Metode Pemeliharaan dan Jenis Makanan Kelomang

Kelomang merupakan binatang yang juga dikenal dengan sebutan umang-umang. Makanan kelomang biasanya manis. Binatang laut ini sering ditemui di laut Indonesia dan terdiri dari berbagai spesies. Banyak orang yang menggunakan binatang ini sebagai binatang peliharaan. Daya tarik binatang ini adalah bentuk cangkangnya yang unik dan biasa ditemukan dalam warna-warna menarik. Pemeliharaan kelomang sendiri membutuhkan perhatian dan pengamatan yang baik serta harus dilengkapi dengan berbagai alat untuk menjamin kesehatan kelomang. Binatang yang mudah mati lebih menguntungkan untuk diperdagangkan dan lebih laris. Karena alasan ini banyak pedagang binatang peliharaan memilh untuk memperdagangkan binatang ini.

pexels,com

Tahapan Pemeliharaan Kelomang

Biaya pemeliharaan binatang ini tidak sedikit. Untuk menyiapkan kandang dan perlengkapan lain biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih besar dari harga kelomang. Jadi keinginan untuk memelihara binatang ini dan menjaganya tetap hidup akan membutuhkan usaha dan biaya yang cukup besar. Pertimbangan yang matang sebaiknya dibuat sebelum memutuskan untuk membeli.

 

Memelihara kelomang tidak bisa satu. Kelomang adalah binatang berkelompok yang membutuhkan teman. Binatang ini juga merupakan binatang yang agresif. Pertengkaran antara kelomang biasanya adalah permasalahan berebut rumah. Supaya pertengkaran antara kelomang bisa dihindari akan lebih baik untuk memelihara kelomang dengan ukuran yang jauh berbeda. Kelomang kemudian ditempatkan pada sebuah akuarium yang dipasangi heater. Penggunaan baskom atau ember juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk pemeliharaan kelomang. Masukkan pasir pantai ke dalam wadah pemeliharaan dengan ketebalan 3 kali ukuran kelomang terbesar. Jika memilih untuk menggunakan akuarium akan sangat disarankan untuk menggunakan tutup. Ini digunakan untuk menjaga suhu dan kelembaban di dalam akuarium. Thegorbalsla menganjurkan penggunaan akuarium untuk memperkecil kemungkinan munculnya lumut dan bakteri yang bisa membunuh kelomang. Kemunculan bibit penyakit tersebut ditandai dengan bau lumut atau pesing.

pexels,com

Kelomang bisa diberikan makan menggunakan mangkuk kecil dari plastik. Mangkuk untuk tempat makan, minum, dan air asin harus ditempatkan pada posisi yang berbeda. Letakkan sponge laut alami pada mangkung air asin untuk mengurangi tumpahan dan mempertahankan kelembababan. Makanan kelomang biasanya membutuhkan berbagai variasi. Menggunakan pellet khusus kepiting hermit yang dihancurkan biasanya menjadi pilihan yang baik. Gunakan makanan ini dengan selingan makanan segar seperti

  • Anggur
  • Gandum
  • Kacang-kacangan
  • Manga
  • Melon
  • Nanas
  • Pisang
  • Semangka
  • Timun
  • Tebu
  • Ubi jalar dan lainnya

Kelomang memang tidak terlalu pemilih soal makanan tapi harus diperhatikan bahwa makanan segar bisa cepat busuk. Gunakan potongan kecil untuk memberi makan kelomang karena binatang ini memang tidak bisa makan banyak. Variasikan makanan kelomang dalam bentuk biji-bijian dengan buahan untuk menguji ketertarikan kelomang dan menjaga selera makannya. Makanan yang diberikan pada keomang biasanya makanan manis. Binatang ini juga menyukai pellet ikan. Minum disediakan dalam dua bentuk yaitu air sumur tawar dan air sumur asin dengan garam dapur. Makanan harus diganti 3 kali sehari dan minuman ditambah ketika habis. Menggunakan air dengan kaporit seperti dari PDAM akan membunuh kelomang.

 

Kelomang takut dengan semut. Semut adalah binatang agresif yang menyerang semua binatang lambat dan membunuhnya dalam sekejap. Menggunakan kapur ajaib di sekitar kandang kelomang dapat melindungi kelomang dari serangan semut. Lakukan hal ini seminggu sekali dan pastikan kapur ajaib tidak masuk ke dalam kandang kelomang.

 

Tidak semua kelomang suka bermain. Kelomang merupakan binatang yang lebih suka menyendiri dan bersembunyi. Binatang ini akan mengalami stress jika diajak bermain selama lebih dari 30 menit. Kelomang juga suka bersembunyi di dalam pasir terutama ketika mereka sedang mengalami proses ganti kulit atau lebih tepatnya molting dimana kelomang melepaskan kulit luarnya. Kelomang yang mengubur di dalam pasir tidak bisa diganggu karena setelah moting tubuhnya sangat lemah dan rentan terhadap cidera.

pexels,com

Perlengkapan Tambahan Pemeliharaan Kelomang

Cangkang baru merupakan bagian dari kelengkapan persediaan untuk kelomang. Kelomang merupakan binatang yang biasa merebut cangkang binatang lain. Pada habitat aslinya siput laut merupakan korban utama mereka. Sebagai peliharaan kelomang bisa saling membunuh untuk memperbutkan rumah. Menyediakan cangkang baru adalah cara untuk melindungi bagian tubuh lunak kelomang ketika mereka ingin berganti cangkang. Cangkang baru ini harus disediakan secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan jumlah kelomang yang dipelihara.

 

Kelomang membutuhkan peralatan mandi. Gunakan bak yang cukup dalam sehingga kelomang tidak dapat memanjat keluar. Air yang digunakan juga harus bersih dan bisa dibersihkan menggunakan water conditioner. Kelomang juga membutuhkan substrat yang digunakan untuk mengganti pasir. Pasir bebas, pasir yang telah dibersihkan, pasir koral yang dihancurkan, batuan kecil, atau berbagai jenis pasir lain yang tidak terlalu tajam sehingga aman untuk kelomang bisa digunakan. Kelomang membutuhkan pasir ini untuk mengubur diri.

 

Pemanas dibutuhkan di bawah akuarium atau wadah pemeliharaan. Pemanas ini biasanya merupakan pemanas untuk hewan kecil atau reptil. Thermostat diperlukan untuk memastikan suhu sekitar 26 C dapat dijaga. Sebagai alternatif pemanas juga dapat menggunakan panas matahari atau panas pada ruang tertutup. Pengukuran panas dan kelembaban serta makanan kelomang sangat penting sehingga thermometer dan hygrometer menjadi bagian yang penting untuk perlengkapan kelomang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *