Pelajaran Akuntansi

Selain sekolah menengah atas alias SMA, sekolah menengah kejuruan atau SMK juga termasuk jenjang pendidikan lanjutan. Jika SMA bertujuan untuk mempersiapkan pelajar untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi di universitas, maka SMK memiliki tugas utama untuk mempersiapkan pelajar agar siap memasuki dunia kerja saat pelajar tersebut lulus dari SMK.

Karena merupakan sekolah menengah kejuruan, maka materi yang dipelajari oleh pelajar SMK sedikit berbeda dengan pelajar SMA. Meski begitu, tentu saja pelajar SMK tetap mempelajari materi pelajaran utama seperti matematika, bahasa indonesia, dan bahasa inggris. Salah satu jurusan atau kejuruan yang terdapat pada SMK adalah akuntansi.

Akuntansi merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi. Karena merupakan cabang dari ilmu ekonomi, maka topik yang dikaji ilmu akuntansi  masih berhubungan dengan pelajaran ekonomi yang diberikan di SMA. Meski begitu, topik yang dikaji oleh ilmu akuntansi sifatnya lebih spesifik dibanding ilmu ekonomi secara umum.

Pelajaran akuntansi mengkaji tentang penjabaran, pengukuran, atau pemberian kepastian tentang informasi tertentu yang akan membantu para pembuat keputusan seperti investor, manajer, maupun otoritas pajak untuk membuat alokasi sumber daya di dalam organisasi, perusahaan maupun lembaga pemerintah.

Akuntansi secara umum dapat diartikan sebagai proses mencatat, meringkas, mengklasifikasi, mengolah menyajikan data, transaksi atau segala hal yang berhubungan dengan keuangan. Tujuannya adalah agar orang yang berkepentingan dapat memahami data-data tersebut dengan mudah untuk mengambil suatu keputusan.

Dengan kata lain, akuntansi menuntut pelajar untuk mempelajari berbagai hal yang dapat membantu untuk menyusun laporan keuangan. Misalnya adalah nama akun dan saldo normal. Karena akuntansi terdiri dari banyak nama akun, maka pelajar harus menemukan dan memahami kunci –kunci tertentu dalam informasi tersebut untuk kemudian menghafalnya.

stocksnap.io

Meski begitu, pelajar yang mempelajari ilmu akuntansi tidak hanya harus memahami kode-kode dalam nama akun tetapi juga wajib memahami dasar-dasar akuntansi agar dapat menjadi akuntan yang handal. Dasar-dasar akuntansi di antaranya adalah penjurnalan, konsep debit-kredit, membuat neraca percobaan atau neraca saldo, pemostingan jurnal ke buku besar, serta menyajikan laporan keuangan.

Selain itu, pelajar juga wajib memahami persamaan dasar akuntansi yaitu hubungan antara harta, utang dan modal yang dimiliki perusahaan. Persamaan dasar akuntansi merupakan dasar pencatatan pada sistem akuntansi. Artinya, setiap kali terjadi transaksi harus dicatat dalam dua aspek yaitu sisi kanan atau pasiva dan sisi kiri atau aktiva.

Persamaan dasar akuntansi merupakan keseimbangan antara sisi kiri dan sisi kanan. Karena itulah keseimbangan kedua sisi harus selalu dipertahankan sekalipun terjadi perubahan yang diakibatkan oleh transaksi keuangan. Hal ini sangat penting karena merupakan dasar untuk menunjang pelajar dalam mengerjakan akuntansi mulai dari mencatat jurnal hingga menyajikan laporan keuangan.

Secara umum, fungsi utama akuntansi adalah untuk memberikan informasi keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Dengan informasi tersebut, dapat diketahui bagaimana kondisi dari suatu perusahaan atau organisasi dan apa saja yang terjadi dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Informasi yang diberikan oleh akuntansi ada dua yaitu tentang nilai perusahaan serta keuntungan dan kerugiannya.

Akuntansi dapat menjelaskan keuntungan maupun kerugian suatu perusahaan dalam perriode tertentu. Apabila perusahaan mendapatkan keuntungan, akuntansi dapat memberikan informasi tentang berapa keuntungan bersih yang diterima perusahaan tersebut setelah dikurangi biaya operasional. Akuntansi juga memberikan informasi terkait besarnya modal perusahaan.

Selain memberikan informasi tentang besarnya modal perusahaan, akuntansi juga memberikan informasi tentang besarnya investasi yang dapat dilakukan oleh perusahaan sehubungan dengan keuntungan atau laba perusahaan. Dengan informasi tersebut, perusahaan juga dapat mempertimbangkan untuk mencari tambahan modal untuk perluasan usaha.

Karena itulah akuntansi dapat memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kelangsungan perusahaan di masa depan. Akuntansi bukan hanya tentang keuntungan, kerugian dan pengembangan usaha, tetapi akuntansi juga menyediakan informasi yang berkaitan dengan besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan.

stocksnap.io

Akuntansi terbagi menjadi banyak bidang dengan tugas yang berbeda-beda seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajeman, akuntansi auditing, akuntansi nirlaba, akuntansi budgeting, akuntansi perpajakan, akuntansi biaya, sistem akuntansi dan akuntansi sosial. Berbagai bidang tersebut memiliki tugas dan aktivitasnya masing-masing yang fungsinya berbeda-beda.

Sebagai ilmu yang menekankan pada hafalan, pelajaran akuntansi terkesan sulit dan membosankan. Terlebih karena pelajar diharuskan untuk menghadapi dan mempelajari kode-kode tertentu serta harus membiasakan diri untuk mencatat berbagai kegiatan atau transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Karena itulah dibutuhkan metode belajar yang mudah yang tidak akan membuat bosan.

Cara belajar yang mudah dan tidak membuat bosan dapat ditemukan di platform belajar online yang disebut edutore.com. Platform belajar online tersebut dikembangkan oleh Gramedia dan menawarkan berbagai konten-konten yang menarik dan pilihan yang dapat mempermudah pelajar dalam memahami materi pelajaran.

Selain itu, paltform pembelajaran yang dapat diakses secara online ini juga menyediakan fitur belajar gratis yang dapat dinikmati oleh siapapun dan kapanpun. Dengan begitu, orangtua dapat menghemat lebih banyak biaya karena orangtua tidak perlu membayar biaya bimbingan belajar yang umumnya sangat mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *