus bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Seperti kata ‘kaki bukit’. Si kecil tentu akan bingung apa itu kaki bukit. Karena yang dia tahu kaki adalah anggota tubuh. Isitilah seperti inilah yang akan menambah pengetahuan si kecil.
  3. Anak diajarkan untuk punya rasa kepercayaan diri. Tidak semua anak berani tampil. Walau pun tidak diwajibkan untuk, tetapi penting untuk membangun rasa percaya anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Salah satu cara untuk menimbulkan rasa percaya dirinya adalah dengan mengajaknya bernyanyi. Ibu bisa mengajaknya bernyanyi di tengah keluarga dan biarkan si kecil mendapatkan atensi. Wajar jika ada anak yang malu dan jadi tidak mau nyanyi. Jika si kecil benar-benar pemalu, ibu bisa mencoba untuk bernyanyi bersama berdua saja. Dan jika dia sudah terlatih, ajak si kecil bernyanyi di depan anggota keluarga lainnya.
  4. Melatih daya ingat si kecil. Setiap lagu memiliki lirik yang harus dihapalkan. Biasanya anak-anak lebih mudah mengingat sesuatu yang baru diajarkan. Karena pada umul balita, otak anak sedang bekerja secara optimal. Jadi jangan disia-siakan, bu. Coba ulang beberapa kali lagu ‘Aku adalah Anak Gembala’ bersama. Kalau si kecil sudah hapal, ibu bisa mencobanya untuk dia menyanyikan sendiri. Jika si kecil ada yang lupa jangan ragu untuk mengingatkan. Dengan berlatih seperti ini, secara langsung daya ingat si kecil sedang dilatih. Dan si kecil akan terbiasa mengingat lagu-lagu lainnya juga.
  5. Anak belajar mengekspresikan emosi dan mengenal nada. Ada nada berbeda di setiap lagu. Lagu ‘Aku adalah Anak Gembala’ tentu memiliki nada yang berbeda dengan ‘Topi Saya Bundar’. Dengan mengenal lagu dan bernyanyi, si kecil jadi belajar dan mengenal perbedaan nada di setiap lagu. Terkadang si kecil bisa saja menyanyikan lagu dan lirik yang dipadukan. Jangan merasa aneh ya, bu. Hal ini mungkin terjadi karena si kecil sedang berkreativitas dengan daya ingat dan lagu-lagu yang ada di memori kepalannya. Jangan lupa untuk ajarkan si kecil mengekspresikan mimik muka dan gerak tangan. Ibu bisa mencontohkan bagaimana seharusnya agar antara mimik dan gerak tubuh sesuai dengan lagunya.
pexels,com

Memilih kaos untuk pria

Selain mengajarkan menyanyi dan belajar tentunya para orangtua sangat menyukai membelikan pakaian untuk anaknya. Apalagi jika membeli dalam jumlah banyak, pastinya orang tua akan membelikannya di grosir kaos anak. Disamping harganya yang relatif cukup murah, berbelanja pada pusat grosir juga memiliki banyak ragam dan pilihan. Sehingga anda bisa memilihkan model yang banyak untuk anak anda. Namun sering kali orang tua tidak menyadari pertumbuhan tubuh anaknya. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk dapat memilihkan jenis kaos yang sesuai dengan tubuh anak anda. Meskipun kaos merupakan item yang selalu cocok buat pria, tidak semua model kaos bisa cocok dengan bentuk tubuhmu lho. Jika anda salah dalam memilih model kaos, bisa-bisa kaos yang harusnya memberikan kenyamanan pada tubuhmu malah akan terasa mengganggu. Agar tidak kejadian, coba deh simak 9 panduan memilih model kaos yang sesuai bentuk tubuhmu berikut ini:

  1. Kenali bentuk tubuhmu terlebih dahulu. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, sebelum memilih model kaos, alangkah baiknya anda kenali bentuk tubuhmu sendiri. Mulailah berkaca dan pahami betul setiap bagian dari tubuhmu. Temukan spot mana yang ingin anda tonjolkan, atau ingin anda samarkan. Atau, anda juga bisa mengkategorikan bentuk tubuhmu tersebut mulai average, body builder, skinny, atau curvy.
  2. Untuk pria dengan average body shape, kaos berukuran fit, adalah pilihan wajibmu. Sesuai dengan namanya, average body shape memiliki bentuk yang sama mulai dari tubuh bagian atas dan bawahnya. Tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. anda memiliki proporsi tubuh yang pas. Oleh karena itu, kaos dengan ukuran yang pas ditubuhmu akan menunjukkan proporsi tubuhmu dengan baik.
  3. Buat anda sang body builder, kaos bermodel slim-fit adalah pilihan tepat. Salah satu tujuan pria body builder adalah untuk memperbagus body shape yang mereka miliki. Agar usaha untuk tampil stand-out dengan otot-otot yang sudah anda bentuk tidak sia-sia, pakailah kaos dengan ukuran slim-fit. Model kaos seperti ini akan menegaskan bentuk ototmu, khususnya di bagian bahu dan lengan.
  4. Bagaimana dengan si kurus? Kaos dengan model baggy harus anda coba. Bagaimana dengan anda pria dengan tubuh kurus? Untuk membuat tubuhmu terlihat lebih berisi, anda bisa mencoba kaos bergaya baggy. Baggy t-shirt memiliki ukuran oversized yang memberi siluet easy-going yang stylish. Akan tetapi, pilihlah kaos baggy yang memang dimodel berukuran oversized, bukan kaos biasa yang berukuran di atas ukuran normalmu. Model kaos slim-fit yang oversized hanya akan membuatmu semakin terlihat kurus dan panjang, bukan proporsional dan stylish seperti yang diberikan baggy t-shirt.
  5. The big boy, bisa mulai mencoba memainkan warna kaosmu. Tidak usah minder jika tubuhmu tergolong curvy. anda masih bisa memainkan fashion style-mu dengan memainkan warna kaos netral dan kalem. Contohnya seperti warna hitam. Kaos warna hitam dapat memberikan ilusi optik untuk membuat tubuhmu tampak lebih proporsional, sehingga mengurangi kesan lebar di tubuhmu.
  6. Jika tubuhmu tergolong tinggi, pastikan bagian bawah kaosmu cukup panjang. Pria dengan postur tubuh tinggi juga dapat melakukan mix and match untuk menemukan model kaos yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan memilih kaos dengan bagian bawah yang panjang agar bisa anda tuck in ke dalam celana.
  7. Jangan terlalu suka ikut-ikutan tren. Walau memiliki model yang sederhana dan everlasting, tren kaos selalu saja berubah dalam dunia fashion. Tapi, anda tidak harus mengikuti semua perubahan tren untuk tampil up to date. Ada baiknya untuk melihat terlebih dulu apakah tren kaos yang sedang in cocok dengan bentuk tubuhmu atau tidak.
  8. Cobalah berkreasi dengan fashion style sendiri! PD aja. Bila anda sudah mengenali bentuk tubuhmu dengan baik, coba beranikan dirimu untuk bereksperimen dengan kaos yang anda miliki, terutama dengan pilihan warnanya. Jangan lupa untuk memastikan arti dari warna kaos pilihanmu.
  9. Jika bentuk tubuhmu benar-benar unik, maka pesanlah secara khusus model kaosmu. Tips ini mungkin terdengar putus asa, namun jika anda merasa ukuran kaos di pasaran tidak pas untuk bentuk tubuhmu, tukang jahit adalah sahabatmu. anda mungkin memiliki bahu yang terlalu lebar, atau bentuk tulang punggung yang berbeda. Tukang jahit atau desainer dapat membantumu untuk mendapatkan model kaos yang custom-made, dan disesuaikan dengan proporsi tubuh yang anda miliki.
pexels,com

Beberapa jenis kaos

Ketika anda mengunjungi pusat grosir kaos anak tentu anda akan diberikan berbagai jenis kaos dan juga berbagai jenis harga. Untuk itu anda haruslah mengetahui apa saja jenis jenis kaos yang ada. Sehingga anda bisa memilih jenis kaos yang sesuai dengan kebutuhan anda. Simaklah beberapa jenis serta perbedaan dari berbagai jenis bahan kaos.

  1. Cotton combed. Sesuai dengan namanya, cotton combed berasal dari kapas (cotton = kapas). Salah satu ciri dari bahan cotton atau lebih dikenal katun ini ialah teksturnya yang sangat halus sehingga nyaman digunakan. Cotton combed juga memiliki daya serap keringat yang sangat baik, sehingga cocok buat anda yang mudah sekali berkeringat. Tak heran bila bahan ini banyak digunakan oleh distro-distro ternama di Indonesia. Kekurangan cotton combed terdapat pada harganya yang sedikit lebih mahal, namun cukup bisa dimaklumi dengan kualitas bahan kaos yang anda dapatkan.
  2. Cotton carded. Bila dibandingkan dengan cotton combed, kain cotton cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kekurangan kain cardet terletak pada hasil rajutan dan tampilan tekstur yang kurang rata. Tetapi karena bahan dasarnya masih menggunakan kapas, cotton carded tetap mampu menyerap keringat dengan baik. Kelebihan lain bahan ini adalah harganya yang relatif lebih murah. Jadi cocok buat anda yang punya bujet terbatas tapi ingin tampil dengan kaos ala distro.
  3. Polyester tergolong ke dalam kain sintetis, yang punya kelebihan tidak mudah kusut saat dikenakan. Cocok buat anda yang selalu ingin tampil rapi namun tetap terlihat santai. Bahan ini juga tidak memerlukan perlakuan khusus untuk perawatannya. Sayangnya, daya serap keringat polyester kurang begitu bagus, sehingga tidak cocok bila dikenakan untuk kegiatan outdoor, apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya.
  4. Teteron cotton. Teteron Cotton merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. Dengan komposisi bahan kain tersebut, teteron cotton memang kurang mampu menyerap keringat. Namun, bicara tentang daya tahan, teteron cotton lebih tahan lama dan tidak mudah melar bila dibandingkan jenis katun lainnya. Cocok untuk anda yang sedang mencari kaos yang awet, agar tidak perlu terlalu sering belanja baju baru.
  5. Bahan kaos viscose. Viscose atau lebih umum disebut sebagai kain rayon, merupakan bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia). Viscose memiliki tekstur hampir mirip dengan tekstur kapas. Hanya saja, viscose lebih bagus dalam hal penyerapan warna. Sehingga bila dijadikan sebagai bahan pembuat kaos, warnanya akan nampak lebih cerah dan tahan lama. Sayangnya, harga viscose juga jauh lebih mahal, yang membuat anda perlu menyiapkan bujet lebih untuk mendapatkan kaos ini.
  6. Cotton Viscose (CVC). Alternatif untuk anda yang tetap ingin memakai viscose adalah dengan membeli kaos berbahan CVC ini. Jenis kaos ini merupakan campuran dari cotton combed dan viscose. Teksturnya yang lembut juga baik dalam menyerap keringat. CVC juga sangat sering digunakan untuk membuat model kaos berkerah (polo). Sangat cocok untuk dijadikan pilihan outfit semi-formal sehari-hari.
  7. Yarn dyed. Lebih suka dengan model kaos bermotif warna warni? Bahan yarn dyed ini adalah jawabannya. Yarn dyed dibuat dengan mewarnai benang terlebih dahulu sebelum dirajut. Oleh karena itu, paduan warna yang dihasilkan terlihat begitu rapi dan simetris. Kaos bermotif seperti ini juga cocok dikenakan untuk anda yang memiliki badan besar agar nampak kelihatan lebih ramping. Bahannya yang dingin, juga membuatnya sangat nyaman dikenakan untuk kegiatan outdoor.
  8. Dri-fit. Buat anda yang suka berolahraga, terutama sepak bola, pasti sudah tidak asing dengan bahan satu ini. Dri-fit adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat jersey. Bahannya halus serta memiliki kekuatan untuk menyerap keringat yang sangat baik. Sifat bahannya pun mempunyai elastisitas tinggi sehingga mudah menyesuaikan dengan kontur tubuh. Pas banget buat anda para pria macho dan atletis yang ingin tampil cool di hadapan kaum hawa.
  9. Disebut sebagai kain wafer, karena adanya aksen kotak-kotak pada pemukaan kain. Bahan ini juga sering digunakan sebagai salah satu kain pembuat jersey dengan grade di bawah dri-fit. Oleh karena itu, harganya pun lebih murah. Bahannya tergolong adem untuk dibawa berlarian di tengah lapangan. Hanya saja dari segi daya tahan, wafer masih kalah bila dibandingkan dengan dri-fit.
  10. Spandex merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kaos dalam pria. Hal ini dikarenakan spandex memiliki daya serap keringat yang sangat baik, sehingga akan tetap nyaman dikenakan di cuaca panas sekalipun. Terlebih bila dijadikan sebagai pakaian dalam. Spandex memiliki tekstur yang sangat elastis, sehingga mampu memperlihatkan lekuk bentuk tubuh. Pas banget buat anda yang punya badan berotot. Kendati demikian, anda harus berhati-hati ketika hendak mencuci bahan spandex ini. Karena jika sembarangan, kaos spandex malah akan cepat rusak dan melar.
  11. Sebenarnya, hyget sangat tidak direkomendasikan untuk dijadikan sebagai bahan kaos. Hyget terbuat dari plastik dan sangat tipis. Bahannya juga panas dan tidak menyerap keringat dengan baik. Itulah yang membuat harganya sangat murah. Hyget biasanya digunakan untuk memproduksi kaos dalam jumlah massal seperti kaos partai.
pexels,com

Itulah beberapa jenis kaos yang harus anda ketahui. Pasalnya setiap kaos memilikk keuntungan dan kekurangannya masing masing. Namun pasalnya memilki kegunaan yang berbeda juga. Untuk itu sebaiknya anda memilih jenis kaos yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pasalnya kebutuhan setiap orang akan berbeda beda. Pasalnya setiap jenis kaos juga memiliki cara perawatan yang berbeda. Kaos juga bukan hanya polos dan membosankan. Namun pasalnya sekarang ini kaos bisa dipadupadankan dengan baik pada berbagai kemeja, rompi dan lain sebagainya. Anda bisa menyesuaikannya dengan gaya anda. Jika vest rajut membantu kamu menghangatkan badan, bagaimana jika udara sedang panas-panasnya? Vest berbahan kain tipis akan sangat cocok dengan udara panas. Kemeja dan kaos juga terasa pas dipakai bersamaan dengan vest ini. Vest berbahan kain sangat cocok dengan kemeja atau kaosmu. Kunci menciptakan tampilan formal ataupun kasual terletak pada kancing. Jika kamu ingin tampilan formal, pasang saja kancingnya. Sebaliknya, tampilan kasual yang pasti keren bisa kamu ciptakan dengan hanya membuka kancing rompi. Cobalah beberapa gaya yang mungkin akan cocok dengan diri anda. Dengan begitu maka anda bisa memiliki berbagai model baru yang bisa anda gunakan sehari hari. Sehingga penampilan anda bisa terus berbeda setiap hari dan tidak akan membosankan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *