Memahami Syariat Islam Tentang Tata Cara Berpakaian Wanita

Syariat agama menjadi salah satu hukum yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, aturam hubungan manusia dengan Allah SWT ( habluminallah), hubugan sesama manusia (habluminannas) dan hubungan manusia dengan alam sekitar sesuai Al-qur’an dan As-sunnah.

Pengertian Syariat Islam

Menurut Ibnu Manzhur belaiu menjelaskan Syariat sebagai wadah atau tempat dimana air mengalir menuju tempat tersebut, Syariah atau Syirah dalam bahasa arab artinya sebuah sumber air atau tempat untuk menampung air sebagai tempat manusia minum dan meminum air yang ada didalamnya. Kaidahnya dari bangsa Arab tidak menyebutkan jika tempat air itu sebuah syariat jika air tersebut tidak mampu memenuhi wadahnya.

Secara etimologi syariah artinya sebuah madzhab atau Thariqah atau sebuah metode yang sudah memiliki dasar hukumnya secara kuat.

Dalam cara pandang khazanah islam sejumlah ulama menyebutkan syariat islam ialah salah satu bagian dari agama yang diperintahkan Allah terhadap hamba-hambanya.

Menurut penjelasan Ibnu Taimiyah syariat sebagai sarana manusia untuk menjalankan semua perintah Allah dan snah Rasul, serta untuk patuh terhadap pemimpin-pemimpin dalam islam (orang-orang yang beriman). Secara hakikatnya syariat wjud ketaatan umat muslim terhadap perintah rosul sebagaimana ketaatan beliau terhadap Allah SWT.

Menurut Ibnu Atsir Al-Jazari menjelaskan bahwa syariat adalah perintah Allah dalam menjalankan agama kepada hamba-hambanya, yakni agama yang sudah Allah perintahkan dan wajib bagi mereka untuk memeluknya.

Sedangkan menurut Dr. Umar Bin Sulaiman Al-Asyqar menjelaskan syariat adalah hukum yang sudah ditetap Allah dalam Al-Quran serta hukum atau aturan dari apa yang dikerjakan Rasul atau As-Sunah dan mencakup berbagai kategori Ahklak, akidah dan amal.

pexels,com

Cara Berpakaian Wanita Muslimah

Dalam islam wanita memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan dlindungi, sosok yang memiliki dua sikap yakni wanita bisa menjadi lemah dan sebaliknya sangat kuat dibandingkan lelaki yang belum merasakan betapa sakitnya menstruasi dan melahirkan anak, beratnya beban saat mengandung dan pekerjaan rumah tangga yang setiap menumpuk.

Namun yang harus wanita sadari mahkluk ciptaan Allah ini juga bisa menjadi sumber fitnah ketika salah dalam berpakaian, sedikit saja aurat perempuan itu terlihat menjadi masalah besar kaum hawa yang melihatnya. Pentingnya memilih pakaian tersebut sesuai kandungan dari firman Allah SWT dalam Al-Quran surat An-nur: 31 berikut pejelasannya.

“sampaikan kepada mereka wanita-wanita yang memiliki iman, sebaiknya menundukkan pandangannya, kemaluannya dan jangan sesekali untuk memperlihatkan perhiasannya kecuali yang sudah terbiasa terlihat dan tidak menimbulkan syahwat”

Jaman modern saat ini tidka sedikit dikalangan kita wanita yang terbiasa dengan pakaian yang terbuka bahkan transparan yang membuat lelaki yang melihatnya terbangkikan naluri lelaki dan berimajinasi dengan apa yang dilihatnya. Hal itu yang menyebabkan semakin tinggi tingkat kriminal atau pelecehan seksual terhadap wanita. Melihat dari probelma tersebut sebenarnya syariat islam tentang tatacara berpaikan bukan untuk membatasi style wanita jaman now, akan tetapi justru menyelamatkan wanita dari fitnah.

Aturan dalam islam terkait pakaian yang harus dikenakan wanita sudah tertera jelas, karen wanita shalehah perhiasan dunia yang memiliki berbagai aura keindahan yang wajib untuk ditinggikan dan menjaga aurat bagi wanita hukumnya adalah wajib sebagai bukti taqwa kepadaNya. Dalam aartikel ini kami akan memberikan tips berpakaian wanita muslimah diantaranya sebagai berikut:

  1. Menutup Aurat

Anjuran berpakaian dalam islam khusus untuk wanita jenis pakaian yang panjang dengan menggunakan jilbab sampai menutupi bagian dada, karena aurat wanita itu seluruh bagian dari tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah, selain sebaiknya anda menutupinya agar lelaki yang melihatnya tidak terpancing nafsunya.

Terkait tata cara berpakaian juga disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59 berikut isi kandungannya: Allah SWt telah menyuruh Nabi untuk mengtakan kepada istri dan anak perempuannya dan semua orang mukmin agar mengenakan jilbab dan menutupi seluruh tubuhnya agar mereka selamat dari godaan dan gangguan.

Akan lebih baiklagi jika wanita menggunakan cadar agar tertutup wajahnya, karena bagian tubuh yang membuat lelaki tergoda sebaiknya untuk ditutupi agar tidak menimbulkan syahwat. Bagian tubuh wanita memang sangat sensitif bagi lelaki yang melihat dan semakin berbahaya jika melihatnya dalam waktu yang lama, imajinasi lelaki akan semakin negatif terkait apa yang dilihatnya tersebut.

pexels,com
  1. Menggunakan Pakaian Yang Longgar

Cara yang mudah untuk menutupi aurat adalah dengan mengenakan pakaian yang agak longgar, jika akaian yang anda pakai ketat atau Press Body hingga nampak lekuk tubuh jangan salah ketika anda berada ditemapt umum menjadi pusat perhatian lelaki yang hanya melihat tubuh anda. Baju yang longgar jug amemudahkan anda dalam beraktifitas dan dalam islam itu sangat dianjurkan, bahkan dalam analisa dunia kesehatan menggunakan pakaian yang longgar bertujuan tubuh memiliki ruang gerak yang cukup dan membuat kulit semakin sehat.

  1. Menghindari Pakaian Syuhroh

Jenis pakaian ini dilarang bagi wanita muslimah karena mengundang daya tarik lelaki yang memandang bahkan ini tidak sesuai pada lokasi dan tempat dimana anda berada. Larangan ini sesuai dengan hadist riwayat Au daud dan Ibnu Majah menjelaskan siapa saja yang memakai pakaian syuhroh atau yang menggundang syahwat lelaki maka dirinya akan memakai pakaian kehianaan pada saat kiamat setelah itu akan dibakar.

  1. Pakaian Yang Sederhana

Menggunakan pakaian sederhana baik itu pria atau wanita sangat dianjurkan, hal ini untuk menghindari siapa saja yang melihat tanpa harus berlebihan dan pakaian ini akan sangat menguntugkan bagi wanita. Pada saat wanita menggunakan pakaian yang sedikit saja mengundang perhatian lelaki, disitulah letak dosa yang harus mereka tanggung. Pakaian yang dipakai dapat membangkitkan syahwat lelaki yang melihat sebaiknya dibuang dan diganti pakaian sesuai syariat islam, agar dijauhkan dari fitnah, sombong  dan takabur bagi.

  1. Memakai pakaian tebal

Hampir sama dengan poin yang diatas terkait menutup aurat, namun jenis pakaian ini lebh detail kenyamanannya karena menggunakan bahan yang tebal, jika hanya menutup aurat dan bahan pakaian sangat tipis sebaiknya dari sekarang dirubah menggunakan bahan yang tebal agar tidak terlihat lekuk tubuh anda.

Disinilah wanita dituntut semakin lebih pandai dan cerdas tentang pemilihan pakaian, apa yang dipakainya mengungkapkan kepribadiannya. Sebagai wanita muslimah harus memiliki adab dalam segala hal hingga ke pemilihan pakaian dari bahan yang tebal dan tidak transparan.

Sesuia dari penjelasan dalam hadis riwayat Muslim sebagai berikut: wanita yang menggunakan pakaian tapi terlihat telanjang, wanita yang berjalan lenggak-lenggok dan kepalanya bergaya miring kana dan kiri kelak wanita itu tidak akan masuk surga bahkan menium baunya saja tidak bisa.

Nah apakah and masih ingin nanti tidak mendapatkan kenikmatan dari surga? Segeralah hijrah dan berhijab agar bisa asuk dan mencium surga yang penuh dengan kenikmatan. Pakailah pakaian seperti model gamis terbaru.

pexels,com
  1. Jangan Memakai Pakaian Sama Dengan Laki-Laki

Aturan dalam islam untuk wanita memang sangat banyak dan tegas terkait pakaian yang harus dikenakanyannya, dilarang untuk menggunakan pakaian yang menyerupai lelaki dan bahkan aturan juga sama bagi lelaki dilarang untuk menggunakan pakaian yang menyerupai perempuan.

Sesua penjelasan dalam hadis riwayat Abu Huraira: dosa besar dan Allah akan melaknat wanita yang menggunakan pakaian lekaki dan lelaki menggunakan pakaian wanita.

Hadis Riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu juga berkata: Nabi Muhammad SAW tidak akan memberikan ampunan terhadap pria yang bergaya wanita dan wanita yang bergaya pria.

  1. Jangan Memakai pakaian Menyerupai Kafir

Sebagai wanita musli tentunya tidak mau disebut sebagai orang kafir atau pemeluk agama lain, dalam islam aturan tersebut tidak hanya fungsi dan fashin beakan namun juga sebagai identitas dari muslim itu sendiri. Selain itu aturan dalam islam tersebut juga untuk melindungi perempuan itu sendiri dari fitnah.

  1. Menghindari wangi-wangian yang menyengat

Dalam islam memang ada larangan yang harus dipatuhi wanita muslimah yakni wangi-wangian yang menyengat saat berada diluar rumah. Lelaki memiliki daya sensitif tinggi terhadap perempuan tidak hanya dari lekuk tubuh pakaian namun juga bau harum wanita juga bisa menimbulkan syahwat, meskipun tanpa parfum lelaki sudah bingung untuk mencari perhatian wanita karena itu sudah menjadi kodratnya. Yang mengkahwatirkan terjadi tindakan negatif atau kriminal terhadap perempuan, maka akan lebih baik menghindarkan hal tersebut biar lebih aman dan tidak menimbulkan dosa.

Sesuai dalam hadist riwayat An- Nasa’i, Abu Daud, Tarmidzi dan Ahmad menyebutkan seorang wanita yang secara sengaja menggunakan wewangian dan berjalan di depan pria maka dia termasuk wanita penzina.

  1. Jangan Memakai Pakaian Berhias

Jika saat ini and amemiliki pakaian yang banyak motif dan hiasan, dalam islam itu tidak diperbolehkan apalgi menggunkan motif gambar mahkluk hidup yang akan memberikan identitas lain bagi mereka yang memperhatikannya. Selain itu wanita juga dilarang menggunakan pakaian yang menyebabkan perpecahan seperti partai politik dan apa saja yang menimbulkan prasangka jelek terhadap yang mengenakannya.

pexels,com
  1. Jauhi Bertabarruj

Wanita dalam islam dianjurkan untuk menjauhi sifat Tabarruj yang artinya wanita tersebut menggunakan penutup atau jilbab namun justru menunjukkan bagian lain yang menjadi perhiasannya (mahkota) sebagai seorang wanita muslimah, bahkan semua hal yang berhubungan dengan aurat wanita yang seharusnya ditutupi karena semua itu dapat membuat syahwat pria tergoda.

Sesuai dalam penelasan dalam firman Allah SWT pada surat Al-Ahzab:33 berikut kandungannya sebagai umat muslim sebaiknya kita berdiam diri dirumah jangan pernah melakukan tabarruj layaknya orang-orang jaman jahiliyah.

Namun jika wanita itu berada diluar rumah dan tempat umum contohnya masjid, pasar, jalan dan tempat yang lain sebaiknya menggunakan pakaian yang tidak tabarruj, bahkan ada aturan yang lain untuk wanita ketika berada di tempat umum atau menggunakan pakaian khusus yang memang aman dari pandangan lawan jenis. Menggunakan kerudung yang sesuai aturan dalam islam yakni kerudung yang panjang menutupi dada dan bagaian belakang lekuk tubuh wanita.

Aturan tersebut sesuai dengan penjelasan dalam Al-quran surat An-Nur ayat 60 untuk wanita yang menopause harus memperhatikan penampilannya jangan sampai menggunakan pakaian yang tabarruj. Diantaranya pakaian seperti celana panjang, kaos kaki dengan model panjang, kaos press body tidak boleh digunakan ketika berada di tempat umum.

Demikian artikel dari kami tentang tata cara berpakaian wanita menurut syariat islam. Semoga bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan serta menambah tebak keimanan kita. Waullahu a’lam jazakumullah khiaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *