Minyak Jarak Dan Manfaatnya Yang Banyak Untuk Tubuh Manusia

Tanaman jarak biasanya tumbuh secara liar. Tanaman yang tumbuh liar tersebut tidak hanya tumbuh di sekitar lahan kosong, akan tetapi bisa saja tumbuh pada hutan belantara. Meskipun di hutan, ada juga tanaman jarak yang bisa tumbuh di daerah pantai. Seiring berjalannya waktu, tanaman jarak ini terkadang dibudidayakan tersendiri untuk keperluan industri.

Industri tanaman jarak pagar yang dimanfaatkan dan diekstrak mulanya belum banyak yang mengetahuinya. Akan tetapi seiring berkembangnya pengetahuan dan juga ilmu, tanaman jarak mulai banyak yang mengeksploitasi sehingga mulai bermunculan berbagai jenis produk pabrikan yang menggunakan tanaman jarak pagar tersebut sebagai bahan baku utama pembuatan produk tertentu.

pexels,com

Mengenal Minyak Jarak

Mungkin beberapa atau kebanyakan orang belum begitu mengenal yang namanya minyak jarak. Minyak ini terbuat dari biji jarak pagar yang diproses dengan cara tertentu untuk menghasilkan minyak. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan karakteristik minyak dari biji jarak:

  • Minyak khusus yang terbuat dari biji jarak biasanya didapatkan dari tanaman jarak yang masuk ke dalam tanaman perdu. Tanaman tersebut biasanya memiliki diameter sekitar 10 hingga 40 cm. Biasanya daunnya memiliki bentuk agak runcing. Buahnya biasanya berbentuk bulat. Masing-masing daerah memiliki beberapa sebutan nama yang berbeda. Meskipun sebutan nama pada setiap daerah berbeda satu sama lainnya, namun sebenarnya merupakan rujukan dari tanaman yang biasa tumbuh secara liar.
  • Tanaman jarak memiliki kandungan zat ricin yang cukup tinggi. Zat ricin merupakan senyawa kimia yang berfungsi sebagai racun. Racunnya yang berbahaya dan juga cenderung mematikan tersebut menjadi salah satu kelebihannya untuk melindungi diri. Sedangkan pada bijinya memiliki banyak sekali kandungan asam lemak berupa asam ricinoleat. Jenis asam lemak ini memiliki sifat yang lebih stabil terhadap suhu tinggi. Jika biasanya asam lemak dari pohon tidak stabil dengan pemanasan suhu tinggi, berbeda dengan biji jarak. Biji jarak benar-benar stabil meskipun sudah dipanaskan dalam suhu yang cukup tinggi. Alasan dan sifat inilah yang menyebabkan minyak dari biji jarak sering sekali digunakan sebagai bahan pencampur pada pelumas kendaraan bermotor.
  • Biasanya buah jarak akan berkumpul pada bagian tandanya. Sehingga mudah dalam proses pemanenan. Proses pembuatan minyak jarak biasanya memanfaatkan bijinya yang sudah diproses secara kimia untuk diambil minyaknya. Proses ekstraksi biji jarak menjadi minyak biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses ekstraksi terhadap biji tersebut menggunakan bahan pelarut khusus yang mampu mengikat asam lemak yang ada di dalam biji. Kemudian hasil ekstraksi akan mengalami proses penyaringan khusus sehingga bisa menghasilkan minyak yang jernih dan juga bersih. Warna yang dihasilkan juga bagus. Selain itu bebas pula dari berbagai kotoran yang mengotori minyak tersebut.
pexels,com

Manfaat Yang Besar Dari Minyak Biji Jarak

Meskipun popularitas dari minyak jarak masih belum sepopuler jenis minyak nabati lainnya, akan tetapi sebenarnya minyak dari biji jarak memiliki banyak manfaat yang bisa diambil. Manfaat yang bisa dirasakan manusia ketika menggunakan minyak dari biji jarak antara lain:

  • Minyak dari biji jarak atau yang lebih dikenal sebagai castor oil ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mengobati sembelit. Sebagai bahan herbal, castor oil tersebut mampu membersihkan usus dari berbagai kotoran atau sisa makanan yang tidak bisa dikeluarkan. Pada proses pembedahan, castor oil sering pula digunakan pada saat sebelum dilakukan pembedahan usus dan juga setelah dilakukan proses pembedahan. Tujuannya adalah agar usus menjadi lebih bersih.
  • Digunakan sebagai obat luar. Pemanfaatan castor oil untuk obat luar bisa untuk mengatasi bisul, radang, migrain dan juga sakit telinga. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak ini ke bagian yang terasa sakit. Biasanya minyak esensial dari biji jarak digunakan untuk merangsang pertumbuhan jaringan baru pada proses penyembuhan terhadap penyakit atau juga penyembuhan luka. Proses penyembuhan luka akan menjadi lebih mudah ketika dibantu dengan menggunakan minyak esensial ini. Proses penyembuhan luka dengan dibantu minyak esensial ini menjadi lebih cepat pulih. Terlebih untuk proses penyembuhan dan pengembalian jaringan tubuh seperti semula.
  • Sebagai antibakteri. Pada beberapa kasus seperti pada kasus sariawan maupun kasus sakit gigi, penggunaan minyak biji jarak bisa dipakai untuk menyembuhkan sariawan maupun keluhan sakit gigi karena ampuh untuk mengurangi jumlah bakteri pada bagian luka. Bakteri pada gigi maupun pada mulut yang terluka yang mengakibatkan sariawan bisa dikurangi dengan baik. Sehingga luka tersebut lebih cepat menutup selain itu, gigi akan segera pulih seperti sedia kala. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Hanya tinggal mengoleskan saja pada bagian tubuh yang sakit dan membiarkannya dalam beberapa menit.
  • Melancarkan pencernaan. Bagi yang memiliki masalah dalam hal kesehatan pencernaan, bisa memanfaatkan minyak jarak sebagai salah satu terapi untuk melancarkan pencernaan. Cara kerjanya yang mampu memperlancar gerakan usus besar menjadi lebih lancar. Saat gerakan usus besar menjadi lancar, maka dampaknya adalah pencernaan menjadi kembali sehat. Gerakan sistem pencernaan yang lebih lancar ini tentu saja membuat tubuh lebih sehat dan juga sistem pencernaan menjadi lebih berfungsi secara normal kembali.
pexels,com

Manfaat Minyak Biji Jarak Untuk Kecantikan

Kecantikan bagi sebagian besar kaum wanita mutlak harus didapatkan. Sehingga kebanyakan kaum wanita akan berusaha untuk mendapatkannya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan minyak jarak. Minyak ini memiliki beberapa manfaat yang bisa untuk membuat kaum wanita lebih cantik. Diantaranya:

  • Membuat alis menjadi lebih tebal. Alis yang tebal biasaya didapatkan dengan cara menyulam alis. Akan tetapi hal itu tidak perlu dilakukan lagi. Sebab dengan adanya castor oil, anda bisa memanfaatkannya untuk terapi penumbuh allis. Alis yang tipis bisa segera menjadi lebih tebal dengan melakukan pemijatan rutin menggunakan minyak biji jarak. Pemijatan secara rutin dapat mempermudah untuk alis tumbuh kembali dalam jumlah yang lebih banyak dan lebih lebat.
  • Membuat bibir lebih lembab. Bagi pemilik bibir yang kering, anda bisa ucapkan selamat tinggal pada bibir kering dan pecah-pecah. Gunakan minyak dari biji jarak untuk mengatasi bibir yang kering. Caranya hanya tinggal mengoleskan saja minyak ke bibir dan rasakan hasilnya. Bibir anda akan menjadi terasa lebih lembab. Tidak perlu lagi menggunakan pelembab bibir yang dijual dipasaran. Cukup gunakan minyak ini saja karena terbuat dari bahan alami.

Meskipun penggunaannya yang saat sekarang sudah mulai familiar karena rangkaian manfaatnya yang cukup banyak, ternyata, minyak dari biji jarak tersebut sudah mulai dilirik sebagai salah satu bahan baku industri. Bukan hanya untuk kesehatan saja, akan tetapi juga untuk keperluan industri lainnya mulai melirik minyak dari biji jarak. Tidak lupa untuk proses pengemasannya industri sudah melirik juga mesin packing otomatis yang membuat proses packing menjadi lebih mudah dan cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *