Memilih Laptop Asus Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Mahasiswa

Memiliki sebuah laptop adalah impian setiap mahasiswa, bagaimana tidak? Yang namanya mahasiswa pasti memiliki segudang tugas, laporan, paper, dan juga skripsi yang harus segera diselesaikan. Mungkin tidak semua orang bisa membeli komputer karena yang namanya komputer tidak hanya satu saja yang harus dibeli. Agar komputer dapat beroperasi dibutuhkan monitor, keyboard, mouse, speaker dan pastinya system unit yang di dalamnya masih terdiri dari banyak bagian lainnya. Maka dari itulah para mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan laptop, lebih ringkas dan bisa dibawa kemana saja. Sayangnya tidak semua mahasiswa memiliki dana lebih untuk bisa membeli laptop Asus yang memiliki spesifikasi tinggi. Dalam Leskompi kali ini akan dibahas laptop terbaik untuk mahasiswa yang telah disesuaikan dengan spesifikasi agar sesuai dengan kebutuhan, dengan begitu para mahasiswa bisa membeli laptop dengan budget terbatas.

Memilih Laptop Berdasarkan Spesifikasi

Asus merupakan salah satu perusahaan yang membuat motherboard paling laris dan saat ini menduduki peringkat kedua dalam hal penjualan laptop. Oleh sebab itulah laptop dari Asus menjadi laptop yang tepat untuk mahasiswa dalam membantu menyelesaikan segala tugasnya. Nah, agar tidak salah dalam memilih laptop, anda harus tahu spesifikasi apa saja yang harus dimiliki sebuah laptop untuk menunjang pekerjaan anda.

  • Prosesor

Spesifikasi prosesor yang setidaknya harus dimiliki oleh sebuah laptop Asus untuk mahasiswa adalah laptop yang menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi ke-5 atau yang disebut juga Haswell. Prosesor Intel Core ini sudah terkenal sebagai prosesor yang kuat dan siap digunakan untuk hampir semua pekerjaan. Kalau untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, anda tidak membutuhkan laptop dengan prosesor AMD karena biasanya prosesor AMD hanya disematkan di laptop yang tujuannya untuk bermain game.

pxhere.com
  • Grafis

Dalam dunia komputer ada 2 jenis graphics processing unit (GPU), yang pertama adalah NVIDIA GeForce dan AMD Radeon. Masing-masing memiliki ciri khasnya, NVIDIA GeForce sendiri lebih bagus dalam pengolahan foto, video dan gaming, sedangkan AMD Radeon lebih banyak digunakan dalam dunia game. Untuk laptop kuliah, anda tidak perlu menggunakan laptop dengan GPU dari NVIDIA GeForce seri terbaru, anda bisa menggunakan seri 900 atau 1050.

  • RAM

Saat ini, setiap software yang ada sudah mengalami update sehingga untuk menjalankan beberapa software membutuhkan laptop dengan RAM yang besar. Agar laptop tidak lemot dan mampu menjalankan beberapa software sekaligus, setidaknya anda membutuhkan laptop dengan RAM sebesar 4 GB.

Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

Setelah anda mengetahui spesifikasi seperti apa yang harus anda cari dalam laptop Asus, langkah selanjutnya adalah mengikuti tips-tips berikut ini agar anda bisa mendapatkan laptop yang paling sesuai untuk anda. Langsung saja, berikut adalah tips-tips tersebut:

  • Budget

Anda harus menentukan budget anda terlebih dahulu, kira-kira berapa maksimal biaya yang bisa anda keluarkan untuk membeli sebuah laptop. Untuk mahasiswa, anda tidak butuh membeli laptop dengan harga diatas 10 juta, anda cukup mencari laptop dengan rentang harga 2 – 5 juta rupiah saja.

  • Menentukan spesifikasi laptop

Spesifikasi laptop harus anda tentukan dahulu, di atas memang sudah dijabarkan sedikit mengenai spesifikasi minimal yang harus anda cari dalam sebuah laptop untuk mahasiswa. Namun bila anda adalah mahasiswa arsitektur, teknik sipil dan lainnya, tentu kebutuhan laptop anda sedikit berbeda dengan mahasiswa dari jurusan lainnya, tentunya anda harus menyesuaikan kembali seperti apa spesifikasi laptop yang anda butuhkan.

pxhere.com
  • Desain laptop

Desain laptop sebenarnya tidak urgent untuk dimiliki sebuah laptop, namun beberapa mahasiswa pasti ingin menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki style dan salah satu caranya adalah dengan memiliki laptop berdesain menarik. Tampilan luar sebuah laptop yang menarik tentu akan menarik perhatian orang-orang, dan siapa sih yang tidak suka dengan perhatian?

  • Kemampuan multitasking

Ketika menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas, seorang mahasiswa pasti tidak hanya membuka satu software saja. Biasanya selain membuka software untuk mengerjakan tugas, misalnya saja Microsoft Words, software lainnya yang dibuka adalah Spotify, browser yang berisi banyak tab, mulai dari media sosial hingga tab lainnya yang digunakan untuk mencari referensi ketika mengerjakan tugas dan berbagai software lainnya yang dibuka secara bersamaan. Apabila laptop tidak mampu membuka banyak software dalam waktu yang bersamaan, tentu respon laptop akan menurun alias laptop menjadi lemot. Siapapun pasti akan merasa kesal dan jengkel ketika laptop menjadi lemot bahkan hang saat sedang digunakan. Laptop dengan kemampuan multitasking yang bagus adalah laptop dengan kapasitas RAM yang besar, minimal anda membutuhkan RAM 4 GB namun untuk lebih amannya sebaiknya menggunakan laptop dengan RAM 8 GB.

Kira-kira seperti itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dan perlu anda perhatikan ketika anda mencari sebuah laptop untuk menunjang kehidupan kuliah anda. Ingat, bila budget anda terbatas maka sebaiknya jangan asal membeli laptop dengan harga yang terlalu murah atau laptop terlalu mahal (beli dengan cara mencicil) karena hal tersebut tidak tepat sasaran dan hanya akan membuang-buang uang saja yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *