Mengenal Ibu Kota Yunani

Yunani merupakan salah satu negara di dunia yang mempunyai banyak sekali cerita bersejarah. Negara ini juga menjadi destinasi wisata favorit bagi sebagian turis mancanegara. Tentu sajaini  karena keindahan kotanya dan juga arsitektur bangunan yang sangat menarik. Athena sebagai ibu kota Yunani adalah kota yang wajib dikunjungi jika datang ke Yunani.

Menurut mitologi Yunani, Athena atau yang kerap kali disebut sebagai Pallas Athena adalah anak dari Dewa Zeus dan juga Dewi Metis. Athena merupakan dewi kebijaksanaan dan juga dewi penolong para pahlawan. Sosok Dewi Athena ini digambarkan sebagai seorang perempuan yang sangat dewasa. Tidak pernah ada sosok anak kecil yang tergambar dalam diri Dewi Athena.

Salah satu kuil terkenal di ibu kota Yunani ini adalah Kuil Parthenon yang kini menjadi destinasi wisata unggulan di Yunani. Bagi masyarakat Yunani ataupun penganut mitologi Yunani, Dewi Athena disimbolkan sebagai burung hantu, aigis, pohon zaitun, dan juga laba-laba. Namun, sebenarnya masih ada simbol lain yang dikaitkan dengan Dewi Athena.

Dewi Athena sangat lekat dengan sosok yang melindungi kota Athena. Oleh karena itu, tidak heran jika sejak dahulu kala, kerap dilakukan ritual pemujaan terhadap Dewi Athena. Hingga saat ini total penduduk yang tinggal di kota Athena mencapai 3.500.000 jiwa. Bahkan kota ini menjadi sentral ekonomi, politik, dan budaya Yunani.

Bukti adanya seni Yunani klasik di kota ini adalah Akropolis yang menjadi bangunan ikonik dari kota Athena. Akan tetapi, beberapa bagian dari Akropolis ini telah direnovasi untuk kegiatan Olimpiade Athena pada tahunn 2004. Kota Athena mempunyai bandara internasional di Spata yang pembangunan infrastrukturnya dibantu oleh Uni Eropa.

Sebagai kota tertua di dunia, tidak heran jika banyak sekali turis asing yang menjadikan ibu kota Yunani ini sebagai destinasi liburan yang tepat. Selain untuk mengunjungi bangunan-bangunan khas arsitektur Yunani, di kota Athena Anda juga akan diajak untuk mengetahui sejarah kota Athena beserta mitologi yang dipercaya oleh penduduk sekitar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *