Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Anda

Apakah Anda merupakan seseorang yang ingin menjadi pebisnis muda namun masih belum memiliki modal yang cukup? Anda jangan khawatir. Sekarang ini telah banyak cara yang dapat Anda usahakan untuk dapat memiliki modal usaha dengan cara yang mudah. Namun Anda tentu harus memiliki rancangan yang matang untuk mendapatkan modal tersebut.

Pilihan untuk Mendapat Modal Usaha

Tentunya sayang sekali apabila rencana bisnis Anda menjadi gagal hanya karena tidak memiliki modal yang cukup. Berikut ini merupakan beberapa pilihan yang dapat Anda ambil untuk dapat memiliki modal yang cukup bagi usaha Anda. Bahkan Anda tidak perlu secara langsung meminjam pada bank yang biasanya memiliki persyaratan rumit dan belum Anda miliki.

  1. Tabungan Pribadi.

Hal ini tentu saja dapat menjadi alternatif utama bagi Anda. Apabila Anda sebelumnya merupakan seorang pekerja, maka sisihkan gaji Anda untuk dapat memulai usaha baru secara independen. Setiap bulannya, tabungan Anda akan terkumpul dan dapat menjadi bekal yang bagus untuk kemajuan usaha Anda.

www.pexels.com

Sebagai contoh yang paling kecil. Apabila Anda dapat mengumpulkan sekitar Rp.2.000,00 saja per harinya, maka dalam waktu 10 bulan uang yang terkumpul dapat Anda gunakan untuk membuat bisnis yang baru. Anda tidak harus keluar dari pekerjaan Anda, karena bisnis tersebut dapat Anda gunakan sebagai bisnis sampingan saja.

  1. Aset dan Barang Berharga.

Modal usaha dapat berasal dari aset dan barang berharga yang Anda miliki. Lihat sekeliling Anda, dan coba perhatikan apakah ada barang yang sudah tidak terpakai dan dapat Anda tukar dengan uang tunai untuk membuka usaha yang baru.

www.pexels.com

Beberapa barang yang mungkin dapat Anda pertimbangkan seperti gadget, tas, dan tentunya perhiasan yang mungkin saja Anda simpan untuk saat yang mendesak. Anda dapat menjual aset tersebut untuk membuka sebuah usaha baru. Namun hal yang harus Anda perhatikan adalah ketika Anda sudah menjual semua aset, maka perhitungan keuangan untuk bisnis Anda, harus Anda jaga dengan baik.

Tidak semua orang rela melihat barang yang sudah dijaga sejak lama dijual begitu saja. Apalagi jika perhiasan tersebut merupakan pemberian dari seseorang yang berharga. Namun Anda tidak perlu putus asa, karena modal usaha dapat Anda miliki dengan menggadaikan barang tersebut.

 

Beberapa orang yang membutuhkan modal usaha, namun enggan menjual asetnya biasanya datang menuju pegadaian yang sudah terpercaya untuk nantinya ditebus kembali ketika usaha telah dijalankan dan sukses. Anda dapat menggunakan cara ini agar aset dan barang berharga Anda tidak perlu dijual dan meninggalkan bekas luka yang mendalam.

www.pexels.com

Namun kelemahan dari sebuah pegadaian adalah tidak semua benda dapat Anda letakkan di pegadaian. Tim dari pegadaian akan melihat barang Anda, dan menentukan lolos atau tidaknya pinjaman Anda untuk modal usaha. Harap diperhatikan, bahwa bunga yang diberikan oleh pegadaian memiliki bunga yang kecil. Tentunya Anda akan lebih mudah melakukan pelunasan dibandingkan melakukan peminjaman di tempat dengan bunga yang besar.

  1. Situs modal.

Internet ternyata dapat menjadi jawaban bagi Anda yang tengah mencari modal tanpa harus datang ke bank. Anda hanya membutuhkan laptop atau PC serta jaringan internet yang dapat terhubung dengan aktif. Biasanya ada beberapa pilihan agen atau situs peminjaman modal yang tentu harus Anda pilah dan pilih mana yang paling dapat Anda gunakan.

 

Jangan asal memilih aplikasi atau situs yang tidak terjamin keamanannya. Anda harus cerdas dengan melihat review terlebih dahulu dari beberapa orang yang berpengalaman dalam bidang bisnis menggunakan modal usaha melalui online. Apabila review yang diberikan positif, maka tidak ada salahnya Anda mencoba untuk melakukan registrasi dan melangkah ke step lebih jauh.

 

Hal yang harus Anda perhatikan pula apabila mencari modal di internet adalah jangan sampai memberikan identitas yang lengkap apabila dirasa sistem atau situs yang Anda kunjungi memiliki masalah. Anda harus berhati-hati memberikan informasi pribadi Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan akhirnya akan menjadi masalah untuk usaha Anda.

  1. Pinjaman orang terdekat.

Cara ini biasanya digunakan untuk orang yang memang memiliki banyak relasi orang besar dan berada dalam satu perkumpulan. Orang terdekat biasanya dapat menjadi support system terbaik dalam pembangunan usaha Anda. Tidak ada salahnya Anda mulai memberikan rencana bisnis Anda kepada teman terdekat dan mungkin saja bantuan akan datang bahkan sebelum Anda memintanya.

www.pexels.com

Namun pastikan ketika Anda memberikan rencana meminjam dana sebagai modal usaha, pastikan bahwa bisnis Anda memang dapat menjadi bisnis yang berkembang dengan baik dan tidak akan mengecewakan bantuan dari orang terdekat tersebut. Selain itu hal yang paling penting adalah jangan lupa mengembalikan pinjaman Anda apabila usaha dan modal telah kembali kepada Anda.

Biasanya untuk peminjaman yang satu ini, dilakukan oleh para pebisnis kelas besar yang membutuhkan dana puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Tidak mudah tentunya mendapatkan investor untuk sebuah bisnis yang baru akan dirintis. Namun tentu saja demi mendapatkan modal usaha, Anda jangan menjadi pribadi yang pantang menyerah.

 

Anda dapat memulai pencarian investor dengan menghadiri seminar di beberapa tempat yang memiliki tema tentang modal usaha. Secara tidak langsung biasanya banyak investor yang akan hadir dan apabila Anda mengambil kesempatan dengan baik, maka Anda dapat menarik investor setelah menjelaskan bisnis yang akan Anda rintis di depan audience.

Bagaimana? Apakah Anda masih berfikir bahwa mencari modal adalah usaha yang sulit? Anda hanya membutuhkan ketekunan dan tentunya usaha yang ekstra dengan mengambil celah di waktu yang tepat. Tentunya sebelum Anda melakukan usaha pencarian modal, pastikan bahwa bisnis yang akan Anda tekuni sudah memiliki konsep bahkan SOP yang matang. Pemberi modal tidak akan memberikan bantuan secara cuma-cuma. Biasanya, konsep bisnis yang bagus akan menentukan diberikan atau tidaknya modal kepada Anda.

Hal-hal yang kecil seperti jenis produk yang akan Anda jual, Standing Pouch yang Anda pilih untuk bisnis kuliner yang sudah Anda rancang, bahkan varian rasa produk juga termasuk hal kecil yang harus Anda jelaskan kepada pemberi modal bahkan investor. Pastikan usaha Anda memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pebisnis lain, dan Anda tentunya harus memiliki rancangan promosi untuk semakin meyakinkan bahwa Anda tidak main-main dalam bisnis tersebut.

Mudah sekali sebenarnya untuk mendapatkan modal usaha apabila Anda memiliki kesungguhan hati dan rancangan yang mantap. Jangan menyerah apabila Anda gagal dalam pencarian modal yang pertama, karena masih banyak jalan terbuka yang pastinya akan membantu Anda yang bersabar dan memiliki niat untuk maju dalam usaha tersebut. Temukan konsep bisnis Anda terlebih dahulu secara lengkap dan lanjutkan pencarian modal dengan kesiapan yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *