Resep Cireng: Cara Membuatnya Menjadi Nikmat dan Datangkan Berkah

Orang Indonesia adalah orang yang sangat sulit dilepaskan dari kudapan ataupun cemilan. Akibatnya, banyak jenis cemilan yang muncul diberbagai daerah dan bentuknya pun beragam. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun cukup unik, sebut saja salah satunya tepung kanji. Tepung kanji merupakan bahan alami yang banyak digunakan dari daerah Jawa Barat. Dan salah satu makanan yang terkenal dibuat dari tepung kanji adalah Cireng.

 

Cireng adalah singkatan dari “Aci digoreng” yang artinya adonan tepung kanji yang kemudian digoreng dalam minyak panas. Namun saat ini, pembuatan cireng tidak hanya adonan kanji yang dibuat biasa, karena mulai bermunculan cireng dengan sentuhan modern. Di mana, tersedia cireng dengan berbagai varian rasa didalamnya. Sayangnya, masih jarang orang yang mengetahui cara membuatnya, apakah anda salah satunya?

pexels,com

Resep dan Cara Pembuatan Cireng Tradisional

Anda yang pernah mengonsumsi cireng tradisional, mungkin menganggap cara pembuatannya sederhana. Untuk mengetahui kebenarannya, jangan lewatkan informasi ini.

 

  1. Campurkan Adonan

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan adonan atau bahan-bahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Bahan yang dimaksud adalah campuran tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu ayam bubuk. Campurkan seluruh bahan tersebut hingga merata dan jangan sampai mengumpal, karena akan berpengaruh pada tekstur cireng nantinya.

 

  1. Campurkan Bahan Biang

Selain memasukkan bahan adonan yang utama, anda perlu mencampurkan bahan lainnya dalam adonan. Bahan yang dimaksud adalah bahan biang, berupa tepung aci dan air. Aduk hingga semuanya rata dan aduk hingga bahan-bahan yang dicampurkan mendidih. Setelahnya jika bahan adonan sudah seperti lem, matikan api tersebut.

  1. Campurkan Kedua Bahan

Tahap selanjutnya adalah anda harus mencampurkan bahan-bahan adonan dengan bahan biang. Caranya, cukup tuangkan adonan pertama ke dalam adonan kedua, tuangkan secara perlahan-lahan dan aduk dengan tangan, hingga adonan rata. Sebagai saran, usahakan agar adonan jangan kalis melainkan cukup dicubit atau dipijit menggunakan jemari tangan.

 

  1. Bentuk Adonan

Sudah melakukan semua cara yang disampaikan sebelumnya? Waktunya untuk membentuk adonan sesuai kebutuhan. Buatlah bentuk adonan yang bulat dan pipih, namun jangan terlalu halus. Setelahnya, lanjutkan dengan menaburkan tepung aci ditelapak tangan, agar adonan tidak menempel. Jika sudah, waktunya melanjutkan dengan menghabiskan semua adonan.

 

  1. Waktunya Penggorengan

Adonan yang sudah disiapkan sudah dibentuk dan siap untuk dimasak. Caranya cukup mudah, di mana anda harus memasukkannya ke dalam penggorengan. Usahakan minyak yang digunakan sudah cukup panas. Namun saat melakukan pengorengan, usahakan untuk memasang api dalam keadaan sedang. Karena api besar akan mempercepat cireng gosong dan mengubah tekstur.

 

  1. Siapkan Sambal

Saat mengonsumsi cireng tradisional, banyak cara makan yang dapat dijadikan pilihan. Salah satu cara makan yang banyak disukai adalah memakannya dengan sambal. Di mana, sambal kecap ataupun saos sambal banyak dijadikan pilihan saat mengonsumsi cireng. Atau terdapat orang yang senang mengonsumsi cireng secara langsung tanpa sambal.

 

  1. Sajikan di Piring Selagi Hangat

Segala persiapan sudah selesai? Waktunya melanjutkan pada penyajian. Untuk mempercantik piring tambahkan tetesan saus pada piring. Atau tambahkan pula sayuran yang cocok disajikan bersama cireng. Selain itu, usahakan sajikan cireng yang sudah dimasak, selagi cireng masih hangan. Karena saat cireng dingin, teksturnya akan berubah menjadi keras.

 

Resep tradisional cireng ini banyak diikuti oleh banyak orang dan rasa yang dihasilkan cukup nikmat. Karenanya, banyak yang menjadikannya sebagai resep andalan saat menjalankan usaha. Jika ini cara membuat cireng tradisional, bagaimana resep cireng modern yang ada di pasaran?

pexels,com

Resep Cireng Modern di Pasaran

Selain cireng tradisional, anda dapat mengonsumsi cireng modern di pasaran. Isiannya cukup beragam, seperti keju, beef dan yang lainnya. Lantas, bagaimana cara membuat cireng modern tersebut?

 

  1. Siapkan Bahan-Bahan Untuk Isian Cireng

Langkah awal yang harus dilakukan adalah siapkanlah bahan-bahan yang dibutuhkan. Namun untuk pertama, siapkanlah minyak goreng, tumis bawang dan cabai hingga harum. Selanjutnya, masukkan ayam yang sudah disiapkan sebelumnya. Masukkan secara perlahan dan aduk hingga warnanya berubah. Setelahnya, masukkan merica bubuk, garam dan gula aduk hingga rata.

 

  1. Buat Biang

Biang adalah adonan yang akan dicampuran ke adonan utama, jadi untuk anda yang penasaran dapat menyiapkannya. Karena bahan biang merupakan bahan yang utama dalam pembuatan cireng. Adonan biang dibuat dengan air yang mendidih lalu masukkan tepung sagu yang telah disiapkan. Setelahnya, aduk hingga adonan menggumpal, usahakan adukan tersebut merata.

 

  1. Campurkan Bahan Lainnya

Bahan berikutnya yang harus dicampurkan adalah bahan-bahan seperti daun bawang, merica bubuk, garam, kaldu ayam dan bawang putih. Masukkan seluruhnya secara perlahan dan aduk seluruh bahannya hingga merata. Tunggulah beberapa lama hingga semua bumbu benar-benar merata, biasanya akan muncul bau harum dari masakan tersebut.

 

  1. Masukkan Tepung Kanji

Sudah cukup harum? Lanjutkan dengan memasukkan bahan lainnya. Salah satu bahan yang harus dimasukkan berikutnya dalah tepung kanji. Masukkan tepung tersebut secara perlahan-lahan dan aduk adonan hingga menjadi kalis dan mudah untuk dibentuk. Setelahnya, ambil sedikit adonan dan masukkan adonan isi yang telah disiapkan.

 

  1. Pipihkan Adonan

Untuk ukuran isian yang dimasukkan tidak perlu terlalu banyak. Karena akan menyebabkan masalah pada adonan atau bentuk cireng yang dihasilkan. Setelah dimasukkan isiannya, pipihkan adonan utama dan bentuk sesuai keinginan. Cetakan yang tersedia cukup beragam, jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan yang menarik di pasaran.

 

  1. Adonan Siap

Sudah melakukan semua langkah di atas? Jika demikian waktunya mendiamkan adonan yang telah dibentuk selama beberapa saat. Setelah usai mendiamkannya, waktunya persiapkan bahan untuk memasak adonan. Adonan yang siap masak membutuhkan minyak panas dengan api yang sedang. Sehingga tidak menyebabkan kegosongan pada adonan yang telah tersedia.

 

  1. Masak Adonan

Siapkan semua bahan yang akan dimasak dan waktunya untuk memasak adonan cireng tersebut. Caranya, masukkan secara perlahan adonan yang telah disiapkan dalam minyak panas. Kemudian tunggu cireng berwarna keemasan. Jika sudah, waktunya mengangkat cireng tersebut dari penggorengan. Setelahnya tiriskan dalam beberapa menit dan sajikan selagi hangat.

 

  1. Sajikan

Anda yang sudah meniriskan cireng, harus menunggu beberapa saat untuk menyajikan cireng. Perlu diketahui, bahwa cireng yang nikmat adalah cireng yang disajikan dan disantap selagi hangat. Untuk pelengkapnya, tambahkan sambal ataupun saos racikan untuk menambah cita rasa dari cireng isi yang telah dibuat.

 

Dari kedua jenis cireng yang disampaikan sebelumnya, keduanya memiliki cara yang sama dalam hal pembuatan. Namun yang membedakan adalah bahwa pada cireng isi dibutuhkan isian dan selebihnya tidak ada yang berbeda. Tertarik membuka jual-beli cireng? Ketahui beberapa tipsnya.

pexels,com

Tips Berjualan Cireng Dijamin Laris

Saat ini penjualan cireng sudah cukup laris di pasaran, karenanya penting untuk membuka usaha yang menarik. Apa saja tips yang harus dijalankan? Berikut informasinya.

 

  1. Konsep yang Menarik

Untuk mendapatkan usaha yang berkah ditengah persaingan, penting untuk membuat konsep yang menarik. Cobalah menciptakan konsep-konsep yang menarik, contohnya cireng isi dengan beragam varian rasa. Serta, tambahkan konsep menarik pada toko sehingga dapat menarik banyak pengunjung dan menambahkan pendapatan dari usaha.

 

  1. Siapkan Modal

Dalam menjalankan usaha jual beli cireng, cukup menarik karena tidak dibutuhkan dana yang besar. Seperti yang diketahui, dana hanya diperlukan untuk bahan-bahan yang biasa tersedia di pasar dan dapat diperoleh dengan harga yang murah. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika akan menjalankan usaha ini namun tidak memiliki dana yang besar.

 

  1. Buat Promosi Menarik

Jika anda menjalankan usaha ini dengan serius dan menginginkan keuntungan besar dari usaha ini, sebaiknya buatlah promosi yang menarik untuk usaha. Caranya, pilihlah promosi yang kekinian, seperti media sosial ataupun membuat promosi dijalan dengan flashmob. Cara ini biasanya akan membuat banyak yang melirik usaha dan mendatangkan banyak pelanggan.

 

  1. Varian Menu

Bila usaha ini sudah cukup besar, maka sangat penting untuk menambahkan varian menu. Tujuan dari varian menu ini adalah menambahkan varian makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh pelanggan. Selain itu, varian menu yang beragam akan membuat pelanggan rela berlama-lama tinggal di tempat usaha.

 

  1. Persiapkan Tempat Usaha

Sampai saat ini terdapat dua jenis tempat usaha berjualan cireng. Namun yang paling sering adalah menjalankan usaha dengan gerobak. Untuk anda yang tidak memiliki dana besar, maka pilihan ini adalah yang terbaik. Jika memiliki dana besar, maka buatlah usaha cireng dengan kedai. Untuk menarik pengunjung, jalankanlah tips sebelumnya untuk menarik pengunjung.

 

  1. Upgrade Informasi

Setelah menjalankan usaha dan mendapatkan keberhasilan, bukan berarti hal ini sudah baik. Karena setiap masalah mungkin terjadi dalam keadaan usaha yang sedang tinggi-tingginya. Karenanya, penting untuk terus mengupgrade informasi secara berkala. Caranya, carilah aneka varian cireng terbaru atau lakukan penggantian konsep jika mulai bosan dengan konsep lama.

 

  1. Persiapan Mental

Persiapan berikutnya adalah mempersiapkan mental dalam menjalankan usaha. Karena mungkin saja masalah terjadi saat usaha sedang jaya dan menyebabkan kebangkrutan. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk bangkit kembali dan buat usaha kembali menarik. Sehingga kembali menjadi pilihan banyak orang.

 

  1. Pemilihan Bahan Terbaik

Walaupun tergolong memiliki harga yang murah, anda harus memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Salah satu caranya dengan memilih bahan-bahan terbaik untuk diberikan. Sedikit banyak, bahan yang digunakan juga akan mempengaruhi rasa dari adonan dan masakkan yang dibuat. Karenanya, pilihlah bahan yang terbaik untuk melancarkan usaha anda.

 

  1. Buat Analisis SWOT

Untuk mencegah terjadinya kebangkrutan dalam usaha, sangat disarankan untuk membuat analisis SWOT dalam usaha. Dari analisis ini akan diketahui, apa saja kelebihan dan kekurangan dari usaha. Kekurangan akan menjadi cambuk untuk diperbaiki, sedangkan kelebihan akan menjadi keunggulan produk anda dibandingkan produk cireng lainnya.

 

  1. Pelatihan Usaha

Jika anda baru saja memulai usaha dengan usaha cireng ini, penting untuk sebelumnya menjalankan pelatihan kewirausahaan sebelumnya. Dari pelatihan ini, akan diketahui beragam informasi tentang usaha termasuk cara promosi terbaik yang dapat dilakukan. Selain itu, dari pelatihan yang dilakukan akan diketahui strategi apa yang tepat untuk dijalankan dalam usaha.

 

  1. Mengetahui Harga Pasar

Dalam pelahitan usaha anda akan diajarkan menentukan harga jual produk dan yang lainnya. Namun penting untuk diketahui, bahwa harga pasar produk juga penting diketahui. Karena, jika produk dijual di atas harga pasar, akan berdampak buruk bagi usaha, yaitu minimnya pelanggan. Sedangkan jika terlalu murah, dapat berakibat pada sulitnya modal kembali.

 

Itulah beberapa tips yang dapat anda jalankan dalam usaha cireng. Jika masih kurang, cobalah mencari informasi lain di internet, terkait cara menjalankan usaha cireng yang sukses.

pexels,com

Varian Rasa Cireng Favorit di Pasaran

Jika anda tertarik menjalankan usaha cireng dengan varian rasa yang beragam, usahakan untuk menyediakan beberapa varian rasa, seperti di bawah ini.

 

  1. Keju

Anda yang suka dengan rasa keju, maka pilihan cireng keju cocok untuk disajikan ke pelanggan. Namun tidak semua jenis keju dapat dijadikan isian dalam cireng. Karenanya, penting untuk memilih jenis keju yang cocok untuk dikonsumsi oleh pelanggan. Biasanya, keju layer yang cocok dijadikan pilihan atau isian dalam cireng.

 

  1. Daging Ayam

Selain keju, pilihan isian lainnya adalah daging ayam. Varian daging ayam ini cukup beragam, diantaranya daging ayam pedas dan original. Anda dapat memilih keduanya untuk disajikan, karena keduanya memiliki varian rasa yang cukup nikmat. Dalam menjadikannya sebagai sajian di usaha, sebaiknya pilih bahan daging yang masih segar.

 

  1. Beef

Pilihan lainnya adalah daging sapi asap. Jika mendengar varian rasa ini, tentu anda bingung dengan harga yang akan ditawarkan pada pelanggan. Namun tidak perlu bingung, karena beef yang dimasukkan tidak terlalu besar. Cukup masukkan sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan tampungan adonan dan harga dapat disesuaikan dengan cireng lainnya.

 

  1. Original

Selain isian, anda dapat mencoba memberikan varian lain untuk konsumen, yaitu varian original. Varian ini dapat dinikmati dengan nikmat, jika ada saus yang melengkapinya. Saus inilah dapat dibuat sesuai dengan saus dari pelanggan. Ataupun siapkanlah varian saus yang dapat dipilih pelanggan. Biasanya saus yang laris di pasaran adalah sambal kecap.

 

  1. Sosis

Tidak mau ketinggalan dengan Beef, anda juga bisa memilih sosis sebagai isian dalam cireng. Isian ini banyak disukai karena sosis mudah untuk dikonsumsi dan mudah diolah. Sosis yang dapat digunakan untuk cireng pun beragam, jadi tentukanlah jenis sosis apa yang ingin digunakan. Dan sesuaikan dengan modal yang dimilikki untuk membuat cireng tersebut.

 

  1. Baso

Jika kreatif, maka baso yang telah diris dapat menjadi varian dalam cireng anda. Baso merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat. Karenanya, jika baso dijadikan varian rasa dalam cireng, dapat dipastikan banyak yang tertarik dan berlomba untuk mendapatkannya.

 

  1. Sayuran

Varian yang satu ini, merupakan varian yang tepat untuk mereka yang vegetarian. Karena cireng dibuat hanya dengan campuran aneka sayuran. Beberapa sayuran yang dapat dijadikan pilihan adalah wortel, kol ataupun sawi. Masukkan seluruhnya menjadi isian dan cireng sayuran dapat disajikan untuk pelanggan.

 

Jadi sudah tertarik untuk memilih cireng sebagai usaha untuk menambahkan pendapatan? Jika demikian jangan ragu untuk mengunjungi http://ngopimasi.com sekarang juga. Karena disana tersedia banyak informasi terkait usaha cireng dan usaha lainnya yang dapat dijadikan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *