Cara Membuat Lingkungan Tempat Kerja yang Nyaman untuk Meningatkan Produktivitas

Lingkungan temat kerja atau kantor merupakan rumah kedua bagi seorang pekerja. Apalagi di kota-kota besar, semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya di kantor karena tuntutan pekerjaan. Kegiatan padat dan itu-itu saja pastinya akan membuat seseorang jenuh bahkan bisa juga muncul stres bahkan konflik kantor yang seolah menjadi momok menakutkan bagi para karyawan.

Nah maka dari itu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan positif sangat penting dilakukan. Karena lingkungan kerja yang nyaman dan positif akan mempengaruhi semangat dan produktivitas sumber daya manusianya, yang pastinya bermanfaat bagi sebuah perusahaan. Lalu bagaimana cara untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang nyaman dan positif?

Cara Membuat Lingkungan Tempat Kerja yang Nyaman

Dibawah ini merupakan kebiasan yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan positif dilingkungan kerja. Dan para karyawan pun tidak akan sampai melayangkan surat pengunduran diri. Berikut ini cara-caranya:

  1. Pastikan merekrut karyawan dengan kepribadian positif

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi lingkungan tempat kerja yaitu kualitas dan kepribadian dari karyawannya sendiri. Maka dari itu, selain mengutamakan kemampun alangkah baiknya ketika sesi interview untuk lebih menggali kepribadian dari kandidat karyawan.

Selain dengan menggali informasi kandidat karyawan ketika interview, dan melakukan tes uji kemampuan. Coba juga untuk memberikan tes kepribadian kepada kandidat karyawan tersebut. contohnya dengan memberikan Tes MBTI. Dengan tes tersebut akan diketahui apakah kandidat karyawan tersebut cocok tidak bekerja di perusahaan.

pxhere.com
  1. Ciptakan lingkungan kerja yang senang berbagi ide

Lingkungan tempat kerja yang nyaman tidak hanya terpaku saja pada ruangan yang membuat nyaman atau prospek kerja terjamin. Suasana untuk saling dan senang berbagi ide juga sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas.

Karena ketika para karyawan dapat berbagi ide dan saling menghargai satu sama lainna, maka akan terciptalah suasana yang nyaman dan positif di lingkungan tempat kerja.

  1. Ciptakan community minded di tempat kerja

Hal ini terdengar sangat sederhana, berusaha untuk mendorong orang agar saling menyapa. Tapi nyatanya cara tersebut sangatlah luar biasa untuk membangun komunitas di tempat kerja dan saling mengakrabkan satu sama lainnya.

Mulai dengan membuat kebijakan untuk meminta eksekutif dan manajer supaya memastikan meluangkan waktu untuk saling sapa. Harus dipahami bahwasannya merubah kebiasaan bisa memperbaiki suasan di lingkungan tempat kerja, dan pastinya hal terseebut akan menjadi lebih nyaman.

  1. Perhatikan pencahayaan kantor

Ternyata pencahayaan di lingkungan tempat kerja termasuk hal yang penting juga untuk diperhatikan jika ingin menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Pencahayaan alami berupa sinar matahari dapat meningkatkan mood para karyawan, membuat lebih produktif, dan lebih fokus lagi dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Apabila tidak memungkinkan mendapatkan pencahayaan melalui jendela, maka cobalah untuk memakai lampu dengan nuansa biru. Karena lampu dengan pencahayaan seperti itu dipercaya akan meningkatkan rasa bahagia dan dapat mengurangi rasa lelah.

  1. Berikan Kebebasan untuk para karyawan

Selain lebih memperhatikan poin-poin di atas, cara meningkatkan kenyamanan di lingkungan tempat kerja juga bisa dengan lebih membebaskan karyawan ketika memilih tempat atau posisi dalam bekerja.

Pasalnya, setiap orang memiliki cara bekerja yang berbeda-beda, dan hal tersebut tentunya akan mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Selain dengan membebaskan posisi bekerja para karyawan, izinkan pula karyawan untk membawa hal yang mereka sukai. Misalnya tanaman, hal tersebut dapat meningkatkan mood para karyawan dan pastinya dapat membantu produktivitas dalam bekerja. Para karyawan pun akan lebih semangat dalam bekerja.

  1. Tingkatkan komunikasi

Terlihat sangat sepele, tapi kenyataannya komunikasi merupakan kunci dan hal yyang paling penting. Begitu pun dalam meningkatkan lingkungan tempat kerja. Misalnya mengajak karyawan lain untuk berbicara dengan santai dan saling menghargai hasil kerja keras para karyawan lain. bukan malah saling iri-irian.

Hal tersebut akan membuat sesama karyawan akan merasa dihargai dan pastinya lebih nyaman lagi bekerja di perusahaan. Selain itu berikan kesempatan kepada para karyawan untuk memberikan tanggapan atau penilaian terhadap atasan dan manajerial.

pxhere.com
  1. Merancang tempat kerja yang nyaman

Bagus tidak hasil kerja dari karyawan juga ditentukan oleh kenyamanan ruangan kerja. Sebaiknya HR memberikan kebebasan untuk para karyawan menata meja dan ruangannya sendiri.

Izinkan karyawan membawa poster penyanyi idolanya atau membawa pot bungan cantik supaya dapat memompa semangat bekerja mereka. Biarkan karyawan mendengarkan musik, dengan catatan tidak mengganggu karyawan lainnya. dalam beberapa industri kerja hal tersebut mungkin biasa dilakukan. Misalnya padda industri kreatif hal tersebut mudah dan biasa dilakukan oleh para pekerjanya.

  1. Dukungan dari pihak manajemen

Semua cara yang dilakuan tidak akan berhasil apabila tanpa dukungan dari pihak manajemen. Hal tersebut berkaitan dengan peraturan kerja dan kesejahteraan para karyawan. Caranya yaitu dengan memberikan semua fasiitas yang telah dijanjikan kepada para karyawan.

Misalnya apabila kesepakatan awal pihak manajemen berjanji akan memberikan tunjangan komunikasi, maka tunjangan tersebut wajib sekali diberikan kepada karyawan. Misalnya lagi pada kesepakatan semula akan diberikan rewards kepada karyawan ayng bekerja melampaui target di perusahan. Maka rewards tersebut wajib ditunaikan kepada karyawan yang berhasil melampaui target.

  1. Lingkungan kerja yang berorientasi pada hasil

Pada sebuah lingkungan tempat kerja yang berorientasi pada hasil, karyawan akan bebas melakukan apa pun sepanjang karwayan tersebut mampu memenuhi target sesuai dengan waktu tenggang yang diberikan oleh perusahaan. Maka dari itu bebaskanlah karyawan untuk keluar ketika jam kerja. Karena hal tersebut bermanfaat dalam mengurangi kepenatan dalam bekerja. Bisa juga sediakan sofa dan tempat tidur untuk karyawan beristirahat sebentar atau tidur siang saat ada deadline sampai larut malam harus ada dikantor terus. Dijamin para karyawan akan nyaman berada di lingkungan tempat kerja dan produktivitas kerjanya akan semakin meningkat.

Atau dengan cara lain, misalnya adakan meeting diluar kantor. Seperti di restoran atau kafe sebagai penyegaran.

  1. Ciptakan kebersamaan

Selanjutnya ciptakanlah keebersamaan dalam perusahaan sebagai sebuah tim. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan kebersamaa. Misalnya mengadakan office gathering atau team building. Di dalam sebuah perusahaan besar tentunya sudat ada anggaran sendiri untuk melakukan kegiatan semacam ini.

Namun untuk menghemat pengeluaran bisa juga dilakuan ditempat yang tidak begitu jauh. Kegiatan yang paling sederhana untuk menciptakan kebersaam bisa dengan mengadakan acara makan siang bersama. Atau bisa juga dnegan mengadakan kejutan sederhana apabila ada salah satu karyawan yang sedang berulang tahun. Hal tersebut terlihat sederhana tapi hasilnya akan mampu meningkkan kenyamanan para karwayan. Dan pastinya para karyawan akan lebih kompak lagi.

  1. Pasang satu buah papan tulis di ruang kerja

Mulai saat ini jika ditempat kerja para karyawan belum ada papan tulis besar segaralah sediakan. Hal itu merupakan salah satu cara agar menunjang lingkungan tempat kerja yang produktf.

Pakailah spidol yang gampang dihapus tujuannya untuk menuliskan berbagai list pekerjaan yang harus dikerjakan dalam satu periode tertentu. Dengan demikian para karyawan yang melewati papan tulis tersebut akan selalu tersadarkan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang belum diselesaikan. Dengan memasang papan tulis akan menjaga antusiasme karyawan dalam menyelesaikan pekerjaanya sebelum batas tenggang waktu atau deadline berakhir.

pxhere.com
  1. Sesekali traktir karyawan

Tips ini dikhusukan untuk para atasan karyawan. Setelah menyelesaikan suatu proyek besar atau ketika para karyawan bekerja dengan baik. ajaklah mereka untuk makan bersama. Hal ini akan membuat lingkungan tempat kerja menjadi nyaman dan lebih akrab.

Ketika atasan mentraktir para karyawannya, artinya atasan tersebut memberikan apresiasi terhadap hasil kerja para karyawan. Ketika seseorang merasa diapresiasi makan dia akan lebih giat dalam bekerja dan akan berusaha mempertahankan prestasinya tersebut.

Tidak perlu mentraktir ke tempat jauh-jauh dan perencaan yang khusus, ketika seorang atasan memesankan pizza atau makanan delivery yang lainnya untuk dimakan bersama di kantor. Hal tersebut akan menciptakan lingkungan tempat kerja lebih nyaman dan menciptakan energi positif.

  1. Dekor kantor dengan menarik

Sekarang ini tidak zaman lagi kantor yang hanya berbentuk kubikel-kubikel kaku saja. bahkan beberapa perusahaan telah memiliki ruangan bermain untuk para karyawannya dan dekorasi ruangan yang membuat karyawan tidak merasa bosan dan jenuh selam berada di kantor.

Dengan dekorasi kantor yang menarik ketika karyawan sedang lelah dan jenuh bekerja, para karyawan dapat sejenak menyegarkan pikiran langsung di kantor. Karena pada dasarnya otak manusia tidak didesain untuk bekerja terus menerus. Setidaknya setelah bekerja selam 2 jam, otak perlu asupan udara segar dan relaksasi sejenak agar dapat berkonsentrasi kembali. Apabila tidak demikian, akan terjadi produktivitas yang menurun. Maka dari itu mulailah perhatikan suasana tempat karyawan bekerja.

 

  1. Temui para karyawan secara langsung

Meskipun saat ini teknologi sudah canggih. Bahkan rapat pun dapat dilakukan dengan online melalui media apa pun. Tapi ada baiknya lebih sering lagi melakukan pertemuan tatap muka langsung dengan para karyawan. Tujuannya agar mendapatkan feedback langsung. Berbeda ketika melalui pesan singkat atau surat elektronik yang terkadang tidak bersifat personal.

Ada baiknya perbanyak interaksi dengan para karyawan yang lain juga antar sesama karyawan. Dengarkan mereka secara langsung maka akan lebih membuat kenyaman dalam lingkungan tempat bekerja lebih nyaman.

  1. Perbaiki cara memberi intruksi

Hal ini sangat penting sekali untuk para atasan. ketika menginginkan para karyawan melakukan sesuatu, jangan katakan “kamu harus…”. ubah kata tersebut mejadi frasa “mari bersama-sama”. dengan demikian karyawan tidak akan merasa sendiri ketika menangani suatu urusan dalam perusahaan.

Hal tersebut memang terdengar cukup remeh, tapi hasilnya sangatlah efektif membuat lingkungan tempat kerja menjadi lebih nyaman. Karena lebih berperngaruh pada mindset para karyawan. Sehingga pekerjaan apapun yang dikerjakan dapat dilakukan dengan baik.

Demikian beberapa cara membuat lingkungan tempat kerja yang nyaman untuk meningatkan produktivitas. Namun jika dirasa tidak bisa untuk bertahan dalam perusaan maka jangan terlalu memaksakan. Dalam untuknegeri.net ada beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa menjadi referensi anda.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *