Menikmati Keindahan Gunung Merapi Dari Bukit Klangon

Gunung Merapi menjadi salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini yang berada di DIY. Walaupun masih aktif namun banyak wisatawan yang tertarik untuk datang atau mendaki Gunung Merapi. Namun jika anda hanya ingin menikmati keindahan Gunung Merapi ini dari kejauhan maka anda bisa mencoba menikmatinya melalui atas bukit klangon. Bukit ini memang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena dari atas bukit anda bisa menikmati keindahan dari gunung berapi. Walaupun dari kejauhan namun anda bisa melihat dengan sangat jelas keindahan gunung tersebut.

Ketika anda berada di atas bukit ini maka anda bisa menikmati keindahan pemandangan dari sebuah gardu pandang yang berada di paling atas. Dari sana anda bisa menikmati Gunung Merapi dengan sangat jelas.  Ketika anda datang ke bukit ini pada pagi hari maka anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah. Selain menampilkan keindahan, ketika anda datang pagi hari maka anda bisa menikmati udaranya yang sejuk dengan adanya kabut yang masih tebal. Bukit ini menawarkan kenyamanan bagi para pengunjungnya, pasalnya di atas bukit anda bisa minum the atau minum kopi sehingga membuat anda semakin nyaman dan enggan untuk meninggalkan tempat tersebut.

unsplash.com

Sebagai Bentuk Perjuangan Sebelum Kemerdekaan

Tidak banyak yang tahu mengenai sejarah dari bukit klangon. Keunikan yang bisa anda temukan di tempat ini adalah adanya keindahan dari Gunung Merapi dan juga adanya bendera merah putih yang menjadi kebanggaan Indonesia. Bukit ini menjadi salah satu saksi bisu yang mana memperlihatkan perjuangan rakyat Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan yang mana pada saat ini telah dapat digenggam dengan kuat. Setiap kali akan memperingati hari kemerdekaan tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang selalu mengibarkan bendera merah putih dan selalu menunjukan partisipastinya menyambut kemerdekaan.

Pertempuran yang dimaksud di sini adalah perjuangan rakyat Indonesia ketika melawan penjajah Belanda. Menjadi salah satu tempat yang menyimpan saksi bisu kemerdekaan membuat banyak orang yang datang dan mendaki gunung tersebut untuk dapat mengibarkan bendera di atas gunung. Banyak pendaki yang mendirikan tenda dan menikmati keindahan di atas Gunung Merapi. Jika anda ingin camping anda juga bisa melakukannya di atas bukit ini, ada banyak wisatawan yang mendirikan tenda di wisata ini agar tidak ketinggalan keindahan di pagi hari.

unsplash.com

Pesona Bukit Kelagon dan Berbagai Informasi Terkait

Jika anda tertarik untuk datang ke wisata ini maka anda bisa mengakses informasi paket tour Jogja sehingga akan mempermudah anda dalam menemukan berbagai hal mengenai wisata di Jogja. Wisata bukit klangon memang sudah diakui sebagai salah satu wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan khususnya yang sangat menyukai keindahan pegunungan. Bukit ini pertama kali dibuka setelah terjadinya erupsi Gunung Merapi, mulai dari situ bukit ini mulai dikelola oleh penduduk sekitar untuk menjadi sebuah tempat wisata hingga sekarang masih mempunyai banyak peminat. Berikut ini ada beberapa informasi terkait bukit tersebut :

  1. Lokasi

Jika anda tertarik dan ingin datang ke wisata ini maka anda bisa menemukannya di wilayah Sleman. Jika anda berada di titik 0 KM Jogja anda harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai di lokasi ini. Jadi anda perlu mengatur waktu yang tepat sehingga bisa sampai di lokasi sesuai dengan target anda.

  1. Harga Tiket

Bagi anda yang memang benar – benar ingin berlibur di tempat ini nampaknya ada kabar gembira yakni anda tidak akan dikenakan tarif untuk masuk wisata ini, namun anda akan dikenakan tarif kendaraan untuk roda dua 2000 rupiah dan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif 5000 rupiah.

  1. Fasilitas

Sama halnya dengan tempat wisata pada umumnya, jika anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan menemukan beberapa fasilitas umum seperti adanya toilet, tempat parkir, mushola, spot foto, gazebo, dan tempat penjual makanan.

unsplash.com
  1. Rute

Ada banyak rute yang bisa anda gunakan untuk bisa mencapai lokasi. Bahkan akses yang akan anda tempuh menuju tempat wisata terbilang mudah untuk diakses sehingga anda bisa menggunakan kendaraan anda pribadi.

Itulah beberapa hal terkait dengan wisata klagon yang belakangan ini memang mulai banyak dikenal oleh orang baik lokal maupun luar kota. Dimusim liburan tempat ini mendapat kunjungan dengan jumlah yang cukup luar biasa, banyak wisatawan yang lebih tertarik untuk datang pagi hari dimana udara masih sangat sejuk, pemandangan masih sangat asri dan banyak kabutnya. Jika anda datang terlalu siang maka anda akan merasa panas di atas bukit.

Ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh bukit ini yang mampu membuat orang betah berada di atas bukit ini. Selain itu masih ada banyak keunikan dan keindahan yang ada di tempat wisata ini. Bahkan kabarnya tempat ini terus mengalami perkembangan hingga mampu menyediakan tempat wisata yang baik untuk para pengunjungnya. Semoga ulasan ini mampu membuat anda lebih paham mengenai salah satu wisata yang ada di DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *