Produk Yang Terbuat Kerajinan Bahan Lunak

Saat ini perkembangan zaman sudah sangat maju pesat sehingga banyak sekali produk-produk kerajinan yang dibuat oleh para perajin. Di mana banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari bahan lunak, semen dan lain-lain. Namun mungkin banyak sekali para pengrajin yang lebih memilih kerajinan bahan lunak sebagai bahan dari produk yang mereka buat. Karena kerajinan ini terdapat nilai jual yang sangat tinggi bahkan sifatnya pun sangat lunak. Dengan adanya sifat lunas dari bahannya akan memudahkan para pengrajin untuk membuatnya menjadi beberapa jenis produk. Sebenarnya dengan bahan lunak ini bisa menjadi dua bagian yaitu bahan alami dan bahan buatan.

Mungkin banyak sekali produk kerajinan yang anda sering ditemui yang memang memiliki bahan dari dasar rotan tanah liat bambu batu logam serat alam kayu dan lain-lain. Di mana produk kerajinan tersebut pastinya terdapat ciri-ciri yang khas dari masing-masing setiap daerah. Seperti contoh pada daerah Jogyakarta mungkin terdapat banyak sumber daya alam yang memiliki bahan lunak seperti tanah liat. Jadi mungkin anda sering mendapatkan beberapa produk kerajinan yang memiliki bahan lunak seperti keramik dan masih banyak sekali produk yang memang terbuat dari bahan lunak tersebut. Dalam produk kerajinan bahan lunak ini terdapat dua jenis yang dibagi dua yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Yang masing-masing produknya memang terbuat dari bahan lunak sehingga terdapat kategori dan contoh masing-masing. Untuk proses dalam pembuatan produk tersebut juga memiliki tahap yang berbeda-beda yang di mana tergantung dengan jenis bahan lunak yang memang digunakan.

pxhere.com

Barang-barang yang terbuat dari bahan lunak alami

Barang-barang yang memang terbuat dari bahan lunak alami merupakan suatu produk yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam. Sehingga dalam proses pengolahannya pun produk ini tidak ada campuran ataupun perpaduan dari bahan lain yang memang terbuat dari bahan buatan. Produk yang dihasilkan pastinya juga memiliki banyak jenis yang mungkin bisa untuk memenuhi kebutuhan yang bisa langsung digunakan atau bisa juga produk yang bisa menjadi hiasan. Produk dari jenis bahan lunak alami ini juga memiliki beragam jenis seperti kulit, tanah liat dan serat alami. Berikut ini penjelasan tentang bahan lunak yang alami seperti :

  • Tanah liat : merupakan bahan lunak yang alami di mana teksturnya sangat lunak sehingga anda mungkin lebih sering menemui pada sekitar lingkungan Anda. Namun memang tidak semua produk kerajinan menggunakan bahan jenis tanah. Di mana yang bisa digunakan sebagai bahan kerajinan yaitu hanyalah tanah liat ataupun tanah merah. Seperti contohnya produk yang terbuat dari bahan tanah liat ini yaitu keramik. Namun dalam proses pembuatan kerajinan keramik ini sangat memerlukan waktu yang lama.
  • Serat alam : juga merupakan sebuah bahan lunak alami yang berasal dari sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Serat alam ini biasanya terdapat di hutan hutan tropis yang berada di Indonesia. Bahan ini mungkin berbeda dengan jenis bahan tanah liat yang di mana harus ada proses dalam pembuatannya. Di mana dalam proses pembuatan yang ini harus memiliki ketelitian dan ketelatenan yang dianyam secara satu persatu. Produk yang dihasilkan dari bahan ini seperti tas anyaman tikar dan lain-lain.
pxhere.com

Barang-barang yang terbuat dari bahan lunak buatan

Ada juga sebuah kerajinan yang terbuat dari bahan lunak buatan yang di mana dalam proses pembuatannya memang harus dilakukan pelunakan. Produk kerajinan yang menggunakan bahan lunak buatan ini biasanya seperti kertas yang dibuat menjadi sabun fiberglass bubur dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa penjelasan tentang masing-masing dari bahan lunak buatan seperti :

  • Gips : ini merupakan produk yang biasanya menggunakan bahan lunak buatan di mana terdapat jenis mineral karena produk ini tidak bisa larut dengan air. Bentuknya akan tetap ada walau sudah dicelupkan ke dalam air dengan waktu yang lama karena memang sifatnya padat dan tidak akan berubah. Biasanya bahan ini terdapat kandungan mineral, karbonat, Borat nitrat, sulfat dan zat hidrat kalsium sulfat. Dan jika ingin membuat produk kerajinan dari bahan ini biasanya harus menggunakan cetakan yang memang memiliki bentuk yang baik. Bahan yang digunakan pun banyak jenis seperti silicone rubber ataupun Plastisbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbin.
  • Lilin : ini juga sebuah kerajinan yang memang terbuat dari bahan lunak buatan di mana terdapat proses pencairan dengan api yang sangat besar dalam pembuatannya. Proses dalam pembuatannya pun hanya dengan dicetak yang sesuai dengan keinginan pembuatnya, prosesnya pun sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Biasanya produk yang dihasilkan dari bahan lunak ini seperti lilin yang biasanya dipakai pada acara pernikahan, hiasan rumah dan hiasan di restoran. Produk yang dihasilkan dari bahan ini biasanya terdapat nilai artistik yang tinggi dan memiliki harga yang ekonomis.
pxhere.com

Itulah beberapa produk kerajinan bahan lunak yang bisa anda ketahui. Banyak pengrajin tembaga yang memang menggunakan bahan lunak ini sebagai bahan campuran. Hasil produk yang diciptakannya pun sangat memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan bernilai mahal. Banyak juga para masyarakat menggunakan produk-produk yang dihasilkan sebagai hiasan-hiasan untuk di rumah ataupun tempat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *