Pengertian Filsafat Dan Penerapannya

Filsafat merupakan sebuah akar dari ilmu pengetahuan. Meskipun  merupakan akar atau dasar dari sebuah ilmu pengetahuan, namun sangat jarang orang yang benar-benar memahami bagaimana filsafat bekerja. Filsafat memiliki banyak makna tertentu yang memang memiliki manfaat dalam setiap cabang ilmu pengetahuan. Meskipun di dalam sebuah cabang ilmu pengetahuan filsafat memiliki peranan yang sangat penting, namun sebenarnya tidak semua orang memahami mengenai pengertian filsafat yang baku. Sebagai sebuah cabang ilmu, filsafat memiliki peranan yang cukup penting untuk kehidupan manusia secara keseluruhan dan juga perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, perlu dipastikan bahwa ilmu filsafat harus diketahui dan dipahami secara mendalam.

Pengertian Filsafat Dan Pentingnya  Bagi Ilmu Pengetahuan

Filsafat sebenarnya merupakan ilmu pengetahuan yang tersusun secara terstruktur. Sebenarnya pengertian filsafat bisa dimaknai dalam beberapa hal berikut:

pxhere.com
  • Filsafat merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang secara keseluruhan menggunakan logika. Penggunaan logika dalam cabang ilmu seharusnya memang diutamakan. Apabila logika tidak digunakan secara maksimal, maka akan sulit untuk memahami bagaimana untuk mengetahui sebuah ilmu baru yang berguna pada manusia. Meskipun sifatnya merupakan pengetahuan dasar, akan tetapi, diperlukan sebuah sistem khusus untuk benar-benar memahami makna dari filsafat itu sendiri dalam sebuah ilmu pengetahuan. Sehingga ilmu pengetahuan bisa dipahami serta dipraktekkan secara menyeluruh untuk memberikan pemahaman efektif yang berkaitan dengan pengetahuan dasar.
  • Filsafat sesungguhnya adalah sebuah perwujudan penggunaan bahasa dan juga perwujudan dari eksistensi sebuah hubungan keluarga, tentunya akan banyak membantu untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh perihal ilmu pengetahuan tersebut. Sebagai salah satu dasar dari ilmu pengetahuan, penyampaian dan juga penggunaan tata bahasa yang baik akan membuat proses regresi ilmu bisa lebih sempurna. Penataan bahasa yang lebih jelas mempermudah bagi orang untuk memahami bagaimana ilmu pengetahuan tersebut dapat dipahami dengan baik. Itulah mengapa sebagai bentuk perwujudan dari pengabdian kepada ilmu pengetahuan, filsafat merupakan salah satu jembatan yang cukup efketif untuk memahami jalan pikiran yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
pxhere.com
  • Filsafat juga merupakan sebuah kajian pengalaman ilmiah yang menjadi pedoman untuk mengamalkan ilmu pengetahuan. Filsafat yang merupakan pedoman hidup abadi tentu menjadi sebuah penentu yang cukup baik untuk lebih memahami bagaimana cara untuk menyerap ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari berbagai sumber. Pengalaman hidup yang telah lampau membawa seseorang untuk lebih memahami bagaimana ilmu pengetahuan tersebut bekerja dengan baik. Tanpa adanya pedoman hidup yang pasti, penyerapan ilmu pengetahuan yang berasal dari luar tidak akan efektif. Bagaimanapun caranya setidaknya seseorang harus bisa menangkap sesuatu positif tentang makna ilmu pengetahuan. Pedoman hidup yang dimaksud adalah perihal bagaimana untuk memaknai sebuah petunjuk yang didapatkan dari alam.
  • Filsafat pada dasarnya adalah sebuah gagasan dan juga ide yang dikumpulkan dengan baik. Setiap gagasan yang baru harus dikaji secara mendalam. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap ilmu benar-benar mampu memberikan pengayaan positif untuk dunia pengetahuan. Meskipun tidak tergolong mudah untuk menelaah sebuah ilmu pengetahuan, akan tetapi dengan adanya kebijaksanaan yang sudah menjadi bekal dalam kehidupan, maka ilmu pengetahuan tersebut akan mudah diterima sebagai sebuah bekal baru dalam hidup. Sebuah pengalaman hidup yang menjadi pendorong kuat untuk memperoleh kebijakan yang benar untuk menerima pengetahuan dari luar diri.
pxhere.com

Sifat Dari Filsafat

Sebagai bagian dari sebuah ilmu pengetahuan tentu saja filsafat memiliki karakteristik yang mendasari pengertian filsafat yang harus dikenali.

  • Bersifat mengandung kebenaran. Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan tentu saja filsafat merupakan sebuah kebenaran. Sebagai bagian dari kebenaran yang pasti, tentunya filsafat dapat dimaknai sebagai sebuah ilmu pasti. Meskipun memiliki karakteristik bagian dari retorika, namun filsafat memiliki nilai keindahan yang tidak terbantahkan. Keindahan dari ilmu filsafat terletak pada bagaimana cara filsafat tersebut bekerja. Mengandung unsur metafisika yang sama sekali tidak nampak dan tidak dapat dijelaskan, namun filsafat benar-benar memberikan bukti bahwa pengetahuan memang sangat indah.
  • Filsafat merupakan sebuah seni. Sebagai sebuah seni, filsafat memiliki semua unsur yang dapat dikatakan sebagai sebuah karya seni. Sebuah karya seni yang luar biasa tentunya sebuah filsafat merupakan sebuah hasil karya pemikiran yang luar biasa. Sebagai salah satu bagian dari ilmu keindahan, tentunya sebuah seni khusus ini memiliki nilai yang sangat berharga. Karya seni khusus dengan sejuta makna untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.
pxhere.com

Meskipun dapat disampaikan sebuah filsafat menjadi bagian paling penting dari sebuah pengetahuan, akan tetapi filsafat menjadi sangat istimewa dengan segala yang dimilikinya. Terutama sebagai dasar dari sebuah ilmu pengetahuan tentunya filsafat mewakili bagaimana ilmu pengetahuan tersebut. Sehingga makna pengetahuan yang diberikan menjadi lebih mendalam. Setidaknya bagi  kiajar.com filsafat tidak akan dapat dilepaskan begitu saja dari pengetahuan alami.  Sebagai puncak dari seni, filsafat memberikan keindahan dalam  hal makna yang terkandung di dalam setiap ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari. Filsafat mengungkap kebenaran yang sesungguhnya dari sebuah ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari. Tujuannya untuk lebih memahami bagaimana karakteristik dari pengetahuan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *