Truk Mitsubishi Fuso Canter Hadir Dengan Fitur Unggulan

 

Nama Mitsubishi Canter memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Truk besutan Mitsubishi ini memang memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri khas tersebut adalah kabinnya berwarna kuning. Kabar gembiranya adalah, truk Mitsubishi Canter kini dibekali dengan berbagai fitur yang cukup canggih.

Mitsubishi Canter sendiri bisa dirakit untuk jenis angkutan apapun. Mulai dari boks, bak terbuka, hingga flat deck yang cocok untuk para pengusaha besar maupun semen. Tidak hanya mudah dikendarai, truk dari Mitsubishi ini juga dikenal memiliki performa yang cukup andal.

Oleh sebab itu truk ini sangat cocok dikendarai di berbagai medan. Bahkan di daerah pedalaman yang susah dijangkau. Atau di jalanan pegunungan yang memiliki medan naik turun. Tidak hanya itu saja, truk ini juga didukung dengan ketersediaan spare part yang melimpah.

Maka dari itu banyak sekali perusahaan jasa angkut barang yang memilih truk dari Mitsubishi yang ada di Freight dispatch service agency. Ditambah lagi dari segi perawatannya pun bisa dikatakan cukup mudah.

Fitur AEBS (Advanced Emergency Braking System)

Fitur AEBS ini disematkan pada model Mitsubisi Fuso Canter terbaru. Fitur ini merupakan sistem pengereman darurat lanjut yang bekerja melalui radar gelombang millimeter. Radar ini disematkan di bumper bagian depan truk.

Nantinya ketika ada kendaraan lain yang berhenti atau ada pejalan kaki yang sedang menyeberang di depan truk, fitur AEBS ini akan memberikan sinyal peringatan dengan mengerem secara otomatis. Dengan demikian, risiko terjadinya tabrakan maupun kerusakan bisa diminimalisir seminim mungkin.

Fitur ESP (Electronic Stability Program)

Fitur ESP ini juga hanya disematkan pada Fuso Canter terbaru. Fitur ESP ini merupakan program stabilitas elektronik yang mendeteksi sikap truk melalui sensor secara konstan. Lalu apa yang menarik dari fitur ini?

Fitur ESP ini nantinya akan mengendalikan tenaga pengereman atau tenaga mesin truk secara lebih optimal. Dengan adanya fitur ini, risiko tergelincir atau truk terbalik bisa dihindari.

Fitur LDWS (Lane Departure Warning System)

Fitur LDWS sendiri sebenarnya merupakan sistem peringatan keberangkatan jalur yang khusus disematkan pada Fuso Canter terbaru yang memiliki bobot di atas 7.5 ton GVW. Lalu apa fungsi dari fitur LDWS ini?

Fitur ini akan memberikan peringatan pada pengemudi truk Mitsubishi Fuso Canter melalui bel jika truk berangkat dari jalur tanpa memberikan sinyal di jalan bebas hambatan. Selain itu fitur LDWS ini juga akan menampilkan pesan pada sistem multi-informasi Ivis dalam meter supaya pengemudi truk bisa berkendara secara aman.

Fitur EPB (Electric Parking Brake)

Fitur EPB ini merupakan fitur rem parkir listrik yang disematkan pada Fuso Canter terbaru dengan bobot di atas 7.5 ton GVW. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apa fungsi fitur EPB ini?

Dengan adanya fitur EPB ini, pengemudi truk bisa mengoperasikan rem dengan kekuatan operasi ringan. Selain itu fitur ini juga membantu mempertahankan pengereman agar lebih stabil. Utamanya pada saat truk parkir di jalanan yang curam.

Fitur Peningkat Kinerja Emisi

Fitur ini terdapat pada model Fuso Canter terbaru dengan bobot di bawah 7.5 ton GVW. Fungsi dari fitur ini adalah agar truk bisa mencapai rata-rata emisi NoX dari 0.7g/KWH menjadi o.4g/KWH. Atau bisa mencapai batas atas o.9g/KWH hingga 0.7g/KWH.

Fitur ini pun secara otomatis akan memberikan perubahan para perangkat lunak mesin, injector mesin truk, pendingin EGR, hingga kipas kopling. Hal ini sejalan dengan peraturan Pemerintah tahun 2016 tentang rata-rata emisi truk.

Fitur BWI (Break Wear Indicator)

Fitur BWI ini merupakan fitur indikator kerusakan yang disematkan pada semua model Fuso Canter terbaru, kecuali FGB70 dan 4WD. Fitur ini bekerja melalui sensor yang disematkan pada bantalan rem truk.

Ketika ada satu atau lebih bantalan remnya mengalami aur, maka sensornya akan langsung menyala untuk memberitahukan ke pengemudi truk. Jika sensor sudah menyala, disarankan untuk pengemudi memeriksa kondisi bantalan rem truknya secepatnya.

Fitur Improved Implementation of DUINIC 2.0 ECO Transmission Mode

Fitur ini terdapat pada semua model Mitsubishi Fuso Canter terbaru. Sekarang mode ECO sudah diterapkan. Mode ini berfungsi sebagai pengatur pemetaan transmisi default pada saat mesin truk dihidupkan. Dengan demikian, akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien.

Itulah beberapa fitur canggih yang disematkan pada Mitsubishi Fuso Canter terbaru. Memang jika membahas truk Mitsubishi, tentunya ada yang kurang jika tidak membahas Mitsubishi Fuso. Dan jika membahas Mitsubishi Fuso, tentunya ada yang terkesan janggal jika tidak membahas Mitsubishi Fuso Canter terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *