Tata Cara  Belanja Online yang benar Beserta Trik Melakukannya yang Aman

Keberadaan toko online saat ini sudah sangatlah menjamur karena memang masyarakat lebih suka berbelanja online daripada secara offline. Pasalnya belanja online ini menyebabkan belanja menjadi lebih cepat, efisien dan praktis tanpa harus datang langsung ke tokonya. Namun dalam melakukan kegiatan berbelanja online ini masih banyak orang yang tidak tau bagaimana tata caranya sehingga kebingungan, terutama para pemula dalam kegiatan ini. Padahal tata cara dalam berbelanja online ini sangatlah mudah dan pasti semua orang bisa melakukannya. Maka dari itulah Anda harus mengetahui bagaimana tata cara tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana trik melakukan berbelanja online ini secara aman karena kenyatannya banyak orang yang tertipu saat melakukannya.

Tata Cara Belanja Online

Seperti yang telah disampaikan, bahwa belanja online ini tata caranya sangatlah mudah dan tidaklah berbelit. Hanya ada lima tata cara yang yang harus Anda ketahui dan simak dengan baik. Kelima tata cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pembeli Melihat dan Memilih Produk

Langkah pertama dalam tata cara berbelanja online ini adalah Anda sebagai pembeli melihat dan memilih langsung produk yang yang hendak dibeli. Tentunya langkah ini dilakukan lewat situs atau website resmi toko online yang dipilih. Silahkan pilih secara tepat dan selektif agar mendapatkan barang yang terbaik dan memang dibutuhkan. Dampaknya adalah Anda tidak akan menyesal sudah membeli produk pada  toko online yang dipilih.

pexels,com
  1. Menghubungi Penjual

Ketika Anda sudah menentukan pilihan produk yang hendak dibeli, silahkan hubungi si penjual pada toko online. Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu untuk meyakinkan belanja online pada produk tersebut. Namun apabila sudah yakin, Anda bisa langsung mengkonfimasi pembelian. Dengan begitu penjual akan langsung memproses pembelian Anda.

  1. Mentransfer Uang atau COD

Setelah penjual memproses pembelian, Anda akan diminta mentrasfer sejumlah uang sesuai dengan harga barang yang dibeli.  Dalam tahapan transfer ini, akan ada jangka waktu tertentu yang memang ditentukan. Anda harus menaati jangka waktu transfer agar pembelian tidak hangus. Silahkan kirim bukti transfer kepada penjual di toko online ini agar pembayaran bisa dikonfimasi segera. Perlu diketahui bahwa pada tahapan ini tidak berlaku ketika penjual dan pembeli bersepakat untuk melakukan pembayaran COD alias  cash on delivery. Hal ini dikarenakan pembeli akan membayar produk saat bertemu dengan penjual sekaligus memberikan produk tersebut.  Disini pembeli bisa mengecek produk terlebih dahulu.

  1. Konfimasi Pembayaran

Tunggulah beberapa saat sampai penjual mengkonfimasi pembayaran yang telah dilakukan dengan bukti transfer yang Anda kirimkan. Setelah pembayaran dikonfimasi maka penjual akan menginfokan mengenai pengiriman produk.

  1. Pembeli Mengkonfirmasi Barang Telah Sampai

Sebagai pembeli, ketika barang yang dibelanjakan secara online telah sampai, maka segeralah konfimasi kedatangannya. Disini Anda bisa langsung memberikan review ataupun testimoni mengenai produk hingga pelayanan yang toko online tempat berbelanja online berikan.

pexels,com

Trik Berbelanja Online yang Aman

Selain harus mengetahui tata cara belanja online, Anda harus mengetahui pula mengenai trik melakukannya yang aman. Pasalnya trik ini akan menjamin keuntungan dan menjauhkan dari penipuan. Trik tersebut juga sangatlah berguna dan banyak dicari karena dibutuhkan masyarakat seperti info cara membuka situs yang diblokir.  Berikut adalah trik berbelanja online yang aman;

  1. Meriset Situs Toko Tempat Berbelanja

Saat Anda membeli produk pada toko online yang kurang terkenal, silahkan riset terlebih dahulu situs toko tersebut. Anda harus mampu memastikan bahwa toko tersebut adalah toko terpercaya yang akan memberikan produk terbaik dan berkualitas.  Pastikan pula bahwa pelayanan dalam berbelanja online di toko tersebut memuaskan. Yang perlu Anda lakukan untuk meriset toko online  ini adalah memeriksa testimoni para pelanggan sebelumnya hingga mengecek infomasi penjual terutama soal nomer telepon.

  1. Tidak Boleh Mudah Tergiur dengan Produk yang Murah

Secara naluriah, orang akan mudah sekali tergiur dengan produk yang dijual murah. Hal ini haruslah dihindari karena membuat kerugian bagi Anda. Pasalnya orang akan cenderung tidak memperhitungkan kegiatan berbelanja online dengan baik karena sudah terigur dengan produk yang murah.  Maka dari itulah Anda harus terlebih dahulu mencari info mengenai produk murah ini sehingga benar-benar bisa memutuskan apakah produk tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

pexels,com
  1. Meyimpan Bukti Transfer

Jangan pernah membuang bukti transfer terutama sampai produk yang dibeli sudah sampai. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga dan merugikan Anda. Selain bukti transfer, Anda juga harus menyimpan infomasi mengenai kuitansi digital, salinan email hingga deskripsi produk beserta harganya.

  1. Matikan Perangkat Setelah Bertansaksi

Setelah Anda melakukan transaksi saat berbelanja online, silahkan langsung matikan perangkat seperti PC ataupun handphone. Hal ini untuk menghindari adanya pihak tidak bertanggung jawab yang mengrimkan malwere untuk melakukan berbagai transaksi yang tidak seharusnya.

Silahkan Anda perhatikan dengan baik seluruh info mengenai tata cara melakukan belanja online beserta trik amannya ini. Sesudah Anda perhatikan pastinya akan lebih mudah untuk segera melakukannya. Dijamin keberhasilan dan keamanan dalam berbelanja online akan didapatkan berkat semua infomasi tersebut.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *