Poster Pendidikan

Mendengar kata  poster tentunya hampir semua orang pasti pernah melihat bahkan membuat poster. Poster sekarang ini banyak digunakan sebagai media iklan, promosi, pengumuman, dan pemberitahuan dalam target yang besar dan luas.

Poster biasanya dibuat untuk membagikan berbagai informasi. Dengan memadukan antara gambar, grafis, dan tulisan penyampaian informasi dari poster ini bisa dilakukan. Isi poster biasanya dibuat seminim mungkin agar pesan utama dapat tersampaikan.

Dalam pengertian yang sesungguhnya poster yang memiliki nama lain  plakat ini adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Cara pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya. Poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat karena  mencari perhatian mata sekuat mungkin.

pixabay.com

Ciri-Ciri Poster

Poster memilki perbedaan dengan media publikasi lain terutama adalah masalah ukuran serta cara penyampaian pesannya. Poster tidak membutuhkan kalimat-kalimat terperinci, namun hanya menggunakan kalimat sederhana yang mudah diingat.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari poster:

  • Poster harus didesain dengan komposisi huruf dan gambar di atas media datar (kertas atau kain) berukuran besar.
  • Dipasang dengan cara ditempelkan di bidang dengan permukaan rata seperti dinding atau papan di tempat-tempat keramaian agar dapat menarik perhatian banyak orang.
  • Dibuat dengan menggunakan teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan warna yang berani,
  • Bahasa yang digunakan singkat, padat, jelas, dan harus mudah dipahami.
  • Diberi gambar agar pesan lebih mudah tersampaikan.
  • Harus dapat dibaca sambil lalu, namun meninggalkan kesan yang mendalam.
pixabay.com

Syarat Poster

Pembuatan poster memiliki syarat-syarat khusus. Ini dikarenakan adanya perbedaan ukuran media publikasi dan cara penyampaiannya,. Ini bertujuan untuk membedakan dengan bentuk media publikasi lain dan lebih mengoptimalkan fungsi dari poster itu sendiri. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dari sebuah poster:

  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan.
  • Memiliki susunan kalimat yang singkat, padat, jelas, akan tetapi tetap dapat menyampaikan maksud dari poster tersebut.
  • Kombinasi antara tulisan dan gambar.
  • Harus bisa menarik perhatian orang banyak.
  • Menggunakan bahan yang kuat dan tahan terhadap cuaca, sehingga tidak mudah rusak dan/atau sobek, dan terakhir.
  • Sesuaikan ukuran poster dengan sasaran lokasi yang akan digunakan untuk menempel dan/atau memasang poster, serta target pembaca.
pixabay.com

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Selain mengenai ciri dan syarat poster, ada hal yang sangat penting diketahui pula hal-hal penting mengenai poster. Hal demikian bertujuan agar poster dapat lebih sesuai dengan target pembaca.

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan poster:

  • Untuk menarik perhatian buat poster yang memuat gambar yang mencolok, agar menggugah rasa penasaran orang.
  • Biasanya poster dibaca dari jarak minimal 1 meter, karenanya harus dipastikan untuk memilih bentuk dan ukuran huruf yang mudah terbaca meski sambil lalu.
  • Pembaca poster adalah orang yang sedang bergerak, oleh sebab itu isilah poster dengan tulisan yang efektif, sugestif, dan mudah diingat.
  • Hindari poster dengan gambar atau tulisan bahkan keduanya dengan penuh dalam medianya, hal tersebut akan menurunkan keinginan orang untuk membaca secara detail.
  • Agar semakin menarik perhatian masyarakat secara luas perhatiakanlah komposisi keindahan dari poster.

 

Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf yang bersifat mendidik atau memberikan pengetahuan kepada masyarakat dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Poster bisa menjadi sarana iklan pendidikan, sosialisasi pendidikan dan dekorasi ruang pendidikan. Selain itu poster juga bisa berupa salinan karya seni terkenal. Karena memiliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif cat yang di gunakan poster biasanya juga disebut cat plakat.

Contoh Poster Pendidikan

            Poster pendidikan tidak hanya kita jumpai di ruang pendidikan seperti sekolah atau kampus saja melainkan di luar ruangan seperti di tempat-tempat keramaian. Mengapa demikian? Karena poster sendiri merupakan media luar ruang jadi tidak heran jika demikian. Contoh-contoh poster yang dapat kita jumpai seperti:

pixabay.com

Poster buku

Poster buku merupakan salah satu media atau sarana yang bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya pelajar untuk membaca buku. Mungkin kata-kata yang sering kita dengar dan jumpai adalah “Buku Adalah Jendela Dunia” tentunya tidak asing lagi ditelinga kita. Ketika kita mengetahui hal itu, maka alangkah baiknya bila kita melakukan hal tersebut.

Poster Ajakan Sekolah

Poster pendidikan yang di maksud merupakan salah satu media sarana untuk mengajak masyarakat khususnya pelajar untuk membaca buku. Mungkin kata “Buku Adalah Jendela Dunia” tidak asing lagi ditelinga kita. Ketika kita mengetahui hal itu, maka alangkah baiknya bila kita melakukan hal tersebut.

 

Demikianlah informasi mengenai poster pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *