Jurusan untuk Pekerjaan Keuangan Negara dan Daerah

 

Setelah peningkatan mutu dan kesejahteraan dilakukan secara besar-besaran untuk pegawai negri semakin banyak orang yang menginginkan kesempatan untuk merasakan menjadi pegawai negri. Hal ini tetap dihubungkan dengan minat seseorang dalam kehidupan akademik mereka. Sebagian dari orang-orang ini memilih untuk menggunakan kemampuan di bidang keuangan untuk menjadi pegawai negri baik pusat maupun daerah. Untuk mendapatkan posisi di bidang ini ada beberapa jenis jurusan keuangan yang diperlukan oleh negara.

 

Jenis Jurusan Keuangan yang Dibutuhkan Pemerintah

Jurusan akuntansi merupakan yang paling dibutuhkan dalam pemerintahan. Hampir di setiap instansi membutuhkan seorang akuntan yang baik. Pengetahuan mengenai pencatatan untuk permasalahan transaksi instansi membuat jurusan bisa memberikan posisi yang baik bagi orang yang ingin memasuki pemerintahan melalui jalur ini. Selain dari bekerja sebagai petugas pencatat transaksi, akuntansi juga bisa menjadi jalan untuk bekerja sebagai petugas audit. Jurusan kedua yang tidak kalah menarik adalah jurusan pajak. Tentu saja jurusan ini akan mengarahkan seseorang pada instansi perpajakan. Posisi yang ditawarkan dari jurusan dapat dikatakan sebagai tokoh antagonis bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih belum taat pajak.

 

Jurusan bea dan cukai sebenarnya merupakan bagian dari jurusan pajak. Pajak yang dimaksud pada jurusan ini adalah pajak untuk barang yang keluar atau masuk di sebuah negara. Selain itu terdapat juga cukai yaitu pajak tambahan untuk beberapa barang tertentu. Jurusan ini sangat dikenal sebagai jurusan yang mampu memberikan posisi paling menguntungkan karena hampir semua pegawai instansi ini kaya raya. Bendahara negara adalah jurusan unik STAN yang bergerak khusus dalam bidang kebendaharaan. Tugas bagi bendahara dapat dikelompokkan menjadi 4 dimana bendahara akan melakukan pencatatan untuk setiap perencanaan, penyimpanan, pelaksanaan, pelaporan untuk setiap kegiatan dan perpindahan uang di dalam negara. Penilai untuk pajak bumi dan bangunan dan manajemen asset merupakan jurusan lain yang berasal dari jurusan pajak. Jurusan ini berbeda dari jurusan pada lainnya karena mereka akan mendidik ahli taksir atau dalam bahasa kerennya appraiser yang memiliki tugas untuk melakukan penilaian untuk harga pasaran dan beban pajak pada setiap jenis properti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *