Ini Dia Destinasi Wisata Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Apa sih yang ada di benak kalian saat mendengar “Kota Jogja”? Saat kalian mendengar Kota Jogja pasti yang langsung kalian fikirkan ialah Kota Gudeg, Kota Pelajar Kota Perjuangan, Kota Budaya, dan pastinya kota yang penuh dengan tempat wisata. Yogyakarta atau biasa disebut dengan Jogja merupakan Daerah Istimewa yang ada di Indonesia. Jogja memang istimewa dan mempunyai banyak kenangan bagi setiap orang yang singgah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Jogja merupakan salah satu tempat yang memiliki destinasi wisata keren yang bisa kalian kunjungi dengan menggunakan jasa Travel Malang Jogja untuk melupakan sejenak hiruk pikuk kehidupan. Kalian bisa menjadikan Kota Jogja sebagai salah satu kota yang wajib kalian jadikan tempat untuk berlibur bersama orang-orang tersayang.

Kota Jogja merupakan kota yang wajib dijadikan sebagai salah satu destinasi utama untuk wisatawan asing ataupun lokal. Banyak hal yang bisa kalian lakukan saat berlibur di Jogja. Kalian bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner dan pastinya wisata untuk berbelanja. Berikut beberapa referensi untuk kalian yang ingin berwisata alam dan wisata sejarah.

picjumbo.com

Wisata Alam yang Menyegarkan Mata

Jogja merupakan tempat yang selalu punya banyak cerita dan juga menyuguhkan keindahan alamnya yang membuat wisatawan merasa puas dan bahagia karena bisa melepas segala penat yang ada di pundaknya. Tak salah lagi, Kota Jogja merupakan pilihan yang tepat untuk berlibur menikmati keindahan alam ciptaan Yang Kuasa ini. Di jogja sendiri terdapat banyak sekali pilihan wisata alam yang bisa dikunjungi ialah berupa pantai, air terjun, bukit yang indah dan sawah yang hijau.

Beberapa akhir ini Jogja sedang hangat hangatnya dengan wisata alam perbukitannya. Bukit memang salah satu tempat yang banyak di buru karena kita dapat menikmati sejuknya udara dan menikmati pemandangan alam yang indah dari atas bukit serta yang tidak kalah penting adalah spot foto yang sangat instagrammable.

Beberapa bukit yang bisa kalian kunjungi adalah pertama Bukit Pengilon, Bukit pengilon merupakan bukit yang terletak di tepi pantai selatan dan dari bukit ini kalian dapat menikmati Pantai Walu Lumbung dan Pantau Wediombo. Pemandangan di Bukit Pengilon ini didominasi dengan rumput yang hijau dan juga terselip beberapa kebun milik warga. Kalian bisa melakukan kegiatan camping di bukit ini dan melihat sunrise juga sunset.

Perbukitan kedua yang bisa kalian nikmati ialah Kalibiru. Kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik anak-anak maupun keluarga. Kalibiru terletak di Kabupaten Kulonprogo yang berada diketinggian sekotar 450 meter dari permukaan laut. Berada di Kalibiru kalian dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk dengan spot foto yang menarik.

picjumbo.com

Bukit yang selanjutnya adalah Pinus Pengger. Mungkin ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian karena wisata Pinus Pengger merupakan salah satu wisata yang terkenal dengan keindahan alam pada malam harinya, namun pada siang hari pemandangannya juga tetap tidak kalah bagusnya.

Selain bukit, wisata alam selanjutnya yang bisa kalian kunjungi adalah pantai. Di Jogja sendiri terdapat banyak sekali pantai yang indah dengan deburan ombak yang menenangkan jiwa. Pantai juga merupakan salah satu tempat favorit untuk berlibur. Pantai yang dapat kalian kunjungi yaitu Parangtritis yang tak jauh dari pusat kota, Pantai Indrayanti, Pantai Pandansari, Samas Bantul, Kuwaru, Wediombo dan banyak pantai lainnya.

Wisata alam selanjutnya adalah air terjun. Di Jogja terdapat banyak sekali air terjun yang sangat direkomendasikan untuk kalian kunjungi. Air terjun ini memang letaknya agak tersembunyi namun keindahannya sangat alami. Air terjun yang bisa kalian kunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk, Tlogo Muncar Kaliurang, Air Terjun Pantai Jogan, Kedung Pedut, Kedung Pengilon, Kedung Kandang dan masih banyak air terjun lainnya.

picjumbo.com

Mengunjungi tempat bersejarah di Jogja

Kota Jogja menyimpan banyak sekali sejarah, maka dari itu tidak ada salahnya kalian untuk berlibur sambil belajar sejarah Kota Jogja. Wisata Sejarah yang dapat kalian kunjungi adalah Benteng Vredeburg. Benteng Vredeburg terletak di pusat Kota Jogja yang merupakan peninggalan dari zaman Belanda. Benteng ini merupakan markas resmi dari VOC untuk memata-matai keratin namun juga digunakan sebagai markas Tentara Keamanan Rakyat pada masa perjuangan kemerdekaan. Kalian bisa melihat patung ibu Fatmawati yang sedang menjahit Bendera Pusaka di tempat ini.

Tempat wisata sejarah selanjutnya adalah Taman Sari yang merupakan salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta. Selain sebagai tempat wisata, ternyata tempat ini masih digunakan sebagai ritual keluarga kerajaan. Selain sebagai tempat untuk belajar sejarah, Taman Sari juga mempunyai beberapa spot foto yang menarik yaitu di Kolam Taman sari, Gapura Panggung, Gapura Agung, Sumur Gamuling,  dan Gedung Kenongo.

Museum Batik Yogyakarta merupakan destinasi wisata sejarah yang patut kalian kunjungi juga. Museum ini merupakan museum batik pertama yang ada di Jogja dan sudah mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai pemrakarsa berdirinya Museum Sulaman pertama yang ada di Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *