Ranting Pohon

 

Pohon terdiri dari beberapa bagian utama, diantaranya adalah akar, batang, dahan, ranting, daun, bunga, dan buah. Hampir semua pohon memiliki komponen-komponen tersebut. Jika biasanya orang hanya fokus kepada buah karena dapat dimanfatkan untuk dikonsumsi maupun diolah menjadi apapun, kemudian batang yang banyak diolah menjadi bahan mebel atau sebagai kayu bakar. Namun sedikit orang yang mengolah ranting pohon menjadi olahan atau menjadi suatu karya seni.

 

Pengertian

Ranting pohon sendiri adalah cabang pohon yang memiliki ukuran lebih kecil dari ukuran cabang utama, ranting pohon memiliki bagian penyusun yang sama dengan batang, yang menjadi pembeda hanyalah ukuran dari ranting pohon yang lebih kecil dari cabang. Belum banyak orang yang dapat memanfaatkan ranting pohon menjadi produk yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Namun jika kita dapat melihat peluang usaha dan dapat berfikir kreatif dan inovatif sebenarnya ranting pohon dapat dibuat menjadi aneka hiasan yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

 

Manfaat Ranting Pohon

Beberapa kerajinan yang dapat dibuat dari ranting pohon diantaranya seperti wadah lampu yang dibuat dari ranting pohon, adapun untuk membuat wadah lampu dari ranting pohon adalah dengan memanfaatkan ranting pohon menjadi bagian penopang dari wadah lampu tersebut. Selain wadah lampu ranting pohon juga dapat dibuat menjadi hiasan dinding seperti lukisan yang dibuat dari ranting pohon. Caranya dengan menempelkan ranting pohon dalam alas kanvas menjadi bentuk dan gambar yang diinginkan, namun perlu ketelitian dan keahlian dalam menggambar menggunakan ranting pohon.

Namun tidak senua pohon memiliki ranting, contonnya saja pohon pisan dan pohon talas. Kedua pohon tersebut tidak memiliki ranting, karena kebanyakan pohon yang tidak memiliki kambium tidak memiliki ranting, itu karena bagian penyusun batang dalam pohon yang tidak memiliki kambium berbeda dengan pohon yang memiliki kambium. Untuk pohon yang memiliki kambium hampir semua memiliki ranting. Karena selain digunakan untuk bahan yang dapat digunakan untuk membuat sebuah karya, ranting pohon juga memiliki fungsi penting dalam sistem suatu tanaman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *