Hak-hal Yang Masuk Dalam Tips Sukses Melaksanakan Seminar

Salah satu kewajiban manusia adalah memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik dengan mengejar dan mencari ilmu pengetahuan. Bagian dari kita yang tidak akan terkikis oleh waktu dan akan sangat berguna bagi kita selama hidup adalah pengetahuan. Memiliki pengetahuan yang lebih luas akan membuat kita memiliki penghargaan pada diri sendiri dan mampu meningkatkan kualitas kita sebagai individu. Manusia memang akan lebih berkelas dan berkualitas jika memiliki pengetahuan yang luas dan mampu membagi pengetahuan tersebut pada orang lain. Orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas namun tidak ingin berbagi dengan orang lain maka ilmu pengetahuan yang mereka miliki tidak akan bermanfaat. Berbagai ilmu juga tidak akan membuat kita kehilangan ilmu yang kita miliki justru dengan membagikan ilmu kita tidak akan lupa dengan ilmu tersebut dan ingatan kita akan lebih tajam. Kita juga dapat menjadi makhluk yang lebih bermanfaat bagi orang lain dengan membagikan ilmu kita. Hal tersebut juga menjadi salah satu tabungan ibadah dan amal tersebdiri bagi kita sebagai manusia. Hanya saja untuk sekarang ini masih banyak orang yang masih buta dengan ilmu dan pengetahuan hal ini ditandai dengan banyaknya anak putus sekolah dan juga tingkat pendidikan yang rendah khususnya di beberapa wilayah yang jauh dari kota-kota besar atau di pedalaman.

www.pexels.com

Sekarang ini juga ada banyak cara untuk mendapatkan ilmu dan membagi ilmu pengetahuan yang kita miliki. Kita tidak hanya mengandalkan kelas formal dari TK, Pendidikan Sekolah Dasar, Pendidikan Sekolah Menengah, Pendidikan Sekolah Atas hingga perguruan tinggi tapi kita juga memanfaatkan beberapa kelas non formal yang ada di lingkungan kita. Seperti les tambahan, kelompok belajar dan seminar-seminar yang banyak tersedia sekarang ini. Pendidikan formal yang ada di Indonesia saat ini juga sangat dominan dengan pendidikan dan materi yang bersifat teoristik yang telah ditentukan berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Beberapa ilmu yang kita dapatkan di pendidikan formal bahkan tidak cukup untuk kita jadikan sebagai modal untuk terjun ke masyarakat secara langsung dan juga bersaing di dunia kerja. Untuk itu kita harus menuntut dan mendapatkan pendidikan dan pengetahuan lain yang tidak kita dapatkan di bangku sekolah untuk menambah modal kita mendapatkan masa depan yang lebih baik dan bersaing di pasar dunia yang kita menjadi salah satu ciri dari ekonomi yang ada di masyarakat.

Salah satu sumber pengetahuan yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan ilmu yang tidak kita dapatkan di bangku sekolah adalah seminar. Acara berbagi ilmu pengetahuan yang saat ini banyak diadakan ini akan memberikan kita ilmu lain yang lebih dekat dengan masyarakat. Apalagi dalam seminar ada banyak tema-tema yang hangat dan dekat dengan masyarakat yang akan di bahas. Mulai dari seminar tentang kewirausahaan, seminar seni dan budaya, seminar keagamaan, seminar politik, seminar lingkungan dan seminar keluarga serta banyak bahasan dan ilmu yang dekat dengan masyarakat yang akan dibahas dan didiskusikan di acara seminar. Yang lebih penting kita juga bisa memilih jenis seminar yang sesuai dengan minat kita. Dengan menghadiri seminar kita  akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan lainnya yang pastinya tidak akan kita dapatkan dari bangku sekolah formal.

www.pexels.com

Untuk sekarang ini memang tidak sulit untuk menemukan seminar karena ada banyak seminar yang akan diadakan di beberapa Kota. Untuk skala seminar juga beragam bisa yang berskala lokal, berskala Nasional hingga yang memiliki skala internasional. Seminar juga bisa membantu kita untuk menambah teman baru dan juga relasi dengan orang-orang baru. Kita juga dapat berdiskusi ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menyenangkan. Ditambah lagi seminar juga akan mendatangkan pembicara atau narasumber yang sangat kompeten di bidangnya.

Tips Sukses Melaksanakan Seminar DaN Hal Yang Harus Dipersiapkan Dengan Baik

Jika seminar adalah acara yang mudah untuk didatangi oleh peserta maka untuk mengadakan sebuah acara seminar bukan hal yang semudah mendatangi acara seminar. Sebagai salah satu acara yang tidak main-main maka ada banyak persiapan dan juga prosedur yang harus kita lakukan jika ingin mengadakan sebuah acara seminar yang sukses besar. Bahkan memilih menggunakan beberapa tips sukses melaksanakan seminar juga bisa menjadi jalan yang dipilih. Memang dengan memilih menggunakan tips khusus untuk membuat acara seminar sukses kita akan sangat terbantu untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana kita harus bekerja dan seperti apa hal yang sebaiknya kita lakukan. Ada banyak tips untuk mensuksesan acara seminar yang bisa kita coba dan diantaranya beberapa tips berikut:

www.pexels.com
  1. Tema dan bahasan yang akan diberikan dalam seminar. Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam mengadakan sebuah acara seminar maka hal paling pertama yang harus kita tentukan adalah menentukan tema yang akan digunakan dalam seminar. Tema yang akan digunakan akan terhubung dengan topik bahasan yang akan diberikan nantinya di acara seminar. Dalam menentukan tema ini kita harus menyesuaikan dengan sasaran peserta dari seminar yang akan kita adakan.
  2. Rangkaian acara yang jelas. Hal Selanjutnya yang harus menjadi perhatian kita saat mengadakan sebuah seminar adalah rangkaian acara yang jelas. Kita harus memiliki sejenis SOP yang menjelaskan dengan detail bagaimana acara seminar akan berlangsung. Karena acara memang hal yang paling utama untuk kita perhatikan dan kita rancang dengan baik.
  3. Konsep acara. Untuk dapat memberikan gambaran dan melakukan persiapan kita harus mengetahui dan merancang dengan matang konsep seminar seperti apa yang akan kita adakan. Apakah seminar yang formal, talkshow atau seminar semi formal.
  4. Kepanitiaan. Setelah tema dan rangkaian acara telah kita miliki maka kita bisa langsung membuat kepanitiaan dengan pembagian jabatan dan tugas yang jelas. Membentuk panitia yang solid dan kompak dalam merancang sebuah seminar memang sangat dibutuhkan. Karena dari kemampuan dan tangan dingin panitian acara seminar dapat berjalan dengan sukses. Panitia yang harus dipilih tidak harus yang telah profesional namun kita harus mampu memilih orang yang bertanggung jawab dan mampu berkerja dengan team.
  5. Memilih tempat seminar. Tempat dimana seminar akan diadakan juga menjadi hal yang harus kita putuskan melalui beberapa pertimbangan. Sebaiknya kita memilih tempat yang mudah untuk di akses dan merupakan tempat yang nyaman untuk peserta. Sehingga peserta akan betah untuk mengikuti acara seminar dengan sukarela dan bukan betah hanya karena terpaksa oleh situasi saja.
  6. Memilih pembicara atau narasumber. Kita harus memilih pembicara atau narasumber yang sangat kompeten dengan topik bahasan yang akan diberikan dalam seminar. Nilai plus lain jika narasumber atau pembicara yang kita pilih tidak hanya kompeten dengan tema dan bahasan dalam seminar tapi juga memiliki popularitas dan merupakan bagian dari tokoh publik karena hal tersebut dapat membantu kita untuk menarik peserta.
  7. Moderator yang handal. Untuk memastikan acara seminar dapat berlangsung dengan aktif dengan komunikasi timbal balik antara peserta dengan pembicara maka kita harus mampu memilih moderator yang memang handal dalam menjalankan tugasnya. Akan lebih baik jika pilihan kita merupakan moderator yang telah berpengalaman dan terbiasa dengan acara seminar.
  8. Strategi pemasaran. Peserta merupakan salah satu faktor kesuksesan dari sebuah acara seminar dan untuk dapat menarik banyak peserta maka kita harus mampu memilih strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya kita dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran yang paling efektif.
  9. Souvenir yang akan diberikan. Souvenir juga menjadi poin penting lainnya dalam sebuah seminar. Kita dapat memilih souvenir spesial yang kita desain sendiri dan memiliki manfaatkan bagi peserta salah satu souvenis terbaik yang bisa kita pilih adalah tas seminar. Karena tas ini tidak hanya spesial karena kita desain sendiri tapi juga bermanfaat bagi peserta dalam kesehariannya.
  10. Fasilitas dalam seminar. Panitia khususnya di bidang perlengkapan harus mampu menyediakan fasilitas lengkap dalam acara seminar. Karena fasilitas akan sangat menentukan bagaimana acara seminar akan berjalan.
www.pexels.com

Kesepuluh poin tersebut merupakan bagian dari tips sukses melaksanakan seminar yang harus diperhatikan oleh kita semua yang ingin mengadakan sebuah acara seminar. Dengan memperhatikan kesepuluh poin di atas kita akan memiliki gambaran yang matang tentang seminar yang akan kita adakan. Kita juga menjadi lebih paham tentang persiapan dan hal seperti apa yang harus kita persiapkan dan kita lakukan saat merancang sebuah acara seminar. Sehingga kita akan memiliki persiapan dan gambaran yang lebih matang untuk mengadakan sebuah seminar.

Acara seminar juga bukan acara yang main-main. kita akan melibatkan banyak orang, melibatkan narasumber terbaik, mempertaruhkan kinerja dan kualitas panitia serta lembaga yang menaungi sehingga kita harus memastikan segala hal yang harus ada di dalam seminar telah kita persiapkan dengan baik. sehingga saat acara seminar yang akan kita adakan bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Dimana kesuksesan tersebut bukan hanya kesuksesan bagi panitia semata namun juga kesuksesan bagi lembaga, kesuksesan bagi narasumber, kesuksesan bagi peserta dan kesuksesan bagi semua pihak yang terlibat dalam acara seminar. Kesuksesan tersebut bisa kita raih dengan bantuan tips sukses melaksanakan seminar.

Tips Sukses Melaksanakan Seminar: Masalah Yang Sering Terjadi Di Acara Seminar

Persiapan bukan hanya satu-satunya kunci untuk mensuksesan acara seminar bahkan tips sukses melaksanakan seminar juga bukan hal satu-satunya yang harus kita miliki. Kita juga harus memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang sebuah acara seminar. Salah satu pengetahuan yang harus kita ketahui adalah mengenal beberapa masalah yang biasa terjadi dalam sebuah acara seminar. Untuk membantu kita berikut ini beberapa masalah yang banyak terjadi di acara seminar:

www.pexels.com
  1. Jam molor. Masalah yang paling sering terjadi dalam sebuah acara seminar adalah jam yang tidak bisa tepat waktu. Banyak seminar yang mengalami kemuduran jam karena beberapa alasan teknis dan sudah pasti ini akan sangat mengganggu pelaksanaan seminar. Karena bukan tidak mungkin kita harus merubah rangkaian acara untuk mengejar agar acara seminar bisa selesai tepat waktu.
  2. Peserta yang pasif dan bosan. Seminar memang bukan tempat mendapatkan ilmu seformal pendidikan di bangku sekolah namun bukan tidak mungkin pemain akan merasa bosan dan jenuh sehingga materi yang diberikan narasumber tidak dapat diterima dengan baik. untuk mengantisipasi masalah ini kita bisa memberikan coffe break dan game time untuk membuat peserta kembali semangat dan lebih antusias dengan rangkaian acara seminar.
  3. Pembicara yang tidak tepat waktu. Ini menjadi masalah yang paling klasik. Dimana banyak narasumber yang tidak dapat hadir dengan tepat waktu sehingga kita harus melakukan aktisipasi dengan mengisi waktu kosong selama menunggu pembicara datang. Sehingga peserta tidak akan menganggap acara tidak dipersiapkan dengan baik.
  4. Masalah teknis yang diluar prediksi kita. Masalah yang biasa terjadi dalam sebuah acara seminar adalah masalah teknis seperti laptop atau fasilitas elektronik lainnya yang pastinya akan mengganggu jalannya acara seminar.

Semua masalah di atas merupakan masalah atau gangguan yang biasa terjadi dalam acara seminar dan tugas kita adalah memastikan jika kita mampu menghadapi dan memiliki penyelesaian terhadap semua masalah tersebut dan juga mampu melakukan persiapan dan penyelesaian masalah-masalah tidak terduga lainnya. Hal tersebut juga menjadi rangkaian dari tips sukses melaksanakan seminar. Sama halnya dengan pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan jika juga harus mempersiapkan diri pada hal-hal yang mungkin terjadi di acara seminar meskipun masalah tersebut di luas prediksi kita.

Bisa menyelenggarakan acara seminar dengan sukses tentu akan menjadi kebanggan tersendiri bagi kita. Bahkan kita akan mendapatkan kepercayaan diri untuk mengadakan acara seminar kembali di kemudian hari. Namun layaknya acara besar lainnya acara seminar juga salah satu acara yang harus kita persiapkan dengan matang dan penuh pertimbangan. Kita tidak dapat memilih langkah yang sembrono dan tidak perhitungan karena bahkan terkadang meskipun persiapan yang kita lakukan telah maksimal tetap ada masalah yang mungkin  terjadi. Karena banyak pihak yang akan kita libatkan dalam acara seminar yang akan kita adakan dan juga biaya yang akan kita habiskan juga tidak sedikit maka kita harus sangat memastikan jika seminar yang akan kita adakan mampu berjalan dengan lancar dan sukses. Apalagi tenaga dan upaya yang akan kita lakukan juga sangat maksimal dan tidak jarang kita bisa menguras tenaga kita hingga titik terakhir saat merencanakan sebuah acara seminar.

www.pexels.com

Dalam rangka untuk mensukseskan acara seminar yang kita adakan maka kita harus menggunakan beberapa tips melaksanakan seminar. Karena semakin banyak tips yang kita ketahui dan semakin banyak pengetahuan tentang acara seminar yang kita miliki akan membuat kita mampu mengambil langkah yang tepat dan cerdas dalam merangkai dan melaksanakan acara seminar. Kita memang harus banyak belajar dan juga memupuk pengalaman yang lebih banyak untuk mengadakan acara seminar akan tetapi kita juga dapat meraih kesuksesan jika kita mampu memberikan upaya terbaik kita saat menyiapkan sebuah acara seminar. Untuk itu sebagai salah satu upaya kita yang terbaik kita bisa memanfaatkan beberapa tips melaksanakan seminar dengan sukses dan lancar dengan catatan kita harus memastikan jika tips yang kita pilih merupakan tips dari pihak yang dapat dipercaya dan memang telah memiliki pengalaman yang mumpuni dalam mempersiapkan acara seminar. Bukan tips yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itu sebelum memilih tips melaksanakan seminar kita harus mampu memilih mana tips yang paling tepat untuk kita gunakan dan mana tips yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *