Petuah Ustadz Arifin Ilham

Di masa kepopulerannya menjadi seorang pendakwah keagamaan ternyata ustadz Arifin Ilman telah meninggal di hari Rabu pada tanggal 22 Mei 2019 di Penang, Malaysia. Meskipun demikian sejumlah orang pastinya akan mengenang setiap nasihat yang disampaikan oleh beliau dan kaos dakwah beliau pun banyak dimiliki. Nasihat atau petuah yang paling menyejukkan hati oleh Ustadz Arifin Ilham yaitu mengenai kematian dan sakit.

 

Terlebih sekarang ini beliau membagikan dakwahnya lewat akun media sosial instagram dan youtube sehingga lebih mudah dipahami banyak orang. Ketika sedang berdakwah dalam masalah sakit dan kematian ternyata ustadz Arifin Ilham memang sedang berjuang dalam melawan kanker.  Dengan demikian maka hal tersebut menjadi satu bentuk keistimewaan yang beliau miliki.

pxhere.com

Petuah Ustadz Arifin Ilham Tentang Kematian dan Sakit

Apa saja petuah yang disampaikan ustadz Arifin Ilham tentang sakit dan kematian? Apabila Anda belum mengetahuinya maka simak penjelasannya yang terdapat di bawah ini.

 

  1. Tak Perlu Takut dengan Kematian

Menurut beliau dalam videonya dijelaskan bahwa kematian tidak perlu ditakuti karena hal tersebut menjadi salah satu cara untuk bertemu dengan sang pencipta. Sebagai seorang manusia pastinya memang akan mati, hal tersebut tidak perlu ditakuti karena memang tidak dapat dihindarkan. Dengan demikian maka sebagai seorang muslim semasa hidupnya harus banyak berbuat baik kemudian mengumpulkan pahala.

 

Apabila semasa hidupnya sering berbuat maksiat pastinya memang akan merasa ketakutan sendiri menghadapi kematian. Padahal kematian merupakan satu-satunya cara agar dapat bertemu dengan sang Maha Pencipta yaitu Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai seorang umat muslim maka janganlah takut dalam menghadapi kematian.

 

  1. Sakit Adalah Rahmat

Berikutnya, petuah dari ustadz Arifin Ilham tentang sakit yaitu sebagai seorang umat muslim harus menyakini bahwa sakit adalah penggugur dosa sehingga merupakan rahmat dari Allah SWT.  Tentunya ketika merasakan sakit memang akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan membuat tubuh menjadi lemah tak berdaya. Dengan demikian maka sakit adalah satu hal yang terkadang membuat manusia seringkali mengeluh.

pxhere.com

Padahal dengan sakit memberikan rahmat dari Allah SWT karena membuka pintu silaturahmi dari keluarga dan sahabat yang berdatangan. Selain itu, doa ketika sedang sakit juga sangatlah mustajab, bahkan sakit juga menjadi sebuah hidayah yang diberikan oleh Allah SWT untuk menyadarkan seorang umat muslim bahwa manusia memang sangat lemah sehingga selalu membutuhkan pertolongan dari yang maha kuasa.

 

Bahkan, beliau juga mengatakan bahwa sakit merupakan persiapan terbaik dari seorang insan muslim sebelum menghadap sang Pencipta.

 

  1. Sakit Adalah Kasih Sayang

Berikutnya beliau juga menjelaskan bahwa sakit sebenarnya merupakan bentuk tanda kasih sayang sang Khalik kepada manusia. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan ketika seorang umat muslim sedang sakit maka akan lebih mudah untuk mengingat Allah SWT sehingga lebih sering beribadah dan memohon pertolongan. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa sakit yang diberikan oleh Allah SWT merupakan bentuk kasih sayang.

 

  1. Sakit Yang Sebenarnya

Jadi apa itu sakit yang sebenarnya? Ketahuilah bahwa menurut ustadz Arifin sakit yang sesungguhnya yaitu sakit tidak berkaitan dengan kondisi fisik tetapi melalaikan ibadah. Orang yang sehat tetapi malas beribadah maka dapat dikatkan bahwa orang tersebut sedang sakit.

 

Jadi orang yang sehat harus rajun solat, tahujud, duha, baca Al Quran dan ke masjid. Orang yang berani ma’shiyat itu memiliki sebutan al istidraz yang menikmati nikmat tetapi sebenarnya tersimpan azab yang sedang tersembunyi yang akan dirasakan kelak.

 

Ungguhan tulisan tersebut di akun instagramnya pastinya akan mampu membukakan pintu hati orang muslim agar lebih rajin dalam beribadah.

pxhere.com
  1. Keistimewaan Menjenguk Orang Sakit

Saat beliau sedang sakit ternyata ustadz Arifin Ilham juga rajin menjenguk pasien lainnya yang ada di rumah sakit tersebut baik yang muslim ataupun non muslim. Dalam postingan instagramnya juga menyebutkan bahwa keistimewaan menjenguk orang sakit yaitu ada tiga yang pertama mendapatkan kebun surga, selanjutnya juga akan mendapat rahmat, dan yang pasti menjenguk orang sakit maka akan berbuah pahala dari-Nya.

 

Dengan demikian pastinya keutamaan dari menjenguk orang sakit memang sangatlah banyak untuk orang muslim.

 

  1. Pentingnya Sedekah

Untuk unggahan yang terakhir dalam akun instagramnya juga menjelaskan tentang keutamaan sedekah saat sedang menghadapi kematian. Sedekah tentunya menjadi salah satu amalan wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.

pxhere.com

Pentinya sedekah yang pertama yaitu akan sangat mudah dalam meringankan sakaratul maut. Seperti yang diketahui bahwa sakaratul maut sangatlah sakit, dengan bersedekah ternyata mampu meringankan rasa sakitnya. Berikutnya yang kedua bersedekah dapat memberikan lampu terang di alam kubur, bahkan juga dapat mengetuk pintu surga paling besar ketika dilewati oleh orang yang dermawan.

 

Oleh karena itu, bersedekahlah agar amal jariahnya dapat mengalir secara terus menerus sampai nanti di ujung hari kiamat yang akan sangat membantu kehidupan di akherat.

 

Itulah penjelasan mengenai petuah dari ustadz Arifin Ilham ketika sedang menghadapi kematian yang menjadi nasihat terakhirnya untuk para umat muslim agar kehidupannya jauh lebih baik sesuai ajaran agama Islam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *