Kiat Memilih Tas Olahraga/Barrel Bag

Olahraga merupakan salah satu kegiatan rutin yang setidaknya harus dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk menjaga kebugaran tubuh. Dan terkadang ketika berolahraga membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpan barang-barang bawaan seperti handuk, baju ganti, tempat minum dan barang-barang lainnya. Karena itulah kalau anda termasuk orang yang rutin berolahraga, misalnya saja berolahraga ke gym maka sebaiknya anda memiliki satu buah tas olahraga atau yang dikenal juga dengan nama barrel bag. Saat ini sudah cukup banyak jenis tas olahraga yang bisa anda temukan di toko-toko peralatan olahraga, mulai dari model sling bag hingga tas jinjing. Tas seperti ini tidak hanya memudahkan ketika berolahraga saja, namun juga bisa menjadi penunjang penampilan agar terlihat menarik di depan orang lain.

Jenis Tas Untuk Olahraga

Begitu banyak ragam tas olahraga, dulu orang-orang awam hanya mengenal tas olahraga satu jenis saja yaitu barrel bag, namun seiring perkembangan jaman pilihannya menjadi lebih banyak lagi. Berikut adalah jenis-jenis tas untuk berolahraga:

pxhere.com
  • Gym bag

Sesuai dengan namanya, pasti anda sudah bisa langsung menebak bahwa tas jenis ini digunakan untuk menyimpan berbagai barang-barang anda ketika akan pergi ke gym. Tas ini memiliki ruang yang besar sehingga dapat menampung berbagai kebutuhan anda, mulai dari handuk, tempat minum, baju ganti dan lain sebagainya.

  • Yoga tote bag

Tas ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat membawa yoga mat, dengan begitu anda bisa membawa peralatan khusus yoga kemana-mana dengan lebih mudah. Jadi kalau anda sering mengikuti kelas yoga, anda bisa menggunakan tas khusus ini untuk memudahkan anda.

  • Barrel bag

Walaupun orang-orang terutama orang awam tahunya tas olahraga adalah jenis tas yang satu ini dengan bentuk yang khas yaitu bentuk tas yang seperti tabung, sebenarnya tas ini dikhususkan untuk orang-orang yang sering membawa bola untuk berolahraga, sebut saja bola basket, sepak bola hingga bola volley. Banyak orang yang menggunakan tas ini walaupun tidak berolahraga yang berhubungan dengan bola karena tas ini memiliki ruang yang besar untuk menyimpan berbagai barang.

  • Tas sepatu

Sesuai dengan namanya, tas ini didesain khusus untuk menyimpan sepatu. Tujuannya adalah agar sepatu tidak mengotori tas anda karena sepatu anda akan disimpan dalam tempat khusus. Tas ini biasanya ukurannya kecil, pas dengan bentuk sepatu secara umum.

pxhere.com

Tips Memilih Tas Olahraga

Mungkin anda sudah menggeluti salah satu jenis olahraga dan anda sudah tahu jenis tas olahraga apa yang sebaiknya anda beli. Akan tetapi setiap jenis tas olahraga juga memiliki besar, warna dan juga bentuk yang berbeda-beda. Agar anda bisa memakai tas olahraga tersebut dengan nyaman dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, anda harus teliti dalam memilih tas olahraga yang tepat. Berikut adalah tips-tipsnya:

  • Bentuk tubuh

Kalau anda memiliki tubuh yang mungil, tentu rasanya kurang tepat apabila anda membeli tas yang ukurannya sangat besar hingga menutupi tubuh anda ketika digunakan. Jika menggunakan tas yang tidak sesuai ukuran, hal tersebut hanya akan menyulitkan anda untuk membawa tas tersebut. Intinya adalah hindari pemakaian tas olahraga yang terlalu kecil atau terlalu besar, sesuaikan dengan bentuk tubuh masing-masing.

  • Jenis olahraga

Seperti yang disinggung di atas, akan lebih mudah bila menggunakan tas yang telah didesain khusus sesuai dengan bidang olahraga yang dilakukan. Karena biasanya tas-tas seperti itu sudah mempertimbangkan kira-kira barang-barang apa saja yang akan dibawa oleh pengguna. Selain itu tas khusus olahraga juga sudah tahan air, anti jamur dan memiliki bahan yang lembut.

pxhere.com
  • Bahan tas

Jangan pernah meremehkan bahan tas, karena bahan tas merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah tas olahraga tersebut awet atau tidak. Tas yang awet adalah tas yang menggunakan bahan polyester ringan. Selain itu, polyester juga ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Apalagi tas dengan bahan polyester lebih mudah dirawat, anda cukup membersihkannya secara berkala dengan menggunakan kain. Dari segi penyimpanannya juga gampang, karena tas ini bisa anda lipat menjadi lebih kecil dan karenanya menjadi tidak memakan banyak tempat.

  • Jahitan tas

Selalu perhatikan setiap jahitan tas agar anda tidak mendapatkan produk yang cacat pabrik. Dengan jahitan yang rapi, tidak ada benang yang keluar-keluar tandanya tas kuat dan tidak akan cepat rusak. Selain itu cobalah untuk membuka dan menutup resleting tas, resleting yang bagus bisa dibuka dan ditutup dengan baik alias tidak terlalu gampang dibuka namun resleting juga tidak terlalu sulit untuk dibuka.

  • Budget

Berbeda dengan jenis tas lainnya, misal tas punggung, harga tas olahraga cenderung lebih mahal karena memiliki fungsi khusus. Tas yang original brand tertentu harganya bisa mencapai jutaan, namun kalau anda lebih mementingkan fungsi daripada gengsi, rasanya tidak perlu membeli tas seharga jutaan rupiah. Yang penting adalah membeli tas olahraga sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai belinya tas seminar padahal butuhnya adalah tas olahraga, dan belilah tas yang original alias bukan palsu untuk mencegah tas cepat rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *