Memilih Pasangan Dalam Islam Baik Suami Maupun Isteri

Memilih pasangan menjadi hal yang wajib diperhatikan setiap orang. Tidak hanya ketika memilih isteri maupun suami. Keduanya harus sama – sama dipilih sesuai dengan ketentuan yang baik. Setiap orang tentu ingin mendapatkan pasangan hidup yang terbaik. Bagaimanapun pasangan hidup menjadi pendamping seumur hidup, sehingga memilih yang paling tepat menjadi jawabannya. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memilih pasangan terbaik. Salah satunya adalah melalui agama yang dianut.

Memilih Pasangan Terbaik

Menghabiskan waktu seumur hidup akan lebih lengkap jika mempunyai pasangan. Pasangan menjadi salah satu orang yang akan diajak untuk bertukar kisah dan menjadi teman selamanya. Memilih pasangan terbaik ini bisa dilakukan dengan melalui agama. Setiap orang mempunyai agama yang dianutnya masing – masing. Islam menjadi agama mayoritas yang ada di Indonesia. Bagi anda yang beragama Islam tentu ada beberapa hal yang bisa anda jadikan cara untuk memilih pasangan dalam Islam yang sesuai.

Mengikuti beberapa tips yang ada di agama Islam ini akan memudahkan anda dalam mendapatkan pasangan yang terbaik untuk anda. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan pasangan sesuai dengan ajaran islam. Penasaran dengan tips tersebut? Simak hingga selesai.

pxhere.com

Tips Memilih Pasangan Menurut Islam

Memilih pasangan ini ada ketentuannya masing – masing. Baik ketika ingin memilih suami mapun isteri. Memilih pasangan dalam Islam ini nantinya akan sangat memudahkan anda dalam mendapatkan pasangan hidup yang terbaik. Selain itu anda juga bisa menjalani hubungan lebih nyaman jika tahu satu sama lain. Jangan lupa untuk selalu mencari informasi mengenai pulang ke rumah ketika ingin memilih pasangan yang tepat. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan :

  1. Wanita dan laki – laki mempunyai agama yang baik

Ketika anda ingin memilih pasangan hidup maka pilihlah pasangan yang mempunyai agama yang baik. Baik wanita maupun laki – laki harus paham akan agama sehingga mampu menjalankan kewajiban yang sudah ditentukan di dalam agama. Seorang isteri harus paham akan tugas dan tanggung jawabnya sama halnya dengan suami. Sehingga keduanya memang harus paham akan ajaran agamanya. Namun sebisa mungkin pilihlah untuk memilih pasangan satu agama. Terutama Islam sangat menganjurkan untuk menikah dengan agama yang sama – sama Islam.

  1. Wanita bukan kerabat dekat

Ketika ingin memilih seorang perempuan maka pilihlah yang bukan merupakan kerabat dekat. Tentu saja dalam agama dikenalkan antara suku satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa dijadikan untuk menambah keluarga menjadi lebih besar ketika menikah nantinya. Sehingga akan lebih baik jika tidak memilih wanita yang termasuk dalam kerabat dekat.

pxhere.com
  1. Wanita dan laki – laki dari keluarga yang baik

Ketika memilih pasangan alangkah baiknya melihat keluarganya. Jika keluarganya baik maka pantaslah anda menjadikan anaknya sebagai teman hidup anda. Berkenalan dengan pihak keluarga menjadi hal yang wajib untuk dilakukan sehingga anda bisa menilai apakah berasal dari keluarga yang baik atau tidak.

  1. Memilih suami yang beragam Islam

Bagi anda para kaum muslim tentu diwajibkan untuk menikah dengan satu agama. Sangat dilarang untuk menikah dengan lain agama. Jika anda seorang perempuan maka pilihlah laki – laki yang beragama Islam. Hal ini dikarenakan seorang isteri akan mengikuti suaminya, karena suami adalah imam dalam keluarga. Sehingga memilih suami dengan agama yang sama menjadi pilihan yang paling tepat.

  1. Memilih laki – laki yang berakhlak mulia

Seorang laki – laki nantinya akan menjadi kepala keluarga sehingga sangat penting sekali jika seorang laki – laki mempunyai akhlak yang mulia. Memilih laki – laki dengan akhlak mulia akan membuat rumah tangga menjadi lebih makmur. Seorang laki – laki yang mampu menjadi panutan di dalam keluarga adalah sosok paling tepat untuk dijadikan suami.

  1. Memilih wanita yang belum kawin atau masih gadis

Di dalam Islam sendiri memang tidak diperbolehkan untuk kawin sebelum menikah. Sehingga alangkah baiknya jika memilih seorang wanita yang belum pernah kawin atau masih gadis. Hal ini bisa digunakan untuk membuat keadaan rumah tangga menjadi lebih nyaman untuk dijalankan.

pxhere.com

Beberapa tips di atas bisa anda jadikan tips paling mudah untuk memilih pasangan. Setiap orang memang mempunyai pilihannya masing – masing untuk menentukan pasangannya. Namun menentukan pasangan sesuai dengan kepercayaan tentu akan membuat lebih mudah menjalankan kehidupan rumah tangga. Di agama Islam memang terdapat beberapa point yang bisa digunakan untuk memilih pasangan paling tepat.

Memilih pasangan dalam Islam di atas bisa anda jadikan tips paling tepat. Memilih pasangan yang paling tepat mampu membuat anda mendapatkan pasangan setia sehidup semati. Tidak hanya laki – laki saja yang bisa memilih wanita paling tepat, namu wanita juga berhak mendapatkan laki – laki bertanggung jawab untuk menjadi kepala keluarga. Sekian ulasan mengenai tips memilih pasangan menurut Islam ini. Kini anda bisa mulai merencanakan untuk mendapatkan pasangan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *