Mengenal 10 Jenis Kucing yang Paling Populer di Dunia

anda salah satu pecinta hewan kucing maka anda sejatinya sudah tahu kalau kucing merupakan hewan peliharaan yang paling indah. Banyak sekali jenis kucing yang sudah mulai hidup berdampingan dengan manusia. Kini kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling disukai di dunia.

Hewan kucing ini memang sangat menggemaskan dan menyenangkan. Hewan ini anggap aman karena tidak melukai manusia. Banyak sekali orang yang suka dengan kucing karena memiliki keindahan pada bulunya, memiliki karakteristik yang unik dan menarik. Hal ini menunjukkan kalau kucing ini sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan.

unsplash.com

Mengenal Jenis-Jenis Kucing yang Populer di Dunia.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis kucing yang populer di dunia. Tidak perlu panjang lebar, berikut ini penjelasannya :

  1. Kucing Persia

Kucing persia merupakan kucing yang memiliki ciri wajah bulat, kaki pendek, hidung pesek dan memiliki bulu panjang. Kucing ini menjadi salah satu jenis ras kucing yang paling populer dan banyak diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Kucing ini banyak diminati karena memiliki rasa kasih sayang dan setia kepada pemiliknya. Tetap banyak yang suka walau harus menggeluarkan biaya banyak untuk urusan perawat setiap hari.

  1. Kusing Siam atau Siamese

Kusing Siam merupakan kucing yang berasal dari keturunan kucing oriental. Banyak yang meyakini kalau kucing in berasal dari Asia Tenggara. Kucing ini memiliki tubuh yang ramping, fleksibel, elegan dan terlihat berotot. Memiliki kepala yang berbentuk segitigam dan hidung yang pesek. Memiliki rambut pendek, halus, lembut yang melekat pada tubuh dan memiliki mata yang berbentuk almond.

  1. Kucing Maine Coon

Kucing ini merupakan salah satu jenis ras kucing paling tua di dunia. Kucing ini berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini memiliki keturunan dari ras kucing Norwegian Forest dan kucing ras Anggora. Kucing ini memiliki tubuh yang besar dengan berat badan sekitar 10-14 kg. Kucing ini sangat kuat namun penuh dengan kasih sayang. Bulu kucing ini sangat panjang namun tidak perlu perawatan khusus seperti kucing persia.

  1. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll merupakan salah satu kucing peliharaan yang memiliki tubuh yang kuat dan kaki yang proposional. Ciri khas dari kucing ini yaitu memiliki pinggul yang lebih besar. Memiliki kepribadian yang baik dengan kucing lainnya. Suaranya yang lembut, manja, suka bermain dan tidak suka mengganggu lainnya maka membuat kucing ini terlihat sangat menggemaskan.

  1. Kucing Manx

Kucing Manx merupakan salah satu kucing yang paing mahal di dunia. Kucing ini memiliki perbedaan dengan jenis lainnya yang terletak pada ukuran ekornya yang lebih pendek dari ras kucing lainnya. Memiliki ukuran kaki yang lebih panjang dibandingkan dengan kaki depannya. Memiliki variasi warna yang berbeda namun warna putih menjadi snagat langka.

  1. Kucing Anggora

Kucing Anggora merupakan salah satu kucing yang memiliki karakteristik yang bagus dan sangat anggun ketika menjalankan aktivitas. Memiliki hidung yang lebih mancung dan bentuk tubuh yang semampai sehingga banyak orang yang menyukainnya.

Tips Memilih Anak Kucing Sehingga Tidak Sampai Salah Pilih

Ketika anda ingin mendapatkan seokor kucing maka anda harus tahu dulu jenis mana yang cocok untuk anda. Mengingat banyak sekali ras kucing yang memiliki bentuk tubuh yang indah dan menggemaskan. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara memilih anak kucing yang bagus dan berkualitas.

  1. Memilih bulu panjang atau pendek

Ketika anda memilih kucing yang memiliki bulu panjang maka kucing tersebut akan lebih indah. Untuk mempertahankan keindahan tersebut maka anda harus rajin melakukan perawatan agar bulu kucing anda tetap terlihat bagus dan tidak kusut.

  1. Memilih jantan atau betina

Kita ketahui bersama kalau kucing jantan biasnaya lebih besar dibandingkan dengan kucing betina. Ketika kucing jantan tidak dikebiri maka dirinya akan sering melakukan perkelahian dan berkeliaran dengan kucing lainnya. kucing jantan biasanya akan memberikan tanda kekuasaan dengan meninggalkan kotoran tanpa dikubur.

  1. Apa yang perlu diperhatikan

Ketika anda mencari anak kucing maka silahkan cari kucing yangyang masih tinggal bersama ibunya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan kucing tersebut dan perilaku ibunya. Kemudian anak kucing dan kucing tidak sampai dipisahkan terlalu dini. Setidaknya menunggu umur 8 bulan sebelum dipisah dengan ibunya.

  1. Memilih satu atau lebih

Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang sulit untuk anda, namun semua ini sebenarnya berdasarkan ras kucing tersebut. Ada beberapa ras kucing yang lebih senang untuk hidup berkelompok dengan kucing lainnya. Selain itu ada kucing yang lebih senang hidup sendiri atau hanya dengan anda sendiri.

Apabila anda ingin merawat kucing namun tidak bisa secara rutin maka anda bisa memilih Shorthair cats yang mungkin cocok. Kucing ini memiliki mantel pendek sehingga tidak membutuhkan perawat khusus setiap hari. Berbeda sekali dengan ras kucing dengan bulu panjang.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai jenis ras kucing yang populer di dunia. Ketika anda sudah mengetahui berbagai jenis ras kucing, maka anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang ras kucing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *