Tips Terbaik Bagi Anda yang Mengidam-idamkan Ponsel Pintar Xiaomi

Kemajuan teknologi melahirkan berbagai macam perangkat ponsel pintar muncul dengan berbagai keunggulan masing-masing. Tidak seperti dulu, ponsel digunakan sebagai alat komunikasi saja. Sekarang, ponsel digunakan untuk semua kegiatan, mulai dari komunikasi, hiburan, hingga membantu pekerjaan.

Dari banyaknya produsen ponsel pintar, Xiaomi menjadi vendor terdepan yang sering meluncurkan produk terbaru. Bagi para pengguna perangkat ponsel pintar asal Negeri Tirai Bambu, artikel kali ini akan membantu Anda. Kami menuliskan informasi mengenai tips HP Xiaomi dalam mengoperasikan kamera yang belum dimengerti oleh penggunanya.

Tips Memaksimalkan Kamera Ponsel Pintar Xiaomi

Xiaomi merupakan ponsel pintar yang unggul di sektor kameranya. Kapasitas megapiksel yang besar milik Xiaomi, maka Anda bisa memperoleh kualitas gambar terbaik apabila dilakukan pengaturan dan metode pengambilan gambar. Banyak pengguna kamera smartphone yang mengatakan kalau pengaturan dan pengambilan gambar yang tepat, kualitas gambar pun mendekati hasil dari kamera DSLR. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan di rumah.

pixabay.com
  • Aktifkan perangkat ponsel pintar
  • buka kamera
  • klik tulisan Mode Kamera
  • tekan tombol bergambar roda gigi di pojok kanan atas
  • atur: bingkai kamera dengan memilih layar penuh 16:9. Selanjutnya, pilih kualitas gambar (high/tinggi), dan ketajaman (tinggi).
  • Ketika mengambil gambar sebaiknya non-aktifkan mode HDR. Cara mematikannya cukup mudah, yakni ketika kamera aktif, klik tulisan HDR di sebelah pojok kanan atas kamera. Mematikan fitur HDR maka fitur LED Flash akan berfungsi.

Pada dasarnya HDR mempunyai fungsi sebagai pencahayaan supaya gambar dari tangkapan kamera ponsel pintar mempunyai tingkat pencahayaan lebih baik. Dengan begitu gambar yang dihasilkan lebih terang. Namun, Anda harus ingat baik-baik bahwa fungsi HDR bukan sebagai media pembantu pengambilan gambar minim cahaya.

Ketika Anda mengaktifkan HDR maka gambar seolah-olah tampak tidak natural karena pencahayaannya berlebihan. Nah, supaya mendapatkan gambar lebih natural dan berkualitas lebih baik matikan fitur HDR ini.

pixabay.com
  • Langkah berikutnya adalah mengaktifkan mode manual ketika mengambil gambar dari kamera Xiaomi. Menggunakan mode manual di ponsel pintar Xiaomi pun sederhana, silakan tekan menu Mode, pilih Manual. Para fotografer acap memilih Mode Manual supaya lebih fokus dan gambar yang berhasil ditangkap memiliki kualitas.
  • Di saat mengambil gambar Anda harus memperhatikan tingkat pencahayaan. Bahwa tingkat pencahayaan yang baik tentunya akan menghasilkan gambar foto berkualitas. Dan ingat, silakan menghindari pengambilan gambar yang mengarah langsung ke sinar terang, baik matahari maupun lampu/pantulan cermin.
  • Anda bisa mengambil objek dengan background berjarak jauh. Hal ini bertujuan supaya kamera lebih fokus ke objek yang diinginkan. Dengan begitu, kamera fokus ke objek yang ingin Anda abadikan. Bisa juga Anda menekan layar ponsel sebelum membidik objek dan silakan sesuaikan fokus mana yang diinginkan.
pixabay.com

Tips Supaya Ponsel Pintar Xiaomi Tidak Mudah Rusak

Setelah Wakdroid puas dengan tips seputar memaksimalkan kinerja kamera ponsel pintar Xiaomi, kami membagikan tips penting lainnya. Bagi para pengguna ponsel pintar tentunya ingin perangkat tersebut bisa bertahan lebih lama. Apalagi untuk membelinya membutuhkan waktu yang lama karena harus menabung. Jelas dibutuhkan kecermatan supaya perangkat tahan lama dan tidak mudah rusak. Nah, kami membagikan tips penting bagi Anda yang ingin ponsel pintar Xiaomi tahan lama.

  • Jangan Mengunduh Aplikasi di Luar Google Play Store

Meskipun Xiaomi menggunakan ROM MIUI, namun ponsel pintar ini berbasis sistem Android. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengunduh dan menginstal aplikasi harus melalui Google Play Store. Anda diminta untuk berhati-hati dalam mengunduh aplikasi di luar Google Play Store. Pasalnya, aplikasi tersebut sudah tercampur dengan malware atau crack yang bisa saja merusak perangkat lunak Xiaomi.

pixabay.com
  • Perhatikan Baterai

Baterai menjadi bagian penting di ponsel pintar karena menjadi pusat energi agar dapat digunakan. Nah, Anda diminta melakukan pengisian daya baterai apabila sudah mencapai 30% hingga 15%. Jangan sampai Anda menunggu baterai mencapai 5% atau perangkat benar-benar off karena kehabisan daya. Hal ini membuat baterai cepat aus. Perlu diingat juga bahwa perangkat yang diisi daya setidaknya jangan digunakan untuk aktivitas berat. Hal ini menyebabkan konsumsi baterai berlebihan dan membuat perangkat mudah panas.

  • Memasangkan Tempered Glass

Bagian vital perangkat ponsel pintar adalah layarnya. Oleh karena itu, agar layar ponsel pintar Anda bisa tahan terhadap goresan, sematkan anti gores atau tempered glass. Walaupun harganya lumayan mahal, namun tempered glass lebih baik untuk melindungi layar perangkat daripada menggunakan anti gores berbahan mika ataupun plastik. Jika terjadi benturan, maka kaca anti gores tempered glass akan melindungi layar.

  • Gunakan Casing Tambahan

Casing tidak hanya mempercantik bodi perangkat saja. Casing fungsinya tidak berbeda dengan kaca anti gores, yakni melindungi perangkat agar tidak ada goresan maupun retak. Anda bisa memasangkan casing berbahan mika atau bahan keras lainnya sehingga tahan terhadap benturan daripada menggunakan casing berbahan jelly lembut.

Demikianlah ulasan tentang tips HP Xiaomi, mulai dari memaksimalkan kualitas kamera hingga tips perawatan agar perangkat tahan lama. Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *