Beberapa Jenis-Jenis Dokter Onkologi

Onkologi merupakan sebuah cabang ilmu kedokteran yang khusus dalam diagnosis dan pengobatan penyakit kanker. Onco memiliki arti tumor, logy artinya ilmu. Jadi dokter yang mendalami ilmu onkologi maka disebut onkolog. Ada beberapa dokter yang mampu mengobati semua jensi kanker, namun ada juga yang mengkhususkan diri untuk menangani satu jenis kanker.

Para ahli onkologi memiliki tanggung jawab untuk mendiagnosis penyakit kanker, menentukan rencana pengobatan yang tepat, serta mengatur jalannya pengobatan. Selain itu ada tindakan pencegahan agar tidak kanker yang diobati kambuh lagi.

Jenis-jenis dokter spesialis onkologi

Saat ini akan dijelaskan mengenai informasi tentang dokter spesialis kanker. Secara klinik, dokter yang menangani penyakit kanker ini sudah terbagi dalam beberapa kategori, yaitu :

  1. Onkologi medis

Seseorang yang ahli dalam menangani kanker dengan kemoterapi, imunoterapi, terapi target dan perawatan lainnya. Bagi sekian banyak pasien, onkologi medis ini bertindak sebagai dokter utama yang menangani selama pengobatan penyakit kanker.

pxhere.com
  1. Onkologi radiasi

Seorang dokter yang menangani penyakit kanker dengan menggunakan metode radiasi. Dokter Onkologi ini memiliki tanggung jawab untuk menentukan dosis terapi dengan yang dibutuhkan oleh pasien dan memetakan bagian tubuh pasien akan mendapatkan paparan radiasi.

  1. Onkologi bedah

Dokter spesialis onkolog bedah ini memiliki tanggung jawab untuk menangani kanker dengan prosedur bedah. Hal ini dalam prosedur pengangkatan biopsy dan jaringan tumor.

  1. Onkologi genekologi

Dokter genekologi ini bertugas untk menangani penyakit kanker yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita seperti vagina, ovarium dan rahim.

  1. Onkologi anak

Dokter spesialis onkologi anak ini bertugas untuk penanganan kanker yang terjadi pada anak-anak dari usia bayi hingga usia 18 tahun.

  1. Onkologi hematologi

Dokter hematologi ini memiliki tanggung jawab untuk pengobatan kanker yang berkaitan dengan darah seperti lomfoma, leukemia, dan myeloma.

pxhere.com

Bagaimana cara kanker didiagnosi dengan tepat ?

Seorang pasien yang menderita penyakit kanker membutuhkan sebuah penanganan dan perawatan yang tepat demi kelangsungan hidupnya. Maka dari itu, pemilihan seorang ahli inkolog yang tepat menjadi kunci utama untuk mendiagnosis dan memberikan sebuah penanganan yang yang dibutuhkan oleh pasien.

Kita ketahui bersama kalau menghadapi penyakit kanker ini, waktu sangat berperan penting. Kapan diagnosis dilakukan akan menentukan jenis penanganan yang dapat dilakukan. Semakin cepat diagnosis dilakukan maka semakin tinggi peluang untuk berhasil sembuh.

Langkah awal silahkan minta rekomendasi dokter spesialis kepada dokter yang telah memberikan diagnosis kanker anda untuk pertama kalinya. Dari sekian banyak kasus, doter tersebut akan menyarankan penanganan penyakit kanker ini dari dokter lain.

Ketika diagnosi dokter belum final namun ada kemungkinan terjadi kanker maka silahkan meminta dokter untuk memberikan nama-nama dokter untuk mendapatkan informasi kedua. Ada hal yang utama yaitu tepat dalam memilih rumah sakit. Silahkan memilih rumah sakit yang terdapat pelayanan kesehatan onkologi. Rumah sakit tersebut biasanya siap menangani berbagai penyakit kanker dengan tepat, karena sudah didukung dengan sarana pemeriksaan dan penanganan yang baik.

Walau bidang kesehatan onkologi ini masih lumayan asing di telingan masyarakat awam, namun bidang ini sebenarnya sudah lama dalam menangani penyakit kanker. Maka mintalah saran dari dokter anda demi menemukan Dokter Onkologi dan rumah sakit yang tepat untuk menangani kondisi anda.

pxhere.com

Tips memilih dokter spesialis onkologi yang tepat

Kini banyak orang yang masih bingung dan bertanya tentang bagaimana cara memilih dokter ahli menangani kanker yang tepat. Pada dasarnya terdapat banyak faktor yang jadi pertimbangan sebelum memilih dokter spesialis kanker. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk memilih dokter spesialis kanker yang harus anda ketahui:

 

  1. Mengumpulkan informasi mengenai dokter spesialis yang akan dipilih

Apabila anda sudah menumukan beberapa dokter sebagai kadidat maka silahkan menentukan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi dari pasien sebelumnya. Selain itu anda juga dapat bertanya kepada keluarga, teman, yang pernah berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Biasanya saran pemilihan dokter yang informasinya dari mulut ke mulut jauh lebih baik hasilnya daripada memilih sendiri. hal yang paling penting yaitu melihat rekam jejak kasus yang ditangani oleh dokter tersebut.

  1. Sesuai dengan kepuasan anda

Memilih dokter spesialis sama halnya dengan memilih jodoh. Pemilihan karakter dokter yang sesuai dengan karakter anda. Misalnya anda tidak puas dengan jawaban dokter yang singkat, maka pilihlah dokter yang mampu menjelaskan dengan baik.

  1. Kenyamanan dan kemudahan saat konsultasi

Sangat penting untuk mencari dokter spesialis yang sudah terkenal berhasil dalam menangani penyakit kanker. Selain itu anda juga harus melihat dokter tersebut sulit dihubungi atau tidak. pilihlah dokter yang bersedia dihubungi setiap saat dnegan kontak pribadi dan untuk berjaga-jaga ketika terjadi sesuatu yang darurat.

pxhere.com

Demikianlah pembahasan tentang dokter spesialis penyakit kanker. Ketika bagi anda suka di bidang kesehatan dan memiliki ketertarikan ingin menjadi seorang dokter spesialis kanker yang professional maka anda tidak perlu merasa ragu dan bingung lagi. Saat ini sudah banyak dibuka bimbel kedokteran yang ditawarkan oleh lembaga bimbel di Indonesia. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua terutama para pasien dalam memilih dokter yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *