Permainan Sepak Bola Cabang Olahraga Paling Populer Dunia

Apakah itu permainan sepak bola? Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang memanfaatkan sebuah bola menggunakan bahan kulit/karet. Permainan ini akan dimainkan oleh 2 tim dimana setiap tim berisi dengan 11 pemain dan beberapa pemain cadangan.

Ada beberapa pendapat jika sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan cara menendang sebuah bola dengan tujuan masuk ke dalam gawang lawan. Setiap tim yang mampu membobol gawang lawan terbanyak akan keluar sebagai pemenang.

Di Inggris, sepak bola dikenal dengan nama Football. Sementara Amerika Serikat menyebut permainan ini dengan nama “Soccer”. Arti kata sepak bola sendiri adalah :

  • Sepak artinya menendang memanfaatkan kedua kaki.
  • Bola adalah alat permainan dengan bentuk bulat dan terbuat dari karet / kulit.

Tujuan dari sepak bola adalah memasukan gol sebanyak-banyaknya. Caranya pun sangat beragam yaitu dengan membangun kerja sama tim dengan solid.

pxhere.com

Peraturan Dasar Sepak Bola

Tentu saja sepak bola mempunyai aturan-aturan khusus yang harus dipatuhi oleh seluruh pemain. Peraturan sepak bola sendiri telah di SAH-kan oleh FIFA sebagai federasi / organisasi tertinggi sepak bola dunia.

JUMLAH PEMAIN

Sepak bola akan dimainkan oleh 11 pemain di dalam setiap tim. Dimana akan 2 tim yang bertanding untuk setiap pertandingan. Setiap pemain memiliki peran berbeda dalam setiap tim. Mulai dari Kiper (Penjaga Gawang), Bek (Pemain Bertahan), Gelandang (Pemain Tengah) dan terakhir adalah Striker (Penyerang Depan). Ke-22 pemain akan bertanding dalam lapangan berumput dengan ukuran 100 X 65 meter.

Di bawah ini adalah tugas dari masing-masing peranan pemain dalam setiap tim sepak bola!

Kiper (Penjaga Gawang), mempunyai tugas untuk menjaga gawang berukuran 7,32 X 2,44 meter tidak kemasukan gol. Kiper (Penjaga Gawang) diperkenankan menggunakan seluruh anggota tubuhnya untuk menghalau bola keluar (termasuk menggunakan tangan).

Bek (Pemain Bertahan) mempunyai tugas untuk menghalau / menjauhkan bola dari daerah pertahanan. Gelandang (Pemain Tengah) adalah sosok sentral dalam cabang olahraga ini. Gelandang (Pemain Tengah) mempunyai tugas sebagai pengatur serangan dan menjaga keseimbangan tim sepak bola. Pada posisi Gelandang ini, ada pemain-pemain sayap atau sering dikenal dengan sebutan “Winger” pada era modern. Pemain “Winger” ini memiliki tugas untuk menyisir serangan dari sektor sayap atau area kiri-kanan tim.

Terakhir adalah Striker (Penyerang Depan). Pemain ini memiliki tugas menyelesaikan semua peluang dan memasukan bola menuju ke gawang tim musuh.

Dalam 1 pertandingan sepak bola, akan memakan waktu 45 menit / babak. Artinya total pertandingan sepak bola digelar selama 90 menit. Dimana akan ada jeda paruh pertama dan kedua selama 15 menit.

Pada system gugur, aka nada babak extra time 2 X 15 menit jika pertandingan belum ada pemenang. Seandainya masih tetap imbang, maka pertandingan akan diteruskan hingga fase adu tendangan pinalti. Sampai ada 1 tim yang keluar sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut.

pxhere.com

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sepak bola mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia pada era penjajahan Kolonial Belanda. Tepatnya pada akhir abad ke-19. Masyarakat Belanda memang tengah menyukai permainan ini. Tidak heran jika mereka mulai mengajak masyarakat Pribumi untuk bermain sepak bola.

Lalu di tahun 1930 lalu, diresmikan sebuah organisasi yang mengatur dan menaungi seluruh aktivitas sepak bola di Tanah Air, Indonesia. Badan ini mempunyai nama PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). Dari sinilah, semakin banyak warga negara Indonesia yang mulai menikmati permainan ini. Sampai akhirnya dihelat kompetisi pertama Perserikatan Indonesia. Sejumlah tim besar pun mulai terlahir pada periode ini. Dan tim-tim era ini masih tetap dominan dan menjadi tim elit di Tanah Air, Indonesia.

Beberapa tim era Perserikatan yang sampai saat ini masih sangat dominan diantaranya adalah Persib (Bandung), Persija (Jakarta) dan tim kebanggaan masyarakat Jawa Timur, Persebaya (Surabaya).

Meskipun telah berumur hampir setengah abad, namun sampai detik ini. Timnas Indonesia di bawah PSSI belum pernah sekalipun tampil di ajang tertinggi Piala Dunia (World Cup). Kompetisi level nasional yang saat ini ada di Tanah Air, Indonesia adalah Kompetisi Liga 1 Shopee untuk kasta tertinggi. Kemudian disusul oleh Liga 2 dan terakhir adalah Liga 3.

pxhere.com

Legenda Sepak Bola Indonesia

Berita Liga Indonesia tentu saja mempunyai daftar-daftar pemain legenda yang kehebatannya telah diakui dunia. Siapa saja mereka?

RONNY PASLA

Sempat mengawali karir sebagai seorang pemain Tennis. Nama Ronny Pasla justru dikenal sebagai salah satu penjaga gawang terbaik Indonesia. Dengan postur tubuh tinggi besar membuat kiper ini sangat sulit dibobol oleh siapa pun juga. Momen paling bersejarah adalah saat dirinya sukses menahan tendangan Pinalti bintang Brazil, Pele. Momen ini terjadi di Tahun 1972 lalu.

BIMA SAKTI

Pemain ini merupakan salah satu yang paling disorot media pada era 1990-an lalu. Jiwa pemimpin dan sepakan keras Bima Sakti membuat dirinya menjadi pemain yang begitu ditakuti lawan. Bahkan sampai sekarang ini! Skill dan kemampuan Bima Sakti membuatnya pernah diikat kontrak oleh tim dari Swedia yaitu Helsingborg.

Sementara di level sepak bola Nasional, Bima Sakti sukses membawa PSM Makassar meraih gelar juara pada musim 1999-2000 lalu. Bima Sakti telah mencatatkan 11 gol dari total 56 caps bersama dengan Timnas.

Inilah perkembangan permainan sepak bola di Indonesia dan dunia. Menarik bukan? Semoga bisa menambah wawasan Anda sebagai seorang penggila bola.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *