Prospek Kerja Ahli Gizi

Ahli gizi dikenal juga dengan nama Dietition, merupakan seorang yang professional dalam medis yang mengkhususkan diri dalam dietetika. Fokus kepada gizi dan penggunaan diet khusus untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah dan mengobati penyakit. Seseorang dikatakan sebagai ahli gizi jika sudah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan akademik dalam bidang gizi dan disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Memiliki tanggung jawab dan tugas dalam pelayanan gizi, makanan dan dietetic untuk masyarakat, individu maupun untuk Rumah Sakit. Ahli gizi juga bisa berperan sebagai pemilik, konsultan dan bisa juga karyawan usaha jasa boga. Bagi anda yang tertarik dengan ahli gizi, maka harus menempuh pendidikan jurusan atau program Studi Ilmu Gizi.

Biasanya jurusan ini masuk kedalam Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekologi Manusia, hingga Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dengan belajar di jurusan ini maka akan menghasilkan lulusan yang professional dalam bidangnya. Materi di dalam ilmu gizi juga menyangkut tentang pangan, anda juga akan dikenalkan dengan zat gizi makro yang terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein. Juga ada zat gizi mikro yang terdiri dari vitamin dan mineral. Keberadaan dari ahli gizi sangat bermanfaat besar, karena manusia tidak bisa lepas dari produk makanan jadi, yang mana didalamnya terkandung nilai gizi.

pexels,com

Ruang Lingkup Ahli Gizi

Keberadaan Ilmu Gizi sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat yang semakin modern dan maju, dengan adanya orang yang ahli dalam gizi maka kita akan tahu seberapa besar tubuh kita membutuhkan gizi. Apalagi sekarang ini ada banyak makanan instan yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita, sehingga ilmu gizi sangat dibutuhkan keberadaannya. Selain terkait dengan pangan, ilmu gizi juga mempelajari tentang kebutuhan tubuh, kita akan tahu beragam macam rumus berat badan ideal, kebutuhan kalori harian, kebutuhan saat manusia dalam keadaan sakit, terkena luka bakar, saat hamil, menghitung massa indeks tubuh, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah ruang lingkup pembelajaran yang akan anda dapatkan di jurusan ilmu Gizi, Bahasa Inggris, Kimia Dasar, Pancasila, sikologi Kesehatan, manajemen dasar, Gizi Kuliner, bahasa Indonesia, Ilmu Bahan Makanan, Biokimia, Ilmu Gizi Dasar, Ilmu Kesehatan masyarakat, Dasar Komunikasi, Kepemimpinan, wawasan Kebangsaan, Gizi Daur Kehidupan, Wawasan Kebangsaan, Teknologi Pangan, Analisis Zat Gizi, Ekologi Pangan dan Gizi, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Mikrobiologi Makanan, Diagnolsa Gizi, Imunologi, Promosi Gizi, Kewirausahaan, Gizi Matra, Nutrigenomik, Managemen dan Analisis Data, Perencanaan Program Gizi, dan masih banyak lagi materi lainnya yang harus dipelajari dalam ilmu Gizi. Untuk menjadi ahli gizi, dibutuhkan kompetensi lulusan yang bagus, berikut ini adalah lulusan program studi ilmu Gizi yang ada di Universitas di Indonesia :

  • Kompetensi Utama

Mampu memodifikasi dan mengembangkan pelayanan gizi yang preventif, promotif, kuratif dan rehabilitative. Dilakukan dengan cara yang sistematis dengan bukti pada kondisi umum dan bisa beradaptasi pada sumber daya yang terbatas. Selain itu juga mampu menguasai teori dasar dari ilmu gizi, biometik, pangan, patofisiologui, dan juga kesehatan masyarakat. Seorang yang ahli dalam gizi juga harus memiliki pengetahuan mengenai pelayanan dan juga kewenangan seorang yang ahli dalam gizi pada system kesehatan nasional. Juga menguasai konsep teorituis dietetic. Kompetensi utama lainnya adalah mampu mengambil keputusan yang tepat dalam pelayanan gizi dengan menggunakan metode antrometri dan mampu menginterpretasikan hasil pemeriksaan biokimia dan klinis. Juga mampu dalam memberikan alternative jika ada masalah dalam gizi dan lingkup kerjanya. Selain itu harus bertanggung jawab dengan hasil kerja mandiri maupun berkelompok, memiliki sikap yang kritis,dan mampu berempati terhadap klien.

  • Kompetensi pendukung

Seorang yang ahli dalam ilmu gizi juga harus memiliki kompetensi pendukung yang berupa mampu mengkoordinasi penyelenggaraan makanan dalam keadaan darurat. Dan mampu mengevaluasi mutu pangan dan gizi. Kompetensi lainnya adalah mampu mengembangkan menu dari bahan local dan disesuaikan dengan standar Internasional, memiliki kemampuan dalam berbahasa asing minimal Bahasa Inggris, dan mampu menciptakan inovasi baru dalam pelayanan gizi.

pexels,com

Prospek Kerja Ilmu Gizi

Untuk mahasiswa yang belajar dalam ilmu gizi akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Ilmu Gizi atau S.Gz. Adapun kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Ilmu Gizi terbaik dengan akreditasi A antara lain Universitas Indonesia dengan jurusan Gizi, Universitas Diponegoro dengan jurusan Ilmu Gizi, Universitas Gadjah mada dengan jurusan Gizi Kesehatan, Institut Pertanian Bogor dengan nama jurusan Ilmu Gizi, dan Universitas Hasanuddin dengan nama jurusan Ilmu Gizi. Untuk S2 dengan akreditasi A antara lain Institut Pertanian Bogor adalah Ilmu Gizi, S3 dengan akreditasi A adalah Institut Pertanian Bolgor dengan jurusan Ilmu Gizi. Adapun prospek kerja masa depan yang bisa dilakukan oleh Ahli Gizi antara lain :

  • Ahli Gizi di Rumah Sakit

Setiap Rumah sakit memiliki unit atau instalasi gizi, ahli gizi memiliki fungsi untuk mengatur dan menyiapkan makanan untuk pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit tersebut. Selain memiliki tugas untuk menyediakan makanan, pihak ahli gizi juga memiliki tugas menyajikan makanan sesuai dengan nutrisi yang tepat untuk kesehatan pasien. Makanan yang disajikan adalah makanan yang sesuai dengan kondisi pasien, makanan tersebut juga harus makanan yang memiliki nutrisi yang seimbang. Sehingga peran ahli gizi di Rumah Sakit memiliki peran yang sangat penting.

  • Menjadi Pengusaha Kuliner

Untuk prospek kerja jurusan ilmu gizi lainnya adalah menjadi pengusaha kuliner. Untuk usaha kuliner yang terwujud jauh lebih spesifik dengan target pasar tertentu. Biasanya kuliner yang dilakukan bukan untuk umum, bukan untuk semua kalangan masyarakat dan hanya umur tertentu saja. Contohnya adalah usaha kuliner untuk bubur bayi atau balita yang mana memiliki peluang yang sangat besar. Karena ada banyak orang tua yang memiliki balita atau bayi tidak memiliki waktu untuk membuat makanan bayi, sehingga prospek kerja ini memiliki keuntungan yang sangat besar.

  • Menjadi Konsultasn Gizi

Prospek kerja lainnya adalah menjadi konsultan gizi, baik di klinik kesehatan maupun di pusat kebugaran. Untuk yang bekerja di pusat kebugaran biasanya focus pelayanan kepada diet, banyak orang yang datang ke pusat kebugaran untuk mendapatkan konsultasi agar memiliki tubuh yang sehat. Demi menunjang target yang diinginkan maka membutuhkan nutrisi yang baik untuk kesehatan, sehingga member yang datang ke pusat kebugaran mendapatkan tubuh sehat yang diinginkan.

pexels,com
  • Bekerja di lembaga Kesehatan Masyarakat

Banyak juga seorang yang ahli dalam bisang gizi yang bekerja di pusat Kesehatan Masyarakat, contohnya di Puskesmas yang pastinya membutuhkan ahli gizi minimal satu orang.

  • Beekerja di Institusi pemerintah seperti BPOM atau BKP

Prospek kerja lainnya adalah memiliki kesempatan besar untuk bisa bekerja di BPOM atau badan Pengawasan Obat dan Makanan dan BKP atau Badan Ketahanan Panganan yang pastinya membutuhkan ahli gizi. Untuk bisa bekerja di Instansi Pemerintah seseorang harus tahu tentang bahan makanan dan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

  • Bekerja di Perusahaan Industri Makanan dan juga Minuman

Selanjutnya prospek kerja yang bisa dipilih oleh seseorang yang ahli dalam ilmu gizi adalah menjadi ahli gizi yang bekerja di perusahaan makanan dan minuman. Ada banyak Perusahaan makanan dan minuman yang ada di Indonesia yang membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang gizi. Biasanya mereka menjabatsebagai quality control.

  • Bekerja di Restoran, Hotel dan juga Rumah Makan

Prospek kerja selanjutnya adalah bekerja di restoran, rumah makan dan juga hotel. Sehingga bagi anda yang tertarik dengan dunia restoran dan hotel bisa memilih ilmu gizi sebagai jurusan favorit anda. Tugas ahli gizi di tempat ini adalah menjaga makanan dan membuatnya agar tetap sehat saat di santap oleh konsumen, mereka juga bisa menjabat sebagai quality control.

  • Menjadi Leader dan Manager

Seorang ahli gizi juga sudah terlatih dalam hal memimpin dan bertanggung jawab terhadap program yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan atau perusahaan makanan. Sehingga keberadaan seorang ahli dalam gizi bisa dijadikan sebagai leader dan manager.

pexels,com
  • Menjadi Enterpreneur

Lulusan dalam ilmu gizi juga mampu mengembangkan segala bentuk ilmu dan juga pengetahuan untuk membuat suatu produk tertentu, seperti khusus diet. Bisa juga membuka usaha seperti catering khusus diet menyediakan beragam menu khusus untuk diet, sehingga diet tidak dilakukan asal-asalan, tetapi diet dilakukan tanpa harus meninggalkan nutrisi yang wajib ada di dalam tubuh. Bisa juga membuka catering khusus untuk orang penyakit tertentu, diolah sedemikian rupa agar aman untuk dikonsumsi.

  • Prospek untuk menjadi Dosen

Menjadi guru atau dosen adalah profesi yang sangat menarik dan diimpikan oleh banyak orang. Tetapi untuk menjadi seorang dosen anda perlu belajar yang rajin, memiliki nilai IPK yang bagus. dan pastinya anda juga harus melanjutkan kuliah kejenjang lebih tinggi seperti S2 dan S3. Selain itu anda juga harus mencari info seputar lowongan kerja dosen, baik dosen untuk perguruan tinggi negeri maupun dosen untuk perguruan tinggin swasta.

  • Educator

Bidang ini juga bisa dilakukan oleh seorang yang ahli dalam bidang gizi, educator sendiri adalah pemberi informasi terkait dengan gizi berdasarkan dengan hasil penelitian terbaru.

  • Researcher

Seorang yang ahli dalam bidang gizi juga bisa menjadi peneliti atau yang dikenal dengan nama Researcher yang melakukan penelitian terhadap suatu produk bahan makanan dan minuman.

  • Problem Solver

Seseorang yang paham dengan illmu gizi juga memiliki prospek masa depan sebagai Ploblem Solver yang berkaitan dengan masalah gizi yang sering sekali terjadi di daerah-daerah Indonesia.

Prospek masa depan Ahli Gizi sangat banyak sekali, untuk anda yang saat ini ingin masuk jurusan Gizi tidak perlu khawatir lagi. Masa depan anda cerah dan yang paling penting anda harus berusaha terbaik untuk meraih apa yang anda impikan. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dalam ilmu gizi untuk kehidupan kita, di antaranya adalah kita akan mengetahui kandungan zat yang ada di dalam makanan yang kita konsumsi. Sehingga kita akan tahu makanan apa yang baik dikonsumsi dan makanan mana yang buruk untuk dikonsumsi. Untuk info lebih jelasnya anda bisa datang ke ini bagus, ada banyak info bermanfaat yang bisa anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *