Mengulas Tentang Cara Mengatasi Pinggang Belakang Sakit Tanda Hamil

Memiliki anak merupakan salah satu karunia yang rezeki yang diberikan kepada anda. Sehingga tidaklah asing jika pasangan suami istri baru ingin segera memiliki anak. Pasalnya kehadiran anak juga akan memberikan perbedaan dan warna dihidup anda. Namun hamil juga bukan merupakan hal yang mudah untuk dijalani para wanita. Pasalnya ketika hamil anda akan lebih berhati hati karena perubahan hormon dan juga postur tubuh. Bagi anda yang baru menunggu kehamilan anak pertama tentu belum mengetahui tanda hamil selain menggunakan alat tes. Pasalnya pinggang belakang sakit tanda hamil merupakan salah satu pertanda yang seringkali terjadi pada awal masa kehamilan. Dan hal tersebut sangat wajar terjadi ketika anda sedang hamil. Karena pasalnya ketika anda hamil maka anda akan lebih banyak mengeluarkan hormon relaksin yang mana bisa menyebabkan ligamen dan struktur tulang sendiri anda menjadi renggang, terutama pada bagian panggul. Berat badan bayi yang semakin lama membesar juga memberikan tekanan yang lebih pada sendi panggul anda. Sehingga kebanyakan ibu hamil akan kesulitan berdiri dan merasakan nyeri dipunggung. Jika selama masa kehamilan anda merasakan pinggang belakang sakit tanda hamil tentunya anda akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari hari. Anda haruslah mengetahui cara mengatasi sakit tersebut agar anda bisa tetap nyaman meskipun sedang dalam keadaan hamil.

www.pexels.com

Cara mengurangi sakit penggang saat hamil

 

Banyak sekali metode yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit pinggang ketika sedang hamil. Anda bisa melakukan peregangan dirumah atau mengikuti kelas senam hamil untuk dapat membantu melenturkan sendi sendi anda. Kebanyakan para ibu hamil juga menyukai olahraga ringan untuk membantu proses persalinan. Salah satu olahraga yang sering dilakukan ibu hamil adalah berenang. Karena pasalnya ketika anda berenang maka air akan membantu menopang berat bayi yang anda kandung. Disini akan dibahas mengenai beberapa peregangan yang bisa anda lakukan dirumah.

 

  1. Peregangan otot piriformis. Gerakan ini bisa anda lakukan dalam posisi duduk. Anda bisa perlahan membuka kaki dan meregangkan kaki anda sedikit sedikit. Kemudian anda bisa mengarahkan badan kekanan dan kekiri. Ketika anda otot kaki anda sudah direnggangkan kemudian tegakkan punggung anda. Condongkan tubuh anda kedepan. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa melakukannya berulang ulang hingga pinggul anda tidak sakit.

 

  1. Peregangan meja. Anda bisa menggunakan meja sebagai media pembantu anda melakukan peregangan. Berdirilah menghadap meja. Kemudian letakkan tangan anda diatas meja seperti sedang berpegangan. Kemudian renggangka kaki anda sampai melebih bahu. Kemudia tarik tubuh anda kedepan. Usahakan posisi tangan anda tetap lurus. Tarik pinggul anda menjauhi meja dan rasakan otot anda tertarik. Anda bisa menahan posisi tersebut dalam 30 menit. Lakukan peregangan ini setiap hari untuk mengurangi rasa sakit dipinggul.

 

  1. Posisi pigeon. Anda bisa memposisikan telapak tangan dan lutut anda pada lantai. Kemudian tekuk lutut anda hingga berada diantara kedua lengan. Kemudian secara perlahan rentangkan kaki kiri kebelakang pertahankan agar kaki anda tetap pada posisi menyentuh lantai. Letakkan gulungan handuk dibawah pinggul anda agar bisa membantu anda dalam proses peregangan. Perlahan arahkan badan anda keatas kaki kanan dan arahkan terus sedekat mungkin dengan lantai. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih satu menit. Kemudian ulangi pada sisi selanjutnya.
www.pexels.com
  1. Peregangan pinggul. Posisikan diri anda sedang berlutut dilantau dan letakkan kedua telapak tangan anda dilantai. Kemudian langkahkan kaki kanan anda kearah depan membentuk sudut 90 derajat. Luruskan pinggang anda dan pindahkan beban tubuh anda pada kaki. Tahan selama 30 detik. Lakukan juga untuk kaki sebaliknya. Lakukan peregangan selama kurang lebih 5 menit.

 

  1. Gerakan hamstring. Gunakan roller busa dan letakkan pada lantai. Kemudian anda bisa duduk diatas roller dan letakkan kedua tangan anda dibelakang tubuh untuk bisa bertumpu pada lantai. Silangkan salah satu kaki anda keatas sehingga membentuk angka 5. Kemudian secara perlahan gerakkanlah tubuh anda kedepan dan kebelakang sampai nyeri ditubuh anda berkurang. Lakukan gerakan tersebut selama 30 hingga 60 detik. Ulangi pada sisi kaki anda yang satu lagi.

 

  1. Peregangan seluruh punggung. Anda bisa mengawali gerakan ini pada posisi merangkak kemudian ratakan punggung anda hingga sejajar dengan leher dan tulang ekor. Kemudian perlahan lengkungkan punggu anda mulai dari tulang ekor hingga bahu. Tahan selama 5 detik. Kemudian kembali pada posisi awal. Kemudian lakukan lagi.

 

  1. Peregangan punggung bawah dan pantat. Posisikan tubuh anda dan berlututlah dilantai serta bungkukkan tubuh anda kedepan. Rengangkan tangan anda dan posisikan telapak tangan anda hingga menempel lantai. Secara perlahan angkat tubu anda dan kembali pada posisi duduk diatas tumit. Saat berada diposisi tersebut makan gerakkanlah tangan anda untuk peregangan. Tahan posisi selama 20-30 detik kemudian ulangi kembali.
www.pexels.com
  1. Peregangan untuk menguatkan punggung. Siapkan kursi yang memiliki alas dan sandaran yang keras. Posisikan diri anda dalm posisi duduk dan jagalah lengan anda agar tetap relaks. Bungkukkan tubuh anda secara perlahan kearah depan. Tahan posisi tersebut dalam lima hitungan. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 5 kali.

 

  1. Peregangan punggung bagian atas. Posisi tubuh anda dalam posisi duduk sambil menyilangkan kaki anda. Kemudian letakkan tangan kiri anda pada kaki kiri dan letakkan kaki kanan anda pada lantai. Kemudian gerakkan putar perlahan pada bagian tangan anda. Lakukan hal yang sama pada tangan yang satu lagi.

 

  1. Peregangan otot punggung. Posisikan tubuh anda dalam keadaan berlutut dengan kedua kaki dan tangan diletakkan pada lantai. Taruh berat badan anda pada lutut dan tangan. Posisikan punggung anda dalam keadaan lurus. Kemudian gerakkan tubuh anda kedepan dan kebelakang seperti menyeret sebanyak kurang lebih 5 kali. Kemudian posisikan tubuh anda kembali diposisi awal. Ulangi selama 5-10 kali untuk peregangan.

 

  1. Peregangan agar postur tubuh menjadi lebih baik. Posisikan tubuh anda sedang berdiri dan senderkan badan anda pada dinding. Kemudian tekan bagian punggung anda kearah dinding. Tahan selama 10 hitungan dan kemudian ulangi hingga 10x.

 

Itulah beberapa gerakan yang bisa anda lakukan dirumah untuk meredakan rasa nyeri dipunggung maupun pinggul anda. Memang jika dalam masa kehamilan anda akan sering merasakan nyeri pada bagian tersebut. Hal tersebut memanglah wajar terjadi. Namun jika sakit nyeri terus berkepanjangan maka akan menghalangi aktivitas anda. Gerakan gerakan ini cukup mudah untuk anda lakukan dirumah. Pasalnya beberapa gerakan tersebut juga bisa membantu anda meregangkan otot. Pada keadaan hamil biasanya wanita akan keseringan duduk. Namun hal tersebut justu akan menganggu punggung anda. Sehingga usahakan ketika anda hamil maka anda tetap berjalan jalan ringan untuk melancarkan peredaran darah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *