Negara Dengan Penduduk Terbanyak di Dunia dan Faktor Penentu Perkembangannya

Sejak terbentuknya bumi, jumlah manusia yang mendiaminya selalu bertambah setiap saat di berbagai wilayah yang ada. Yang awalnya hanya terbentuk beberapa kelompok kecil lalu membesar menjadi terbentuknya sebuah negara yang tediri dari berbagai suku bangsa, golongan ataupun kelompok. Saat ini sudah ada sebanyak 195 negara di dunia yang telah mendapatkan pengakuan dari PBB. Nah, dari banyaknya negara di dunia tersebut, terdapat beberapa negara yang memang mempunyai penduduk yang sangatlah banyak. Tentunya perkembangan dari penduduk ini terdapat beberapa faktor yang menentukannya. Untuk itulah silahkan simak daftar negara dengan penduduk terbanyak di dunia beserta faktor apa saja yang menentukan perkembangannya.

Daftar Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia

Tentunya negara-negara yang masuk dalam daftar penduduk terbanyak di dunia ini telah dihitung dengan teliti lewat penghitungan statistik kependudukan yang akurat. Apabila Anda ingin mempelajarinya lebih dalam bisa langsung mengunjungi snapstatistics.com  sekarang juga.  Nah, untuk negara mana saja yang masuk  dalam daftar negara  berpenduduk terbanyak di dunia tersebut daftarnya adalah sebagai berikut:

pixabay.com
  1. Tiongkok atau Cina

Tidak mengherankan apabila Tiongkok atau Cina menduduki peringkat pertama daftar negara  berpenduduk terbanyak di dunia.  Hal tersebut membuat negara ini tidak hanya populer karena terdapatnya satu dari tujuh keajaiban dunia yakni tembok raksasa Cina saja tetapi juga populer karena banyaknya populasi manusia didalamnya.  Jumlah penduduk saat ini di Cina ada 1.397.780.000 orang banyaknya. Dengan jumlah penduduk yang fantastis ini, Cina berhasil menjadi negara  berpenduduk terbanyak di dunia posisi pertama. Secara statistik, jumlah penduduk Cina ini mengambil bagian sebanyak 18,5%  di dunia.

  1. India

Posisi kedua negara  berpenduduk terbanyak di dunia setelah Cina adalah India.  Bila dilihat dari tingkat pertumbuhan penduduk di negara ini menurut Data Bank Dunia yang per tahunnya sebanyak 1,2% tentunya wajar bila menempati posisi kedua.  Bahkan prediksi PBB di tahun 2022 nantinya, India akan berhasil menduduki peringkat pertama negara dengan penduduk terbanyak di dunia yang mana menggeser kedudukan  dari negara Cina. Untuk saat ini, India mempunyai 1.345.080.000 penduduk dengan persentase 17.8% dari banyaknya penduduk di dunia.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara  berpenduduk terbanyak di dunia nomor tiga setelah Cina dan India.  Dari keseluruhan jumlah penduduk dunia, jumlah penduduk AS mengambil bagian sebesar 4,38 %  atau sebanyak 331.292.000 penduduk.

  1. Indonesia

Penduduk Indonesia juga terus bertambah setiap tahunnya dengan indeks pertumbuhan penduduknya setiap tahun sebesar 1,2% seperti India. Untuk itulah Indonesia menempati posisi keempat negara  berpenduduk terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk saat ini sebanyak 268.074.600 jiwa atau sekitar 3,53%.

pixabay.com
  1. Pakistan

Dengan luas wilayah hanya 796.095 km2, Pakistan menjadi negara dengan kepandatan penduduk yang lumayan besar. Bagaimana tidak, jumlah  penduduknya menempati posisi kelima terbanyak di dunia. Jumlah penduduknya saat ini ada 216.361.000 yang mana rasionya di dunia sebesar 2,86% banyaknya.

  1. Brasil

Setelah Pakistan, daftar negara berikutnya yang menempati posisi keenam negara  berpenduduk terbanyak di dunia adalah Brasil.  Penduduk di negara ini saat ini berjumlah 211.660.000 atau sebanyak 2,8% penduduk di bumi secara keseluruhan.

  1. Nigeria

Nigeria  mempunyai penduduk sebanyak 193.392.517 orang atau 2,55% penduduk dunia. Dari jumlah tersebut berhasil menghantarkan negara ini menduduki peringakat tujuh negara  berpenduduk terbanyak di dunia.

  1. Bangladesh

Bangladesh merupakan salah satu negara dengan kepadatan penduduk paling besar atau paling padat di dunia. Bagaimana tidak, negara ini hanya mempunyai luas 143.998 km2 saja tetapi jumlah penduduknya terbanyak ke 8 di dunia dengan jumlah 166.949.000 atau 2,21% penduduk dunia.

Faktor Penentu Pertumbuhan Penduduk di Berbagai Negara

Setelah Anda mengetahui daftar negara dengan penduduk terbanyak di dunia, berikutnya yang harus diketahui adalah apa saja faktor yang menentukan pertumbuhan penduduk di berbagai negara tersebut. Pasalnya memang kedua hal tersebut saling berhubungan dan memang harus diketahui. Adapun berbagai faktor penentu pertumbuhan penduduk di berbagai negara tersebut adalah sebagai berikut:

pixabay.com
  1. Fertilitas (Kelahiran)

Faktor pertama yang menentukan pertumbuhan penduduk di berbagai negara adalah fertilitas atau kelahiran. Semakin tinggi angka kelahiran sebuah negara tentunya semakin banyak jumlah penduduknya apabila angka kematiannya rendah.  Beberapa hal yang mampu mempengaruhi fertilitas di sebuah negara antara lain ada keadaan ekonomi penduduk, tingkat pendidikan, urbanisasi,  struktur perkawinan sebuah negara dan masih banyak lagi.

  1. Mortalitas (Kematian)

Setelah kelahiran, faktor kedua yang menjadi penentu pertumbuhan penduduk di berbagai negara adalah mortalitas alias kematian. Apabila sebuah negara mempunyai angka mortalitas yang tinggi sedangkan fertilitasnya rendah, maka jumlah penduduknya akan berkurang. Pengukuran kematian dalam kependudukan ini terbagi menjadi tiga yakni CDR (Crude Death Rate), ASDR (Age Specific Death Rate), IMR (Infant Mortality Rate).

  1. Migrasi (Perpindahan)

Migrasi atau perpindahan atau mobilisasi penduduk juga menjadi faktor penentu pertumbuhan penduduk sebuah negara.  Migrasi dibedakan menjadi dua yakni migrasi masuk dan keluar. Apabila terjadi migrasi penduduk secara besar-besaran ke negara atau wilayah lainnya pastinya akan mempengaruhi jumlah penduduk maupun pertumbuhannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *