Puskesmas Keliling Mendukung Majunya Akses Kesehatan

Puskesmas menurut Depkes dinyatakan sebagai organisasi yang menjadi pusat pengembangan kesehatan di masyarakat dan membina masyarakat dalam memberikan pelayanan. Puskemas memang mempunyai banyak tugas yang mana berkaitan dengan kesehatan masyarakat, selain itu puskesmas juga menjadi salah satu tempat rujukan yang pertama untuk mendapatkan penanganan awal. Pada dasarnya lingkung puskesmas sudah sangat kecil, namun cakupannya sering kali masih kurang karena banyak orang yang tidak mau datang ke puskesmas.

Melihat banyaknya orang yang tidak ingin datang ke puskesmas maka dilakukan beberapa evaluasi. Dari evaluasi tersebut didapatkan bahwa banyak orang yang mengalami kesulitan dalam akses puskesmas. Tentu saja hal ini harus ditangani dengan baik, demi memberikan pelayanan kesehatan yang merata maka mulai dibentuk puskesmas keliling yang merupakan jaringan pembantu puskesmas menjangkau wilayah yang belum terjangkau. Keberadaan puskesmas ini tentu sangat mendukungnya cakupan orang untuk mengakses tenaga kesehatan.

pxhere.com

Pentingnya Puskesmas Keliling di Desa

Keberadaan puskesmas ini memang dirasakan sangat membantu orang yang tidak bisa datang ke puskesmas. Puskesmas ini juga beroperasi dengan jadwal yang telah ditentukan, biasanya orang akan menghafal jadwal kedatangan puskesmas ini sehingga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Berikut ini ada beberapa hal yang penting mengenai puskesmas bergerak :

 

  1. Tujuan

Tujuan adanya puskesmas yang bergerak ini adalah untuk meningkatan jangakuan atau cakupan dan mutu pelayanan kesehatan yang lebih merata sehingga siapa saja bisa mendapatkan akses kesehatan lebih mudah. Jika di kota tentu saja mengakses tempat kesehatan sangat mudah, berbeda dengan wilayah yang terbilang terpencil sehingga sangat sulit menjangkau wilayah tersebut. Selain itu tujuan dari pusling ini adalah memajukan kesehatan masyarakat menjadi lebih baik dengan memberikan berbagai edukasi mengenai kesehatan.

pxhere.com
  1. Fungsi

Jika anda perhatikan keberadaan puskesmas bergerak ini mempunyai banyak fungsi yang sangat baik seperti halnya berfungsi sebagai sarana transportasi baik mulai dari petugas, logistik, kesehatan, dan dari promosi kesehatannya. Banyaknya fungsi yang dijalankan oleh pusling ini membuat tanggung jawab puling semakin besar.

 

  1. Peran

Pusling atau puskesmas keliling mempunyai banyak peran, berikut peran dari pusling.

  1. Meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan di masyarakat
  2. Mendukung adanya peningkatan akses pelayanan kesehatan di wilayah yang jauh dan terpencil
  3. Mendukung beberapa kegiatan yang ada di masyarakat seperti adanya posyandu, imunisasi, KIA, dan pemberdayaan masyarakat sekitar
  4. Mendukung adanya pelayanan rujukan, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang labih baik
  5. Mendukung adanya pelayanan bersifat promotif dan juga preventif
pxhere.com

Pusling Sebagai Jembatan Kesehatan yang Merata

Keberadaan pusling ini memang dianggap sebagai hal yang menggembirakan, mudahnya akses tenaga kesehatan menjadikan keberadaan pusling ditunggu – tunggu oleh orang yang ada di wilayah terpencil. Dalam menjalankan pusling ini maka harus diperhatikan mengenai beberapa hal seperti mulai dari aspek program. Ketika anda menjalankan pusling ini maka sebaiknya anda sudah merencakan apa saja program yang akan anda lakukan ketika anda keliling. Misalnya dengan menyediakan berbagai obat – obatan yang mungkin saja dibutuhkan di wilayah tersebut.

Aspek lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah aspek tenaga. Menyelenggarakan pusling ini tentu saja membuat anda harus memikirkan aspek tenaga kerja yang ada. Jangan sampai tenaga kerja yang dimiliki kurang, selain itu perhatikan pula kemampuan yang dimiliki setiap tenaga kerja. Pastikan semua tenaga kerja di pusling berkompeten. Selain itu aspek penting lainnya yang harus diperhatikan adalah aspek sarana dari pusling tersebut. Demi memberikan pelayanan yang baik alangkah lebih sempurna jika anda menyediakan alat dan bahan sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat tersebut.

pxhere.com

Aspek selanjutnya yang harus diperhatikan adalah aspek pembiayaan. Menyediakan pusling ini tentu harus dengan perencanaan yang tepat. Tentu saja tidak bisa melakukan pusling dengan geratis mengingat banyak biaya operasional yang harus dikeluarkan membuat aspek pembiayaan sangat penting. Aspek pendukung lainnya juga dibutuhkan demi berlangsungnya pusling, misalnya dengan adanya obat – obatan, alat, bahan, dan beberapa hal yang dianggap penting untuk ketersediaan di pusling tersebut. Pastikan semua aspek tersebut diperhatikan sehingga keberadaan dari pusling ini mendukung kemajuan akses kesehatan di wilayah yang terpencil.

Puskesmas keliling dibentuk karena masih banyak wilayah yang masih mempunyai daya askes yang sulit. Demi memberikan pelayanan kesehatan yang merata maka keberadaan pusling ini dianggap menjadi cara yang paling jitu. Hampir di setiap daerah mempunyai pusling yang bisa diakses dengan mudah oleh semua orang. Dalam membatu kerja puskesmas tidak hanya ada pusling saja melainkan ada beberapa hal misalnya adanya puskesmas pembantu, tentu saja hal ini sangat membatu terjangkaunya kesehatan.

Jika dilihat dari beberapa hasil yang telah dicapai oleh pusling ini maka bisa dikatakan bahwa keberadaan pusling ini sangat membantu. Selain itu derajat kesehatan masyarakat di wilayah terpencil menjadi lebih baik lagi. Karena mempunyai hasil yang bagus maka pusling ini mulai diterapkan di beberapa wilayah yang ada di Indonesia, menemukan situs penyedia sewa ambulance menjadi salah satu hal yang mendukung adanya pusling.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *