Berkenalan Dengan Berbagai Macam Ikan Koi

 

Ikan karper Cyprinus carpio atau yang lebih dikenal sebagai ikan koi adalah ikan yang banyak dipeliharan oleh masyarakat Indonesia karena ikan ini begitu indah. Dikatakan bahwa bibit ikan koi berasal dari Tiongkok bukan dari Jepang, namun setelah dari Tiongkok bibit ikan tersebut menyebar ke Jepang. Ikan koi menjadi salah satu ikan dengan usia yang panjang, bahkan di Jepang sendiri usia ikan koi bisa mencapai 200 tahun.

Ikan ini banyak dipelihara bukan sekedar karena tampilannya yang cantik, namun ikan koi dipercaya membawa keberuntungan (dalam aturan Feng Shui) karena ikan koi melambangkan nasib baik, hubungan bahagia dan juga kekayaan. Selain itu ikan koi juga mudah dipelihara sehingga tidak heran apabila ikan koi menjadi salah satu ikan hias favorit masyarakat Indonesia.

Jenis Ikan Koi

Walaupun hampir semua jenis ikan koi memiliki harga yang cukup mahal, namun kalau anda percaya dengan Feng Shui, tidak ada salahnya memelihara salah satu jenis ikan koi di bawah ini:

  • Kohaku

Ikan jenis kohaku memiliki warna dasar putih dengan corak merah yang besar di bagian atas tubuh. Ada beberapa jenis ikan kohaku berdasarkan bentuk corak merah tersebut, jenis pertama adalah maruten dengan corak bundar di kepala dan punggung, kedua adalah nidan dengan dua corak di sepanjang punggung serta terakhir inazuma yang memiliki corak di sepanjang punggung dan bercak berbentuk petir.

  • Sanke

Warna dasar ikan koi sanke sama seperti kohaku, yaitu warna putih namun ikan koi sanke memiliki kombinasi pola warna merah dan juga hitam. Ikan koi sanke yang berkualitas memiliki corak yang hampir sama dengan ikan kohaku namun dengan tambahan warna hitam.

  • Showa

Diantara jenis ikan koi lainnya, jenis showa adalah jenis yang terbaik. Walaupun sekilas mirip dengan koi sanke, namun ikan koi showa memiliki warna dasar hitam dengan corak berwarna putih dan juga merah. Ikan koi showa yang bernilai tinggi adalah ikan koi showa yang memiliki corak seperti petir ataupun bunga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *