Panduan Keliling Jogja Dengan Mobil Agar Tidak Over Budget

Keliling Jogja dengan mobil merupakan opsi paling tepat bagi Anda yang mendambakan liburan yang lebih fun dan nyaman. Selain mobil, memang ada moda transportasi lain seperti bus misalnya. Namun penggunaan bus ini sama sekali tidak fleksibel karena Anda tidak bisa sembarang berhenti, dan hanya bisa mengunjungi tempat wisata yang sudah ditentukan sebelumnya. Berbeda jika Anda menggunakan mobil, Anda bebas berhenti di manapun dan juga bebas menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Nah bagi Anda yang tertarik untuk roadtrip di Jogja, sebaiknya Anda cek panduan keliling Jogja dengan mobil agar berikut ini!

 

Keuntungan Menggunakan Mobil Saat Liburan di Jogja

Jika dilihat dari budget, memang moda transportasi yang paling murah yaitu sepeda motor. Dengan motor, Anda bisa berkeliling Jogja tanpa perlu khawatir akan terkena macet dan juga biaya bahan bakarnya tidak terlalu mahal. Namun yang namanya motor, sudah pasti hanya bisa dinaiki maksimal oleh dua orang dewasa. Selain itu dengan menggunakan motor, Anda sudah pasti akan kepanasan saat cuaca sedang terik, kebasahan saat hujan, terkena debu, dan cukup melelahkan tentunya. Nah berbeda dengan moda transportasi mobil, Anda tidak akan kepanasan, tidak akan kebasahan, tidak akan terkena debu, dan juga tidak melelahkan. Selain itu mobil juga bisa dinaiki oleh lebih banyak orang, bahkan hingga 10 orang jika ukurannya besar.

unspash.com

Mobil Pribadi atau Mobil Sewaan?

Bagi Anda yang tinggal di Jogja dan sudah memiliki mobil, maka Anda tinggal menggunakannya untuk berkeliling jogja. Dengan mobil pribadi, Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya bahan bakar dan juga servis di perjalanan. Apalagi bagi Anda yang punya supir pribadi, maka Anda tinggal duduk manis dan menikmati perjalanan liburan di Jogja. Namun bagi Anda yang merupakan wisatawan luar Jogja, maka opsi yang paling tepat yaitu rental mobil Jogja. Ya, dengan mobil sewaan, Anda bisa keliling Jogja dengan aman dan nyaman.

 

Namun pertanyaan selanjutnya, dimana Anda bisa menemukan sewa mobil Jogja? Nah kabar baiknya, terdapat banyak sekali rental mobil di Jogja yang menyewakan mobil. Anda tinggal pilih apakah mau mengambil paket komplit atau paket lepas kunci. Jika Anda mengambil paket komplit, itu artinya Anda menyewa mobil bersama supirnya. Sedangkan jika Anda mengambil paket lepas kunci, itu artinya Anda hanya menyewa mobil saja tanpa supir. Jika Anda atau teman Anda bisa mengendarai mobil, sebaiknya pilih paket lepas kunci karena harga sewanya lebih murah. Selain itu pastikan Anda menyewa mobil di rental mobil yang terpercaya dan profesional ya!

unspash.com

Tips Keliling Jogja dengan Mobil Agar Lebih Hemat

Bagi mereka yang baru pertama kali menginjakan kaki di Jogja, rasanya sangat bingung menentukan tujuan travelling, apakah mesti ke Candi Borobudur dulu, jalan-jalan di Malioboro dulu, atau bagaimana? Nah bagi Anda yang berniat keliling Jogja dengan mobil, sebaiknya cek beberapa tips berikut ini:

  • Sebagai Awalan, Bersantailah di Pantai

Setelah melalui perjalanan yang sangat melelahkan menuju Jogja, tentunya tubuh Anda membutuhkan relaksasi agar kembali semangat. Nah ketika Anda sudah menyewa mobil, sebaiknya arahkan tujuan ke tempat wisata pantai. Mengapa? Karena tubuh dan pikiran Anda butuh relaksasi, sehingga pantai dapat menjadi lokasi terbaik bagi Anda untuk mengembalikan energi. Jadi jangan dulu ke tempat-tempat wisata seperti Jalan Malioboro, candi, keraton, museum, dan lainnya karena sudah pasti bakalan menguras energi.

 

Nah Anda bisa pergi ke kawasan Gunung Kidul karena disana terdapat spot-spot pantai yang sangat indah dan tenang. Ya betul sekali, pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul masih sangat tenang, tidak terlalu banyak orang-orang yang berlalu lalang. Biaya liburan ke daerah pantai ini tidaklah terlalu mahal, perkiraan membutuhkan uang bensin 150-200 ribu (dari kota Jogja) dan juga biaya masuk sekitar 20-30 ribu.

unspash.com
  • Keliling Kota Jogja

Setelah puas berlibur di pantai, maka segera alihkan tujuan Anda ke kota Jogja (bisa hari berikutnya). Keliling Kota Jogja sangatlah menyenangkan karena banyak sekali tempat-tempat bersejarah. Pagi hari Anda bisa mengunjungi Keraton Jogja, dimana Anda bisa melihat bangunan dengan desain khas masa lampau dan juga berbagai pagelaran seni. Setelah puas berjalan-jalan di Keraton, Anda bisa pergi ke spot-spot lain seperti museum Benteng Vredeburg, musium Sonobudoyo, hingga ke alun-alun kota .

 

  • Jangan Lupa Nikmati Suasana Jalan Malioboro

Pada malam hari, Anda bisa bisa berkeliling kawasan Jalan Malioboro. Nah dengan menggunakan mobil, Anda bisa pindah dari satu tempat makan ke tempat makan lainnya untuk menikmati berbagai jenis kuliner khas Jogja seperti gudeg, penyetan, sate kere, dan lainnya. Tenang saja, mayoritas penjaja street food yang ada di Jalan Malioboro menawarkan menu murah meriah, jadi Anda tidak akan over budget.

 

Demikianlah panduan keliling Jogja dengan mobil agar lebih nyaman dan pastinya tidak over budget! Jika Anda ingin liburan yang menyenangkan, sebaiknya gunakan mobil ya untuk mengelilingi Jogja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *