Mengenal Teknik Perawatan Ikan Lemon

 

Deskripsi

Ikan lemon merupakan sejenis ikan hias kecil yang mempunyai warna menyerupai buah lemon. Teknik perawatan ikan tersebut terbilang cukup mudah, berikut penjelasannya,

 

Artikel

Memiliki hobi memelihara ikan hias sudah banyak dilakoni oleh beberapa kalangan. Namun, dari sekian banyak jenis ikan hias, sudahkah Anda mengenal apa itu ikan lemon? Seperti namanya, ciri khas dari ikan lemon adalah warnanya yang mirip dengan buah lemon, berwarna kuning dan hitam transparan. Kira-kira bagaimana teknik perawatan ikan lemon yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Ikan Lemon?

Ikan lemon adalah seekor ikan hias kecil yang memiliki warna mirip seperti buah lemon. Berwarna kuning dengan palet hitam di area ekor membuat kesan anggun pada ikan tersebut. Namun, tahukah Anda sebenarnya terdapat warna lainnya yakni biru. Akan tetapi warna kuning ternyata jauh lebih popular, karena ketika dimasukkan ke akuarium warna ikan akan menyala dengan cerah.

Teknik Merawat Ikan Lemon

Tidak jauh berbeda dengan teknik perawatan pada ikan lainnya, perawatan ikan lemon tidak membutuhkan teknik yang terlalu rumit. Untuk mengetahui secara detail bagaimana teknik perawatan ikan lemon, berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda lakukan.

1.      Pilih Akuarium yang Tepat

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara ikan lemon, berarti Anda harus menyiapkan akuarium yang tepat. Setidaknya dalam satu ukuran akuarium normal, Anda dianjurkan untuk memasukkan minimal sekitar 6 ekor ikan saja.

2.      Atur Suhu dan pH Air

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah suhu dan pH air. Suhu yang harus Anda atur berkisar antara 25 – 28 derajat celcius, sedangkan untuk tingkat keasaman air yang normal adalah 6,9 – 7.

3.      Perhatikan Pakan yang Digunakan

Teknik perawatan yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memilih pakan yang tepat. Jenis pakan yang biasa dikonsumsi oleh ikan lemon adalah kutu air, cacing sutera, atau pelet.

4.      Rutin Pembersihan Kolam

Teknik terakhir lainnya yang harus Anda lakukan adalah pembersihan kolam secara rutin yang bisa Anda lakukan sekurang-kurangnya 2 minggu sekali. Akan tetapi, apabila kolam Anda tidak terdapat filter, maka Anda harus menguras kolam setidaknya 3 hari sekali.

 

Itu dia beberapa hal yang berkaitan dengan ikan lemon termasuk dalam hal teknik perawatan ikan tersebut. Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara ikan tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk menambah referensi terkait ikan lemon. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *