Khasiat Pohon Bidara

 

 

Pohon bidara atau disebut juga widara ialah pohon yang menghasilkan buah bidara. Tanaman ini biasa ditemukan tumbuh di daerah kering. Selain menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi, masih banyak khasiat pohon bidara yang selama ini belum kita sadari. Bahkan, daunnya juga memiliki manfaat dari segi kesehata maupun kecantikan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika dikonsumsi langsung atau dibuat dalam bentuk jus, daunnya akan dapat menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung memiliki banyak jenis serta penyebab. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah gaya hidup sehari-hari. Maka dari itu, di samping konsumsi daun bidara secara rutin, penting bagi kita dalam mempertahankan gaya hidup sehat dan seimbang.

 

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Khasiat pohon bidara yang selanjutnya adalah mempercepat proses peyembuhan luka. Cara menggunakannya juga sederhana saja, yaitu cukup aplikasikan di luka yang terbuka. Daun bidara memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan serta anti bakteri yang membuatnya bisa membantu proses penyembuhan luka, termasuk luka sayatan, goresan dan lecet.

 

Tidak hanya luka sayatan, daun bidara juga dapat digunakan untuk meringankan luka bakar serta mencegah terjadinya bekas luka bakar di kulit. Manfaat daun bidara dalam menyembuhkan luka secara cepat ini terutama karena adanya kemampuan regenerasi kulit yang ada pada daun tersebut.

 

  1. Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat berikutnya yang bisa kita dapat dari daun bidara ialah mengatasi gangguan tidur. Caranya juga mudah, yaitu konsumsi teh dari daun bidara. Teh ini memiliki kandungan saponin yang akan memberi efek menenangkan. Hasilnya, kita bisa mengatasi masalah insomnia serta meningkatkan kualitas tidur. Ini akan turut berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

  1. Baik Bagi Sistem Pencernaan

Khasiat pohon bidara yang terakhir ialah bagi sistem pencernaan. Konsumsi langsung atau rebus daunnya terlebih dahulu agar bisa mendapat manfaat yang satu ini. Bidara akan membantu dalam mengeluarkan aneka racun yang terkandung dalam sistem pencernaan sehingga mencegah adanya infeksi di saluran pencernaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *