Tiga Cara Mudah yang Diperhatikan dalam Plating Makanan

 

Pada saat menyajikan makanan di atas piring, perlu adanya penataan yang bagus dan indah sebagai bentuk akhir hasil masakan. Mungkin plating makanan ini hanya dilakukan oleh seorang chef yang ingin menyajikan makanannya, tetapi jika kamu hanya ingin menyajikan makanan dengan model yang menarik untuk keluarga sendiri kamu bisa melakukan plating makanan. Karena, dalam hal kuliner ataupun masakan ini juga perlu adanya pengembangan baru dari segi kreatifitas dan keunikan tersendiri agar dapat mengguggah selera makanan dari yang memakan makanan yang kamu sajikan. Teknik menghias makanan disaat terakhir disebut plating makanan, maka dari itu faktor ini mendukung keindahan segi artistik dalam hal masakan ataupun kuliner.

Membahas tentang plating makanan ini, perlu adanya pengetahuan dasar bagaimana cara membuat plating makanan terkesan baik dan menarik. Maka dari itu, kali ini akan dibahas mengenai cara-cara mudah yang perlu diperhatikan saat plating makanan. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Piring bewarna putih

Jika dalam urusan plating makanan, paling dasar yang harus diperhatikan adalah piring. Mengapa harus warna putih? Karena dengan warna putih ini bisa menonjolkan makanan yang akan disajikan di atasnya, selain itu kamu bisa menonjolkan bahan serta warna makanan.

  1. Gunakan bahan yang alami sebagai hiasan

Dasar dalam plating makanan yang selanjutnya adalah masalah dekorasi atas piring. Gunakan saja bahan alami untuk mendekorasi segalanya di atas sajian makanan dan piring. Mengapa harus menggunakan bahan alami sebagai dekorasi di atas piring? Karena dengan dekorasi seperti ini bisa mendapatkan kesan indah dan sedap jika dipandang dan bahan alami ini bisa membuat orang berpikir bahwasannya dalam pembuatan masakan bersih dan makanan sehat.

  1. Membuat layer di setiap elemen

Salah satu cara yang harus dilakukan dalam plating makanan adalah menambahkan layer di makanan. Mengapa perlu menambahkan layer? Karena, dengan penambahan layer pada makanan akan mendapatkan kesan keindahan dan dapat memberikan kombinasi tampilan yang indah pada makanan. Setiap gigitan makanan akan bisa dinikmati dengan baik oleh orang yang makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *